Dirilis

11 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Yang kita ketahui minuman soda adalah jenis minuman yang tidak sehat dan membahayakan tubuh. Padahal ada beberapa manfaat minum soda untuk kesehatan tubuh loh. Namun, harus selalu diingat juga bahwa minum minuman yang bersoda tetap harus dibatasi jumlahnya agar tak membahayakan tubuh.
Soda adalah jenis minuman yang memiliki kandungan karbondioksida. Itulah sebabnya terdapat gelembung-gelembung di dalam air soda yang akan menempel ke bagian wadah. Orang yang meminum minuman bersoda akan merasakan sensasinya tersendiri, karena ada sedikit rasa menyengat.

 

Manfaat Minum Soda Menurut Para Ahli Kesehatan

Dibalik efek buruk dari minuman soda, ternyata minuman soda ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.
Dilansir dari website kesehatan Healthline, manfaat dari minum soda diantaranya yaitu:

 

1. Dapat Melepas Dahaga

manfaat minum soda untuk dahaga
Kesegaran yang ditimbulkan dari minuman yang bersoda mampu membuat dahaga menjadi terlepaskan. Khususnya pada saat cuaca sedang sangat panas dan ketika Anda memerlukan jumlah cairan yang lebih banyak. Maka Anda bisa meminum minuman bersoda supaya tubuh menjadi segar kembali. Walaupun begitu, minuman yang terbilang sehat dan juga bisa menghilangkan dahaga tetaplah air putih. Minuman bersoda juga mengandung kafein yang sifatnya diuretik. Hal itu bisa menyebabkan Anda dehidrasi karena sering buang air kecil. Maka Anda boleh minum minuman bersoda saat cuaca panas tetapi jumlahnya tetap dibatasi.

 

2. Mengurangi Sembelit

Manfaat lainnya dari minuman bersoda yang jarang diketahui banyak orang adalah mampu mengurangi sembelit. Minuman soda juga bisa mengatasi segala jenis gangguan yang terdapat di pencernaan misalnya sakit perut atau sembelit.
Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada puluhan orang dewasa yang pernah terkena stroke, frekuensi buang air besar pada mereka bisa menjadi dua kali lipat lebih sering karena mereka minum minuman bersoda. Bahkan masih menurut hasil penelitian, terdapat penurunan pada gejala sembelit sekitar 58%.

Hasil studi penelitian lainnya yaitu terdapat 21 orang yang mengalami gangguan pencernaan kronis. Terdapat pengurangan gejala pada gangguan pencernaan yang lebih signifikan, contohnya pada kasus pengosongan kantung empedu serta sembelit.

Mereka yang mengikuti studi penelitian tersebut telah mengkonsumsi minuman bersoda selama 15 hari berturut-turut. Walaupun begitu, minuman bersoda tetap bukan solusi dalam melancarkan pencernaan. Selain itu, apabila kondisi sembelit tidak kunjung membaik maka akan sangat dianjurkan bagi Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter supaya didapatkan pengobatan yang tepat.

 

3. Meningkatkan Rasa Kenyang

manfaat minum soda agar kenyang lebih lama
Bila dibandingkan dengan air putih minuman soda bisa membuat perut menjadi lebih kenyang. Minuman bersoda bisa membantu makanan tinggal lebih lama di dalam perut. Itulah yang menyebabkan timbul rasa kenyang terus setelah minum minuman bersoda. Kandungan gas serta gula yang cukup tinggi di dalam minuman bersoda menjadi pemicu rasa kenyang tersebut.

 

4. Meningkatkan Kemampuan untuk Menelan

Manfaat lainnya dari minuman bersoda adalah untuk meningkatkan kemampuan menelan pada orang dewasa. Ada sekitar 16 orang yang dijadikan penelitian untuk menelan berbagai jenis cairan. Kondisi orang-orang tersebut dalam keadaan sehat. Hasil dari penelitian pun menunjukkan bahwa minuman ini mampu merangsang saraf yang berperan untuk menelan makanan.

Meski ada beberapa manfaat minum soda, namun harus selalu diingat juga bahwa kebanyakan soda yang kita konsumsi telah memiliki campuran gula yang tinggi dan berbagai rasa lain yang membuatnya menjadi berbahaya untuk kesehatan. Hal inilah yang membuat soda menjadi berbahaya untuk kesehatan.
Diantaranya bisa menyebabkan kerusakan pada gigi, mempengaruhi kesehatan tulang, menaikkan resiko obesitas, dan meningkatkan adanya resiko penyakit jantung. Maka dari itu akan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis soda diet karena tidak memiliki kadar gula yang terlampau tinggi, dan harus selalu diingat juga bahwa jangan berlebihan dalam mengkonsumsi soda ya.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

3.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS