Ubah Hobi Jadi Hoki

Dirilis

05 Maret 2018

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Pengusaha

David Okta

Jenis Usaha

Jasa Fotografi “Dcerrypictures”

Dunia bisnis merupakan dunia yang memiliki seribu satu kemungkinan. Selama Anda mau mencoba dan tidak menyerah, Anda pun bisa menjemput kesuksesan Anda.

Kesuksesan bukanlah suatu hal yang diberikan secara cuma-cuma, dibutuhkan kemauan dan kerja keras serta semangat pantang menyerah untuk bisa meraihnya. Keterbatasan pendidikan bukan menjadi alasan. Selama ada niat untuk terus belajar, siapa saja bisa menjemput kesuksesannya sendiri. Sama seperti David Okta. Fotografi merupakan hal yang baru baginya, tapi dengan semangat kerja keras dan kemauan untuk terus belajar, ia pun berhasil mendirikan studio fotonya sendiri dengan omzet sekitar 20-25 juta per bulannya. Simak kisah inspiratif bisnis D’Cherry Pictures miliknya di bawah ini.

Belajar Fotografi Secara Otodidak dan Modal dari Menang Arisan

Fotografi memang menjadi salah satu bidang bisnis yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Meskipun terlihat sederhana, tapi jika tidak dibarengi dengan kemauan untuk belajar, fotografi bukanlah hal yang mudah. Itulah yang dirasakan oleh David Okta. Sudah memiliki pekerjaan di sebuah perusahaan kayu ekspor di wilayah Lampung tidak membuat passion­-nya terhadap dunia fotografi ditinggalkan begitu saja.

“Saya dulu bekerja di sebuah perusahaan kayu ekspor selama sembilan tahun. Pada tahun 2010, saya mulai terjun ke dunia fotografi. Saya memang dari dulu senang edit-edit foto via handphone, terus tiba-tiba ada teman yang minta saya untuk fotoin dia. Saya sama sekali tidak mengerti tentang foto, tapi teman saya ini bilang kalau semua alat akan disiapkan olehnya dan tugas saya tinggal fotoin aja, ternyata ada banyak yang suka dengan foto saya,” kenang David.

Tidak berapa lama, setelah karyanya dikenal oleh beberapa teman dekatnya, David kebetulan beruntung mendapatkan uang arisan sebesar Rp5 juta dan tidak tahu mau diapakan uang tersebut. Salah satu temannya pun menyarankan menggunakan uang tersebut untuk membeli kamera sebagai hobi barunya sambil belajar. Pada tahun 2012, David memutuskan untuk keluar dari kantor dan mulai tekun ke dunia fotografi.

“Setelah memutuskan untuk keluar dari pekerjaan, saya mulai fokus ke dunia fotografi dan mengikuti seminar fotografi dari Jakarta yang diadakan di Lampung. Sejak saat itulah saya terus mengembangkan kemampuan fotografi saya hingga kini dengan kamera yang saya beli dari uang arisan. [Sekarang] saya sudah membangun studio foto sendiri,” tambah David.

Sosial Media sebagai Wadah Pemasaran

Studio foto yang awalnya berupa gudang untuk menyimpan album dan peralatan fotografi miliknya, kini sudah diubah oleh David bersama kakak dan adik iparnya menjadi studio foto yang membuat jasa fotografinya semakin dikenal oleh masyarakat. David dan partnernya mengaku kalau saat ini setiap bulannya ada sekitar 20 pelanggan yang datang dan puas dengan hasil kerja mereka.

“Awal-awal saya juga melakukan pemasaran melalui media sosial, khususnya di Facebook. Melalui pemasaran ini, saya mendapatkan lebih banyak pelanggan yang sebagian besar dari Bandar Lampung, entah dari Palembang, Jakarta, dan lainnya yang menggunakan jasa kami. Saat ini kami sudah mulai menggunakan Instagram yang langsung nge-link ke Facebook,” jelas David.

Tidak ada strategi pemasaran lain yang digunakan David bersama D’Cerry Pictures miliknya. Ia hanya menggunakan media sosial untuk memasarkan jasanya dan terbukti kalau melalui media sosial ini, ia berhasil mendapatkan penghasilan kotor sebesar Rp20-25 juta per bulannya.

Tekun dan Jangan Pernah Puas

Menjalankan bisnis berarti mau tak mau harus menghadapi berbagai kendala dan kesulitan. Tapi, menurutnya, dengan modal tekun dan tidak pernah puas dengan hasil, Anda bisa menghadapi semua permasalahan dalam bisnis.

“Saya mengawali karir secara otodidak, ada saja kendala seperti kurangnya percaya diri atas apa yang sudah saya hasilkan. Tapi karena saya mendapat respon yang baik, akhirnya saya tetap bertahan. Ketekunan dan tidak mudah menyerah memang sangat membantu saya. Tidak lupa untuk terus mengasah selalu bakat yang sudah ada dan mulai percaya diri,” tutup David.

Ke depannya, David berharap kalau ia bersama D’ Cerry Pictures bisa membuka cabang lain di wilayah Lampung dan membangun WO lengkap dengan salon dan peralatan kebutuhan photo shoot. Semoga berhasil!

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS