Dirilis

23 November 2020

Manfaat telur asin mungkin kurang akrab di telinga sebagian orang, karena mereka hanya mengerti bahwa telur asin ini berfungsi sebagai lauk makanan. Padahal bila kita telusuri, ada cukup banyak manfaat dari segi kesehatannya. Apa sajakah itu? 

Sebelum membahas ke inti masalah, mari kita ketahui dulu cara pembuatan telur asin itu sendiri.

Untuk bahan utama pembuatan telur asin sebenarnya sangat sederhana. Anda hanya memerlukan telur, biasanya telur bebek, dan garam (NaCL) dengan konsentrasi antara 25-40%. Nah, cara pembuatannya, Anda dapat merendam telur biasa dalam larutan garam selama 2 minggu, namun ada yang juga membungkus telur memakai campuran tanah liat dan garam. Setelah jadi, Anda sudah bisa merebus telur sebelum akan memakannya, supaya matang sempurna.

5 Manfaat Telur Asin yang Belum Banyak Diketahui

Beberapa tahun belakangan, telur asin kian populer dan relatif hits untuk dijadikan bahan kuliner. Coba saja cek, restoran mewah juga meletakkan serta mengkombinasi telur asin atau dalam Bahasa Inggris-nya salted egg dalam daftar menu makanan. 

Walau terasa nikmat, jumlah konsumsi telur asin memang sebaiknya dibatasi, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol. Tapi, apabila cara pengolahannya benar, maka kuning telur asin ini bisa memiliki jumlah kolesterol yang lebih sedikit lho

Di sisi lain, telur asin juga punya beberapa manfaat. Dilansir dari artikel kesehatan Pub Med dan Livestrong.com, telur asin memiliki berbagai manfaat seperti berikut: 

1. Dapat Menjaga Kesehatan Saraf

Kandungan kolin dan vitamin B12 yang ada dalam telur ini ternyata dapat menjaga kesehatan syaraf Anda. Mengapa begitu? Sebab vitamin B12 berfungsi untuk membantu Anda mencegah adanya penyakit saraf seperti ketidakseimbangan tubuh, kesulitan mengingat dan rasa mudah lelah. Sedangkan kolin memiliki kandungan nutrisi penting yang bisa pula membantu sistem saraf untuk saling berkomunikasi atau terkoneksi secara lancar.

2. Dapat Membantu Proses Diet Ketogenik

manfaat telur asin untuk diet ketogenik

Manfaat telur asin yang berikutnya adalah makanan ini sangat baik untuk Anda yang ingin menjalankan diet ketogenik. Diet ini dijalankan dengan mengurangi karbohidrat dan menambah lemak. Kenapa telur asin baik untuk diet ketogenik? Karena selain rendah karbohidrat, telur bebek yang menjadi bahan telur asin juga mengandung banyak lemak, serta kaya asam lemak omega-3 yang sangat berpengaruh terhadap pola diet Anda. Namun selama diet, tetaplah jaga badan yang dimulai dari asupan sehat lainnya ya, supaya tetap fit.

3. Dapat Membuat Tulang dan Gigi Lebih Sehat

Berdasar studi di Journal of Agricultural and Food Chemistry yang dipublikasi pada tahun 2015, kandungan dari peptida pada putih telur bebek bisa mengoptimalkan adanya penyerapan kalsium oleh tubuh. Sebab itulah, manfaat telur asin ini bisa menjaga gigi dan tulang Anda, karena adanya kalsium. Selain itu, kalsium pun juga merupakan nutrisi terpenting bagi pembentukan otot.

4. Dapat Menstabilkan Hormon 

telur asin bisa membantu menstabilkan hormon

Manfaat telur asin selanjutnya adalah untuk menstabilkan metabolisme hormon. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan selenium pada telur asin. Adapun juga selenium ini bisa membantu dalam menjaga kesehatan janin ketika ibu mengandung, serta meningkatkan kesuburan khususnya bagi para wanita. 

5. Dapat Menangkal Adanya Radikal Bebas

Anda tentu tahu radikal bebas bisa menjadi sumber utama masalah kesehatan, serta memicu adanya penyakit lain yang nantinya timbul. Contohnya yakni penyakit neurodegeneratif. Padahal sumber radikal bebas ini ada 2 kemungkinan, yakni yang diperoleh melalui luar tubuh Anda, ataupun terbentuk dari proses pencernaan pada tubuh dengan sendirinya.

Tapi jangan khawatir, sebab manfaat telur asin yang dihasilkan melalui putih telur bebek ini terkandung banyak antioksidan, yang dipercaya mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sangat bermanfaat, bukan? Untuk mendapatkan informasi seputar nilai gizi dari telur asin, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dari Daya.id. 

Sekian beberapa penjelasan terkait manfaat telur asin yang masih jarang diketahui banyak orang. Untuk tips kesehatan serta berbagai manfaat dari jenis makanan lain, Anda bisa mengaksesnya di Daya.id. Cukup dengan mendaftar di Daya.id Anda bisa memperoleh berbagai informasi kesehatan dengan gratis!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS