Dirilis

02 Desember 2020

Manfaat daun sirih sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama kaitannya untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika tanaman ini seringkali digunakan untuk pengobatan tradisional. Jenis daun ini juga telah terbukti mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Selain itu, penggunaan daun ini juga tidak memiliki efek samping, berbeda dengan obat-obatan yang mengandung kimia.

Daun sirih merupakan salah satu tanaman obat yang bisa ditanam di rumah. Tanaman ini juga mengandung banyak air. Kandungan air yang dimilikinya sekitar 85 sampai 90 persen. Dengan begitu daun sirih mengandung kalori dan lemak yang rendah. Selain air, daun sirih juga memiliki banyak kandungan lain. 

Berdasarkan jurnal Internasional Healthline, maka berikut manfaat daun sirih bagi wanita dan pria.

1. Mampu Menurunkan Gula Darah

Manfaat daun sirih yang pertama yaitu mampu menurunkan gula darah. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan merebus daun sirih atau menggerus daun sirih yang sudah dikeringkan bisa menurunkan kadar gula darah bagi orang yang telah terdiagnosa tipe 2. Pada penelitian yang sama juga membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi daun sirih, tidak akan memberikan efek samping apapun.

2. Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Karena daun sirih mengandung antioksidan yang tinggi, maka mampu mengurangi stres oksidatif penyebab berbagai penyakit yang kronis. Dari penjelasan tersebut, salah satu manfaat daun sirih dalam hal itu adalah dapat menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL, serta mampu menghilangkan lemak jahat dalam tubuh, bahkan juga mampu mengurangi lemak total yang terletak di dalam darah. 

3. Mempersingkat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat daun sirih yang selanjutnya yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka, khususnya luka bakar. Hal ini masih karena penjelasan yang tadi, yaitu karena daun sirih mengandung antioksidan. Karena biasanya seseorang yang mengalami luka bakar, otomatis mereka juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuh mereka. Dengan adanya stres oksidatif tersebut, akan menghambat atau memperlambat proses penyembuhan luka. Itulah mengapa daun sirih mampu mempercepat penyembuhan luka bakar atau luka-luka lainnya. 

4. Bisa Digunakan Untuk Mengobati Mimisan

Mampu mengatasi mimisan, itulah salah satu manfaat daun sirih yang mungkin sudah banyak diketahui orang-orang. Cara daun sirih mengatasi mimisan, sama dengan caranya menyembuhkan luka bakar. Sirih mengandung antioksidan tanin yang dapat mempercepat respon tubuh dalam menyembuhkan luka. Yaitu dengan membekukan darah lebih cepat makan pembuluh hidung yang robek mampu tertutup oleh kandungan daun sirih tersebut.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mungkin yang satu ini sering terlewatkan oleh banyak orang, yaitu tentang menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kesehatan mulut dan gigi juga wajib dijaga, apalagi keduanya memiliki peran penting saat Anda mengunyah makanan. Coba kalau sariawan, rasanya pasti tidak nafsu makan karena perih. Apalagi jika sakit gigi, untuk membuka mulut saja rasanya sudah sakit.

Oleh karena itu, dengan mengunyah daun sirih atau berkumur dengan air rebusan daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di dalam mulut. Selain itu daun sirih juga mampu mencegah gigi berlubang karena kandungannya mampu melawan kadar asam yang dihasilkan oleh bakteri. 

Itulah berbagai manfaat daun sirih yang bisa Anda jadikan referensi. Entah itu untuk wanita atau pria, sama-sama mampu mengobati berbagai penyakit hanya dengan daun sirih. Namun, apabila beberapa penyakit yang telah disebutkan diatas tidak bisa ditangani dengan daun sirih, maka akan sangat disarankan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter. Agar segera diperoleh penanganan yang tepat sesuai aturan medis. 

Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan manfaat berbagai rempah-rempah lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS