Dirilis

29 Agustus 2022

Penulis

Fitri Hudayani, SST, Sgz, MKM

Hepatitis adalah salah satu jenis penyakit yang biasanya ditandai dengan peradangan pada hati atau liver. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi virus, kebiasaan minum alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, sakit autoimun, dan infeksi cacing hati.  Apabila hepatitis disebabkan oleh infeksi virus, maka penyakit ini bisa menular ke orang lain.

Gejala yang umum terjadi penyakit ini berupa demam, nyeri sendi, sakit perut, dan penyakit kuning. Apabila kondisi ini bisa berlangsung selama 6 bulan maka disebut hepatitis akut atau lebih dari 6 bulan hepatitis kronis. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka penyakit hepatitis dapat menimbulkan komplikasi, seperti penyakit gagal hati, sirosis  atau kanker hati (hepatocellular carcinoma).

Baca Juga: Tips pencegahan Hepatitis Akut 

Agar terhindar dari penyakit hepatitis, berikut adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mencegah penyakit hepatitis: 

 

1.    Beras merah

Beras merah adalah bahan makanan sumber karbohidrat kompleks yang mengandung vitamin dan mineral sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Beras merah termasuk kelompok bahan yang bisa membuat kenyang lebih lama serta cocok untuk yang menjalani diet.

 

2.    Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah juga salah satu bahan makanan yang kaya akan antioksidan. Kandungannya dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Kandungan lemak utama yang dikandungnya merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang berarti dianggap sebagai lemak sehat  dan mencegah penyakit hepatitis.

 

3.    Paprika merah 

Paprika merah termasuk kelompok sayuran yang mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C serta sumber beta karoten yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan membantu kesehatan mata dan kulit.

 

4.    Brokoli 

Brokoli adalah kelompok sayuran yang kaya vitamin dan mineral, karena terdapat kandungan vitamin A, C, dan E, serat dan antioksidan lainnya. Mengukus adalah cara pengolahan terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi untuk brokoli. 

 

5.    Sayur Bayam 

Sayuran bayam termasuk jenis sayuran yang kaya akan antioksidan dan beta karoten. Zat yang memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. Proses konsumsinya sangat mudah dengan diolah sebentar saja dan langsung dikonsumsi agar kandungan gizi di sayur bayam tetap utuh. 

 

6.    Bawang putih 

Bawang putih sudah dari dulu dipercaya dapat menanggulangi penyakit infeksi, karena  mengandung allicin yang dapat memperlambat pengerasan pembuluh darah. 

 

7.    Jahe 

Tanaman jahe adalah salah satu kelompok makanan yang dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti peradangan, mengatasi mual dan mengurangi nyeri kronis sampai penurun kolesterol.

 

8.    Kunyit 

Kunyit adalah bahan makanan yang memiliki kandungan bernama kurkumin. Kurkumin adalah zat yang memberi warna kuning pada kunyit serta dipercaya sebagai penguat kekebalan tubuh dan antivirus.  

 

9.    Yogurt 

Pada Yogurt terdapat vitamin D yang berfungsi melawan infeksi serta mengatur sistem kekebalan tubuh alami. Mengonsumsi yogurt tawar sangat untuk meminimalisir tambahan kadar gula yang tinggi, dan agar ada rasanya dengan memakai buah-buahan segar dan sedikit madu. 

 

10.    Kacang kenari

Kacang kenari adalah makanan pencegah hepatitis B serta  tinggi protein. Antioksidan yang tinggi serta kandungan omega-6 dan omega-3 pada kacang kenari memiliki  fungsi untuk meredakan peradangan pada hati atau penyakit hepatitis.

 

11.    Kacang Almond 

Kacang Almond adalah jenis kacang yang mengandung vitamin dan lemak sehat serta vitamin E yang kaya akan antioksidan yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

 

12.    Biji bunga matahari 

Biji bunga matahari adalah kelompok biji-bijian yang penuh dengan zat gizi seperti fosfor, magnesium, selenium, vitamin B-6 dan Vitamin E. 

 

13.    Kopi

Kopi memiliki kandungan antioksidan, dan kandungan antioksidan dalam kopi diyakini mampu melindungi hati dari kerusakan. Kandungan kafein dalam kopi ternyata dapat mengurangi risiko luka pada organ hati akibat hepatitis.

Baca Juga: Hal yang Harus Diwaspadai dari Hepatitis Akut

 

14.    Teh hijau 

Teh hijau  ternyata memiliki tingkat epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat meningkatkan fungus kekebalan tubuh serta antioksidan  yang kuat. Teh hijau sendiri merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik yang pada fungsi nya L-theanine ini dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T. 

 

15.    Buah Alpukat

Buah alpukat adalah kelompok buah yang mengandung berbagai zat gizi penting bagi tubuh seperti lemak baik, antioksidan dan kaya vitamin serta mineral. Karena kaya akan protein maka buah alpukat mampu mencegah virus hepatitis menginfeksi manusia. 

 

16.    Buah Jeruk 

Buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini dianggap dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang berfungsi melawan infeksi. Agar efektif maka disarankan untuk mengonsumsi berkelanjutan, dengan jumlah harian sebanyak 75 mg untuk perempuan dan 90 mg untuk pria.

 

17.    Buah Pepaya 

Buah pepaya adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C serta mengandung papain yang memiliki efek anti-inflamasi serta mengandung potasium , magnesium, dan folat yang bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. 

 

18.    Buah Kiwi 

Buah Kiwi adalah jenis buah yang secara alami kaya akan nutrisi penting, seperti folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C pada buah kiwi dapat meningkatkan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi, dan kondisi tubuh agar sehat. 

 

19.    Ikan salmon

Ikan salmon termasuk jenis ikan yang paling bergizi untuk dikonsumsi karena mengandung sumber asam lemak omega-3 dan protein berkualitas tinggi yang rendah merkuri. Ikan salmon sendiri dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga baik untuk mencegah sakit hepatitis maupun mendukung pemulihan sakit hepatitis.

 

20.    Dada ayam

Dada ayam adalah kelompok bahan makanan hewani yang kaya akan vitamin B6, yaitu membantu meningkatkan metabolisme dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh serta imun tubuh.

 

21.    Putih telur

Putih telur adalah jenis makanan yang kaya akan protein serta memiliki kadar lemak yang rendah, sehingga diklaim lebih menyehatkan dibandingkan kuning telur. 

 

22.    Keju

Keju sendiri jenis makanan yang banyak mengandung manfaat luar biasa bagi tubuh. Pada keju mengandung senyawa Spermidinem, merupakan kandungan yang bisa mencegah kerusakan organ hati serta dapat meningkatkan sistem imun.

 

23.    Unggas 

Kelompok unggas seperti ayam dan kalkun, adalah jenis makanan hewani yang kaya akan vitamin B-6. 

 

24.    Kerang 

Kerang adalah makanan hewani yang mengandung seng. Kandungan seng dibutuhkan tubuh agar memiliki sel-sel kekebalan tubuh dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Akan tetapi jangan konsumsi seng berlebihan karena dapat menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya terkait topik ini, Anda bisa bertanya langsung ke ahlinya di Tanya Ahli dengan cara mendaftar di Daya.id. Mari kunjungi daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rudi haryono

29 Agustus 2022

bermanfaat

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS