Dirilis

26 September 2022

Penulis

Dian Wisnuwardhani M.Psi. Sos.

Bekerja dari rumah bukan berarti tidak bisa melakukan kegiatan serta menghasilkan hal yang produktif. Banyak kesempatan serta peluang yang muncul dari kondisi WFH (work from home), seperti berkembangnya metode baru dalam menjalin koneksi dan berkomunikasi dengan orang lain, kemungkinan untuk mengeksplorasi serta mengembangkan working styles, munculnya berbagai peluang usaha akibat bergesernya kebutuhan (demands) dari pasar yang bisa kita dapatkan manfaatnya selama kita memiliki kemauan dan usaha untuk menggapai peluang yang ada.

Bekerja dari rumah juga memiliki beberapa dampak positif, seperti mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menuju dan pulang dari kantor, lebih memiliki kontrol akan waktu yang dimiliki, lebih bebas dalam mengatur kegiatan sehari-hari, mengurangi distraksi, bekerja di lingkungan yang lebih nyaman karena bisa kita atur sesuai keinginan, lebih fleksibel dalam mengerjakan kegiatan yang terkait dengan kebutuhan di rumah, dan tentunya dapat meningkatkan waktu yang dihabiskan bersama keluarga.

Meskipun begitu, tetap ada dampak negatif yang bisa terjadi selama bekerja di rumah, seperti kurangnya kontak dengan orang lain seperti teman kantor ataupun orang-orang yang biasa kita temui jika melakukan pekerjaan dari luar rumah, berkurangnya batasan antara kehidupan kerja dan kehidupan di rumah atau yang saat ini sering dikenal dengan berkurangnya work-life balance, butuhnya disiplin diri yang tinggi agar tidak mudah terdistraksi melakukan hal-hal lain, pekerjaan sangat bergantung dengan kondisi dan fasilitas yang tersedia di rumah, lebih sulit untuk berkomunikasi ataupun berdiskusi mengenai pekerjaan dengan rekan kerja, hingga bisa meningkatnya gangguan pada psikologis seperti kecemasan, depresi, stres, serta gangguan pada fisik seperti sakit kepala dan kelelahan.

Baca Juga: Efektif kerja dari rumah

Melihat cukup banyaknya dampak negatif yang bisa hadir akibat bekerja dari rumah. Maka perlu dilakukan upaya untuk mencegah ataupun mengurangi dampak negatif tersebut. Lalu, apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mendukung dan melancarkan kegiatan bekerja yang Anda lakukan? Simak beberapa tips berikut:

 

1.    Persiapkan lokasi khusus

Melihat kondisi rumah di Indonesia yang belum tentu setiap rumahnya memiliki ruang yang secara khusus didedikasikan sebagai ruang kerja. Maka, penting sekali bagi individu yang akan melaksanakan pekerjaan dari rumah untuk menyediakan ruangan atau titik khusus yang bisa digunakan untuk bisa bekerja dengan tenang dan minim distraksi. Tempat ini bisa diatur sesuai dengan kondisi rumah Anda. Beberapa hal yang bisa diperhatikan sebagai pemilihan ruangan adalah minimnya tingkat distraksi, memiliki privasi yang cukup tinggi, kualitas jaringan, hingga hal-hal lain yang sekiranya bisa membuat Anda lebih nyaman untuk bekerja.

 

2.    Melakukan kegiatan sesuai dengan minat

Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa Anda kerjakan dari rumah yang selain bisa digunakan untuk menyalurkan hobi atau minat yang Anda miliki, kegiatan yang bila Anda tekuni justru bisa berpeluang untuk menambah penghasilan Anda. Contohnya jika Anda memiliki minat memasak, maka dari sana bisa muncul peluang untuk membuka industri kuliner rumahan.

 

3.    Coba membentuk work-life balance

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencapai work-life balance adalah sebagai berikut:

  • Berani mengambil langkah awal untuk menentukan target serta prioritas dari hidup Anda. Hal ini perlu untuk dilakukan agar Anda bisa merencanakan waktu Anda dengan lebih efektif.
  • Pahami dan menerima bahwa tidak setiap hal yang terjadi dalam kehidupan Anda merupakan hal yang bisa Anda kontrol.
  • Ingat untuk tarik nafas serta mundur sejenak terutama jika hidup Anda dirasa terlalu cepat untuk menghindari burn out. Jika muncul rasa lelah, maka Anda bisa mengisi ulang energi Anda dengan melakukan hal simpel seperti istirahat, stretching, tidur, ataupun pergi ke tempat yang bisa memberikan relaksasi untuk fisik, psikis, dan pikiran Anda.
  • Pahami pula bahwa hidup tidak bisa selalu dalam kondisi yang seimbang (balanced) karena adanya variabel ataupun situasi yang berbeda terjadi setiap harinya dan itu merupakan hal yang normal.


 

4.    Mengelola dan mengatasi stres

Meskipun bisa bekerja dengan lingkungan yang nyaman, kondisi bekerja sendiri dari rumah tentunya tetap bisa menimbulkan stres tersendiri yang bisa menambah dari stres akan pekerjaan yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang baik untuk bisa mengatasi kondisi stres tersebut. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga, memasang batasan yang jelas terkait waktu kerja dan istirahat, bermain ataupun menghibur diri dengan hal yang disukai, hingga bermeditasi.

Baca Juga : Tetap tenang kerja dari rumah

 

5.    Cari bantuan jika diperlukan

Jika dampak negatif yang Anda rasakan sudah tidak dapat diatasi melalui manajemen diri. Maka Anda perlu untuk mencari bantuan baik dari orang terdekat Anda atau mencari bantuan dari profesional.

Punya pertanyaan lebih lanjut? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Farraas A Muhdiar, M.Psi. M.Sc

Psikolog Klinis Anak & Remaja

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS