Dirilis

20 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Vaksinasi sangat penting dilakukan untuk menambah tingkat kekebalan pada seseorang. Vaksin adalah zat tertentu berupa bahan antigenik yang sengaja dibuat agar tubuh mampu menghasilkan kekebalan untuk melawan penyakit tertentu yang bisa mendatangkan kematian. Bentuk vaksin bisa berupa bakteri, racun ataupun virus penyebab penyakit yang telah dilemahkan ataupun dimatikan.

Aktivitas pemberian vaksin disebut vaksinasi atau biasa dikenal dengan imunisasi. Jenis vaksin ada bermacam-macam yang dibedakan menurut fungsinya dan kepada siapa harus diberikan. Semua usia sebaiknya mendapatkan vaksin, baik bayi, anak-anak dan orang dewasa. Tentu saja jenis vaksin untuk anak dan bagi orang dewasa itu berbeda.


Jenis Vaksinasi Wajib untuk Anak 


Ada beberapa jenis vaksinasi yang wajib diberikan kepada anak sejak dia lahir hingga mencapai usia tertentu. Mengacu pada peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.42 Tahun 2013 dan No.12 Tahun 2017, tentang penyelenggaraan imunisasi, inilah beberapa jenis vaksin yang wajib diberikan untuk anak: 


1. Vaksin BCG

Jenis vaksin pertama yang wajib diberikan kepada anak adalah BCG. Fungsinya adalah untuk melindungi dan menjaga anak dari penyakit TBC atau Tuberkulosis. TBC adalah jenis penyakit yang mudah menular dan jumlah kasusnya masih tinggi di Indonesia. Vaksin BCG diberikan sebanyak 1x ketika bayi atau anak berumur 2-3 bulan.


2. Vaksin Campak

Penyakit campak bisa mendatangkan komplikasi berupa pneumonia, radang otak dan diare. Karena itulah anak yang berusia 9 bulan, 18 bulan dan 9 tahun wajib diberikan vaksin campak. Pemberian vaksin campak adalah sebanyak 3x sesuai dengan rentang usia yang disebutkan di atas.


3. Vaksin DPT- HB-HiB

Inilah jenis vaksinasi yang akan melindungi anak dari serangan 6 jenis penyakit sekaligus yaitu pertusis, hepatitis B, pneumonia, tetanus, difteri dan radang otak atau meningitis.  Pemberian vaksin jenis ini adalah 4x dan dilakukan ketika anak memasuki usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan dan 18 bulan.


4. Vaksin Hepatitis B

Vaksin hepatitis B diberikan untuk mencegah anak terjangkit penyakit berbahaya yang bisa menimbulkan komplikasi berbahaya tersebut. Hepatitis B seringkali menjadi pemicu terjadinya kanker hati dan sirosis. Vaksin hepatitis B dilakukan sebanyak 4x dimana harus langsung diberikan maksimal 12 jam setelah bayi dilahirkan. Kemudian vaksin akan dilanjutkan ketika anak berusia 2,3 dan 4 bulan secara berurutan.


5. Vaksin Polio

Vaksin wajib bagi anak yang terakhir adalah polio. Pemberian pertama vaksin polio yaitu ketika anak berumur tidak lebih dari 1 bulan. Lalu dilanjutkan saat umurnya 2,3 serta 4 bulan. Vaksin yang diberikan pada anak 3x pertama adalah berupa obat tetes kemudian akan dilanjutkan dengan suntik pada umur 4 bulan.


Jenis Vaksinasi Penting untuk Orang Dewasa


Vaksinasi bukan hanya dibutuhkan oleh bayi dan anak-anak saja melainkan juga orang dewasa. Dilansir dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia - Profil Kesehatan Indonesia tahun 2016, inilah beberapa jenis vaksin yang sebaiknya diberikan kepada orang dewasa:


1. Vaksin Influenza

Orang dewasa sebaiknya mendapatkan vaksin influenza yang sering sekali dialami oleh manusia. Vaksin influenza diberikan untuk melindungi tubuh dari serangan virus flu yang biasanya terjadi di saluran pernapasan. Perlu diketahui bahwa vaksin flu merupakan salah satu vaksinasi yang dianjurkan untuk menambah kekebalan tubuh terhadap infeksi Covid-19.


2. Vaksin Hepatitis A dan B

Bukan hanya anak saja yang memerlukan vaksinasi hepatitis, orang dewasa juga membutuhkannya. Vaksin hepatitis pada orang dewasa diharapkan bisa menghindarkan mereka dari penyakit hepatitis A dan B. 


3. Vaksin Pneumonia

Inilah jenis vaksin yang biasanya diberikan kepada calon jemaah haji ataupun umroh yang akan pergi ibadah ke tanah suci. Vaksin pneumonia salah satunya digunakan untuk mencegah penyakit meningitis. Ada 2 jenis vaksin pneumonia yaitu PPSV untuk orang berusia 19 hingga 64 tahun dan PCV bagi lansia di atas 65 tahun.

Itulah beberapa jenis vaksin yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak dan orang dewasa. Harus disadari bahwa vaksin adalah tindakan preventif agar seseorang tidak terpapar penyakit berbahaya dan mematikan. Maka dari itu, akan sangat dianjurkan bagi Anda melakukan vaksinasi agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter dari Daya.id seputar jenis vaksinasi untuk kesehatan Anda. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!         

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Ardiansyah Bahar

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS