Dirilis

23 November 2020

Manfaat temulawak sangat berkaitan dengan kesehatan, sebab sejak dahulu kala pun sudah dikenal bisa meningkatkan imun, atau daya tahan tubuh manusia. Rempah asli dari Indonesia dan dikenal dengan Javanese Turmeric ini, memiliki kandungan senyawa kimia di bagian rimpang temulawak. Mulai dari minyak atsiri, minyak menguap (Fellandrean dan Turmerol), glikosida, kamfer, kurkuminoid, dan foluymetik karbinol.

Karena beberapa kandungan kimia yang ada dalam temulawak tersebut, tidak heran jika temulawak sangat dipercaya dalam meredakan penyakit seperti menghilangkan nyeri, menurunkan kolesterol, menetralkan racun, dan lain sebagainya. Adapun temulawak sudah mulai tersebar luas ke beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Berbagai Manfaat Temulawak dalam Meredakan Penyakit

Memiliki nama ilmiah Curcuma Xanthorrhiza, temulawak ini juga dapat dengan mujarab meredakan gejala nyeri sendi bagi para penderita osteoarthritis. Dilansir dari Journal of Alternative dan Complementary Medicine tahun 2009, inilah manfaat temulawak untuk kesehatan:

1. Dapat Menjaga Kesehatan Hati Kita

Seluruh bagian dari tubuh memang sangat penting, termasuk juga pada hati kita. Maka manfaat temulawak yang pertama, yakni bisa melindungi hati dari adanya hepatotoksik. Mengapa begitu? Sebab kandungan ekstrak temulawak seperti acetaminophen dan karbon tetraklorida ini bisa mencegah adanya hepatotoksik yang merupakan zat kimia berbahaya bagi hati. 

2. Membantu Meredakan Jerawat 

Manfaat temulawak untuk jerawat di wajah

Stres yang berlebihan tentu bisa mengakibatkan berbagai dampak di tubuh, salah satunya adalah timbulnya jerawat. Namun jangan khawatir, sebab temulawak bisa meredakan jerawat di kulit kita. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan antiseptik dalam temulawak, sehingga bisa membersihkan kulit dari bakteri. Adapun sifat astringent dalam temulawak ini, yang dapat mengurangi produksi kelenjar penghasil minyak, yang juga menjadi pemicu adanya jerawat. 

3. Dapat Meredakan Masalah dalam Sistem Pencernaan

Jangan sepelekan adanya perut kembung, sesak, membuncit karena adanya gas, dan dispepsia. Sebab semua penyakit dalam pencernaan ini tentu sangat mengganggu, dan bisa berakibat fatal jika dibiarkan. Maka cobalah untuk mengkonsumsi ekstrak temulawak ketika merasakan hal di atas, karena manfaat temulawak yang satu ini bisa meningkatkan metabolisme dan merangsang adanya kinerja dalam empedu. 

Untuk informasi lebih lanjut perihal manfaat temulawak bagi pencernaan, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat lagi perihal temulawak ini. 

4. Sebagai Obat Mujarab Antijamur dan Antibakteri

Kandungan manfaat temulawak untuk antijamur dan antibakteri memang sudah tak diragukan lagi, sebab temulawak diakui cukup efektif dalam melawan bakteri-bakteri, contohnya seperti Salmonella dan Staphylococcus yang menjadi sebab munculnya tifus. Kemudian untuk antijamur, maka ia lebih mujarab bila melawan adanya jamur bergolongan dermatofita.

5. Dapat Mencegah Adanya Kanker

Meskipun belum terdapat banyak penelitian terkait hal tersebut, namun beberapa ahli percaya temulawak sebagai obat pencegah dan meredakan adanya penyakit ini, serta aman dikonsumsi oleh para penderita kanker. Beberapa penyakit yang bisa dibantu temulawak dalam penyembuhannya yakni seperti kanker usus, kanker prostat, serta kanker payudara.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center di tahun 2001, telah mengungkap bahwasannya temulawak dapat menghambat perkembangan maupun pertumbuhan kanker prostat, karena kandungan zat antioksidan yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa manfaat temulawak yang mujarab meredakan penyakit, apabila rutin dikonsumsi. Sebab memang mengkonsumsi obat haruslah teratur, supaya mendapat hasil maksimal. Nah adapun kebiasaan sehat lain selain rajin minum obat, yakni rajin dalam berolahraga secara teratur


Tips seputar olahraga dan gaya hidup yang sehat bisa Anda peroleh di Daya.id. Cukup dengan mendaftar di Daya.id, Anda bisa mendapatkan informasi tentang kesehatan yang bermanfaat dengan gratis! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS