Dirilis

08 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Kapulaga merupakan salah satu rempah-rempah dari India yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Rasa gurih dan sedikit manis dari rempah-rempah satu ini bisa menambah rasa dan aroma pada masakan sehingga membuat masakan semakin enak dan lezat. Terlepas dari kegunaannya, manfaat kapulaga juga ternyata sangat baik untuk kesehatan. 

Manfaat yang ada di dalam kapulaga tidak dapat terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan tersebut seperti kalsium, mangan dan kalium. Lantas, apa saja manfaat kapulaga?


8 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Tubuh 

Dilansir dari website kesehatan Healthline, inilah berbagai manfaat dari kapulaga untuk kesehatan: 


1. Mengatasi Masalah Pencernaan 

manfaat kapulaga untuk kesehatan pencernaan

Sudah sejak dahulu kapulaga digunakan sebagai bahan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan rempah-rempah alami ini seperti mual, muntah, dan menghilangkan ketidaknyamanan pada perut. Tidak hanya itu, dari penelitian yang pernah dilakukan, ternyata kapulaga terbukti bisa mengurangi jumlah maupun ukuran tukak lambung.


2. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Seperti yang diketahui jika jantung merupakan organ dalam tubuh manusia yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami masalah akan berakibat fatal. Maka dari itu, kesehatan jantung perlu diperhatikan dengan baik.

Mengkonsumsi kapulaga dipercaya bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan aktivitas antioksidan dalam kapulaga bisa membantu meningkatkan fungsi jantung. 


3. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis 

Kapulaga memiliki efek anti-inflamasi yang berguna untuk melawan peradangan sehingga mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis. Penyakit kronis yang dimaksud seperti kanker, diabetes melitus, hipertensi dan penumpukan lemak di pembuluh darah (aterosklerosis). Selain itu, antioksidan yang ada pada kapulaga dipercaya bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan serta menghentikan terjadinya peradangan.


4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah 

manfaat kapulaga untuk menurunkan tekanan darah

Sebagai salah satu obat herbal, kapulaga sudah sejak dahulu sudah digunakan oleh masyarakat yang memiliki masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kapulaga ini dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Alasannya karena di dalam kapulaga ditemukan senyawa antioksidan yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. selain itu, kapulaga juga memiliki efek diuretik sama seperti yang ada di dalam obat penurun tekanan darah. 


5. Mencegah Bau Mulut dan Gigi Berlubang 

Kapulaga tidak hanya bisa dikonsumsi dengan cara menjadikannya bumbu masakan, tetapi juga bisa dikunyah. Mengunyah kapulaga dipercaya bisa mengatasi masalah bau mulut dan juga membuat nafas menjadi segar, Manfaat kapulaga satu ini tidak terlepas dari keberadaan senyawa antibakteri yang ada di dalamnya. Senyawa ini juga bisa berguna untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.


6. Mengobati Infeksi Bakteri

Studi yang dilakukan menunjukkan bahwasanya minyak atsiri dan ekstrak kapulaga mengandung senyawa yang bisa melawan beberapa jenis bakteri. Jenis bakteri  tersebut, seperti staphylococcus, e.coli, salmonella dan juga campylobacter. Namun, studi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut supaya bisa mengetahui keefektifan kapulaga sebagai antibakteri.


7. Melawan Sel Kanker 

Senyawa yang ada di dalam kapulaga memberikan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satunya yaitu bisa mengaktifkan enzim dan juga sel imun untuk melawan sel kanker. Senyawa antikanker dalam rempah-rempah ini dipercaya bisa mengurangi resiko seseorang terkena penyakit kanker. Fitokimia alami yang ada pada kapulaga juga bisa membantu melawan penyakit kanker.


8. Menjaga Kesehatan Tulang 

Kapulaga merupakan rempah-rempah yang kaya akan kandungan mineral dan vitamin. Mineral dan vitamin dalam kapulaga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan serta kepadatan tulang. Jika rutin mengkonsumsi kapulaga maka bisa membantu terhindar dari penyakit osteoporosis. 

Itulah informasi tentang 8 manfaat kapulaga bagi kesehatan. Mulai dari untuk kesehatan jantung, masalah pencernaan, hingga kesehatan tulang. Mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki oleh kapulaga, Anda bisa mengkonsumsi kapulaga untuk menjaga kesehatan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dari Daya.id untuk mengetahui kandungan nutrisi kapulaga dan pemanfaatannya untuk masalah kesehatan. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS