Dirilis

14 Desember 2020

Rumput laut adalah tanaman laut yang masuk ke dalam keluarga ganggang multi sel, yang pasti pun di dalamnya ada ganggang hijau, ganggang coklat, dan ganggang merah. Manfaat rumput laut sendiri sudah digunakan jaman dulu. Banyak manfaat rumput laut yang bisa digunakan, seperti untuk bahan obat-obatan, industri, dan makanan.

Rumput laut ini memiliki kandungan yang rendah kalori dan serat, tapi juga memiliki nutrisi yang luar biasa. Misalnya seperti nutrisi protein, karbohidrat, iodium, kalium, kalsium, zat besi, sodium, tembaga, dan masih banyak lagi.

Manfaat Rumput Laut dan Dampak Positifnya


Dilansir dari jurnal internasional Healthline dan NCBI, maka berikut beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh:

1.   Sebagai Sumber Vitamin dan Mineral



Rumput laut memiliki jenis yang banyak, dan kandungan nutrisi yang dimiliki juga berbeda-beda. Dengan Anda menambahkan rumput laut ke makanan, tidak hanya untuk melezatkan atau menambah tekstur saja, tapi juga memberi Anda vitamin dan mineral yang cukup.
Rumput laut mengandung vitamin A,C,E, dan K dan berbagai vitamin lainnya. Rumput laut juga bisa dijadikan sebagai sumber omega 3 yang cukup baik. Selain itu kandungan spirulina dan chlorella juga mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

2.   Baik untuk Mendukung Fungsi Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid yang ada di tubuh kita bertugas untuk mengendalikan pertumbuhan, reproduksi, produksi energi, serta proses perbaikan sel. Ada beberapa jenis rumput laut seperti nori, kelp, dan wakame yang kaya akan yodium yang tinggi. Kandungan tersebut dibutuhkan bagi kelenjar tiroid untuk dapat memproduksi hormon. Selain itu juga mengandung asam amino tirosin yang juga dibutuhkan oleh kelenjar tiroid.

3.   Mengandung Antioksidan


Manfaat rumput laut yang selanjutnya yaitu mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk menurunkan reaktivitas serta radikal bebas. Jika radikal bebas didalam tubuh dalam jumlah banyak, maka Anda perlu mengkonsumsi rumput laut.
Jika Anda mengkonsumsi rumput laut, terjadinya kerusakan sel akan berkurang. Ada juga beberapa komponen yang terkandung pada rumput laut seperti karotenoid dan flavonoid yang dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

4.   Mampu Menurunkan Kolesterol

Manfaat dari rumput laut selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Ada sebuah penelitian yang telah dilakukan selama 8 minggu, dengan objek hewan percobaan. Hasilnya menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi rumput laut ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol total. Meskipun begitu, masih tetap harus melakukan penelitian lebih lanjut.

5.   Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berbagai kandungan dimiliki oleh rumput laut, seperti serat, asam lemak omega 3, dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Jadi, tidak hanya anak-anak saja yang harus mengkonsumsi rumput laut ini. Melainkan orang-orang dewasa atau orang-orang tua juga harus mengkonsumsi rumput laut, karena orang tua rentan terkena penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat rumput laut serta dampak positif bagi tubuh. Selain enak, ternyata ada banyak kandungan didalamnya. Untuk informasi gizi yang lebih lengkap mengenai manfaat dari rumput laut, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi. Dengan begitu konsumsi rumput laut bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda.

Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan manfaat dari berbagai bahan makanan lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, segera kunjungi Daya.id sekarang juga!


 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS