Dirilis

16 Agustus 2022

Penulis

Dini Fitriani Nugraha

Salah satu cara untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi depresi adalah menulis jurnal atau umum kita kenal dengan menulis buku harian (diary). Saat kita menulis buku harian, kita dapat menjernihkan pikiran dan mencari tahu hal apa yang sebenarnya mengganggu. Namun selain itu, masih banyak manfaat lain yang kita dapatkan dari kegiatan menulis buku harian. 

 

Manfaat Menulis Buku Harian atau Diary

Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja manfaat dari menulis buku harian, khususnya yang berkaitan dengan mengurangi depresi, serta tipsnya!

 

1.    Membuat lebih sadar

Menulis buku harian dapat membantu Anda untuk lebih mengenal diri sendiri serta mengekspresikan diri dengan memunculkan pikiran dan perasaan yang Anda rasakan. Mungkin selama menulis, Anda dapat menemukan hal apa yang membuat Anda sedih, khawatir, takut, marah, dan perasaan lainnya. Kemudian jika Anda sudah lebih sadar, Anda akan dapat menemukan solusi penyelesaian yang tepat.

 

2.    Mengambil kendali

Saat menulis, pikiran dan kecemasan Anda dapat lebih mudah diatur, serta meredam perasaan negatif. Menulis juga dapat membantu Anda memberdayakan diri sendiri untuk mengenal perasaan tidak baik dan memudahkan untuk tahu bahwa Anda membutuhkan bantuan ekstra dari tenaga profesional.

 

3.    Mendapatkan sudut pandang lain

Ketika menulis, Anda dapat melakukan self-talk atau berbicara dengan diri sendiri. Anda dapat mengingat hal-hal positif karena saat depresi cenderung memunculkan perasaan negatif.

 

4.    Menemukan pola

Menulis buku harian (diary) dapat membantu Anda dalam melacak gejala yang Anda alami, termasuk perasaan yang Anda rasakan dan hal yang dapat memicu depresi. Hal-hal yang memicu tersebut, tentunya dapat Anda hindari di masa mendatang agar gejala depresi tidak muncul kembali.

 

5.    Mengurangi stres

Mengekspresikan diri melalui tulisan dapat mengurangi stres yang Anda miliki. Emosi yang tersalurkan akan membuat Anda lebih rileks dan memperbaiki suasana hati.

 

6.    Memperkuat daya ingat

Semakin sering Anda menulis, fungsi otak menjadi lebih optimal dan dapat meningkatkan kapasitas memori, sehingga daya ingat pun menjadi lebih kuat.

 

7.    Membuat tidur lebih nyenyak


Anda dapat menuliskan hal apa saja yang telah Anda lalui dalam sehari dan fokus pada hal-hal positif. Selain memberikan perasaan yang membuat Anda nyaman, hal tersebut juga membuat Anda bersyukur. Jika Anda nyaman dan rileks, tidur pun akan lebih nyenyak.

Baca Juga: Tips Tidur yang Baik untuk Pekerja yang Sering Lembur 

 

Tips menulis buku harian (diary) untuk mengurangi depresi

Beberapa orang pasti tidak terbiasa untuk menulis, berikut beberapa tips yang dapat Anda coba.

 

1.    Keluarkan semuanya

Tulislah apa saja yang ada dipikiran Anda dan apa saja yang Anda rasakan. Tidak perlu merasa khawatir akan benar atau salah karena apa yang Anda rasakan adalah valid. Jika dibutuhkan, Anda dapat merobek apa yang Anda tulis. Lakukan senyamannya, hingga tidak ada yang mengganggu lagi.

 

2.    Menulis secara teratur

Cobalah untuk menulis secara teratur seperti menyempatkan diri selama 20 menit untuk menulis di setiap harinya. Carilah tempat yang tenang dan waktu yang santai, untuk memudahkan Anda menulis. Anda dapat menulis saat di tempat tidur atau sebelum pergi tidur, agar dapat membuka lembaran baru di hari yang baru.

 

3.    Mencoba hal baru


Selain menulis di buku harian, Anda juga dapat menulis surat untuk orang yang Anda sayangi atau menulis kata-kata menghibur yang mungkin akan dikatakan orang sayang kepada Anda.
Jika Anda terbiasa menulis pada buku, tidak ada salahnya untuk mencoba menulis pada aplikasi yang tersedia di ponsel Anda. Anda juga dapat mengatur kata sandi untuk menjaga kerahasiaan tulisan Anda.

 

4.    Jangan terlalu negatif

Jika tulisan Anda berisi tulisan negatif, jangan menghabiskan waktu lebih dari 20 menit dan diberikan tanda seperti menggulung halaman atau melipat kertas. Menulis kata-kata negatif bertujuan untuk melakukan pembersihan secara emosional, oleh karena itu lebih baik Anda lupakan dan tidak usah diingat kembali.

Rutin menulis buku harian dapat mengingatkan diri Anda tentang seberapa besar usaha Anda untuk berada di titik ini dan melewati berbagai macam rintangan atau seberapa jauh Anda telah melangkah, hingga Anda dapat terlepas dari depresi. Selain mengurangi depresi, menulis buku harian juga dapat membantu Anda mengenali diri Anda dan menghindari hal-hal yang memicu munculnya depresi, sehingga dapat memberikan perasaan nyaman. Kemudian untuk menjaga kerahasiaan tulisan Anda, Anda dapat menyimpan buku harian di laci yang terkunci atau memasang gembok, serta memasang kata sandi atau password jika Anda menulisnya di gadget.

Adapun tips yang dapat Anda coba jika ingin menulis adalah keluarkan semua yang Anda inginkan tanpa perlu takut apa kata orang atau salah-benar, semua kendali ada pada diri Anda. Lakukan secara teratur dan jangan terlalu negatif karena seburuk apapun hari Anda, pasti ada saat-saat yang menyenangkan. Namun jika Anda rasa depresi sudah sangat mengganggu, segera hubungi psikolog atau psikiater untuk mendapatkan perawatan.

Baca Juga:  Ayo Berinteraksi untuk Mencegah Depresi 

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai menulis dan cara tepat mengurangi depresi atau tips seputar kesehatan mental lainnya? Segera log in ke daya.id dan manfaatkan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Wisnuwardhani, M.Psi.

Psikolog

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS