Dirilis

19 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Sebagian di antara Anda mungkin saja sering melakukan olahraga angkat beban. Bisa Anda lakukan secara pribadi ataupun join atau mengikuti training gym. Banyak orang juga sudah mengetahui manfaat angkat beban berupa latihan untuk kekuatan otot. Namun ternyata tak hanya sampai di situ lho.

Jenis olahraga yang dulu identik dengan pria ini, kini bahkan semakin banyak kaum hawa yang tertarik dan memang jenis olah raga ini menyehatkan baik bagi pria maupun wanita. Untuk itu, penting pula bagi Anda untuk mengetahui sederet manfaat angkat beban yang lain berikut ini.

 

Deretan Manfaat Angkat Beban untuk Tubuh Kita

Dilansir dari laman Healthline dalam sebuah studi yang berjudul “Fitness Exercise Weight Training”, terdapat sejumlah manfaat angkat beban yang dapat tubuh kita rasakan, seperti:

 

1. Menguatkan Otot dan Bantu Mengurangi Lemak

manfaat angkat beban untuk kekuatan otot
Seperti telah diulas sedikit di atas, manfaat angkat beban paling umum dan populer adalah dapat melatih kekuatan otot kita. Selain otot yang semakin kuat dan terlatih, kita pun bisa mendapat bonus berupa bentuk tubuh yang kian menawan.
Selain itu, bagi Anda yang ingin mengurangi lemak di tubuh, angkat beban menjadi salah satu jenis olahraga yang recommended untuk dijalankan. Olahraga ini dapat membakar kalori dalam tubuh kita dan baik jika rutin dilakukan, karena dengan bertambahnya massa otot, maka kapasitas pembakaran kalori dalam tubuh pun akan bertambah.

 

2. Mengembangkan Otak dan Mencegah Osteoporosis

Tak hanya secara fisik saja, manfaat angkat beban lainnya adalah mampu meningkatkan fungsi otak dengan cara memicu peredaran darah juga produksi hormon yang dapat bantu tingkatkan kinerja otak, seperti halnya hormon IGF-1.

Manfaat angkat beban berikutnya adalah mampu menghindarkan diri kita dari osteoporosis. Selain berbagai hal yang sebelumnya disebutkan, olahraga yang satu ini juga dapat mencegah berkurangnya massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis, terutama pada wanita.

 

3. Mengurangi Risiko Diabetes dan Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat angkat beban untuk kesehatan jantung
Ternyata, angkat beban juga dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes. Karena olahraga yang satu ini diyakini dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Bahkan, aktivitas ini pun baik untuk dilakukan penderita diabetes.

Selain baik untuk mencegah terjadinya diabetes, manfaat angkat beban yang lain juga dipercaya mampu menjaga kesehatan organ jantung dengan cara melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

 

4. Mencegah Terjadinya Cedera

Bukan hanya otot, dengan latihan angkat beban ini, tulang dan jaringan tubuh akan lebih kuat. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya cedera. Selain itu, olahraga ini pun dikenal baik untuk mengatasi sakit punggung.

 

5. Meningkatkan Keseimbangan dan Menambah Ketahanan Tubuh

Menguatnya otot dengan latihan angkat beban ini pun mampu membawa dampak baik bagi keseimbangan tubuh kita. Badan akan lebih kokoh dan tidak mudah jatuh. Tak hanya itu, gerakan tubuh pun akan lebih mudah bergerak secara teratur.
Tak hanya keseimbangan yang meningkat, olahraga angkat beban juga merupakan salah satu olahraga yang mampu menambah ketahanan tubuh kita. Dengan melakukan angkat beban, Anda bisa memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik. Otomatis tubuh akan lebih bugar dan sehat.

 

6. Mencegah Berkurangnya Massa Otot

Jika keseimbangan dan ketahanan tubuh meningkat, maka sejalan dengan itu, olahraga angkat beban ini akan mencegah terjadinya pengurangan massa otot. Perlu diketahui, bahwa seiring bertambahnya usia, maka massa otot tersebut akan mengalami penurunan dan dengan olahraga ini, tulang serta otot akan lebih kuat juga tentu baik untuk kondisi badan kita di masa tua nanti.

 

7. Baik untuk Kondisi Psikis Diri

Tidak hanya untuk fisik, angkat beban juga memberikan manfaat untuk psikis Anda. Angkat beban juga dikenal baik untuk meningkatkan kepercayaan diri, bantu mengurangi kecemasan dan gejala depresi, juga dapat membuat kita merasa bahagia.

Itulah berbagai manfaat angkat beban yang bisa dirasakan untuk tubuh. Ternyata, tidak hanya untuk kekuatan dan ketahanan fisik, angkat beban juga memberikan manfaat yang baik untuk psikis Anda. Sehingga olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. Namun, bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti jantung akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis dari Daya.id sebelum melakukan olahraga ini agar berjalannya olahraga bisa lebih aman untuk tubuh Anda.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS