Dirilis

24 Pebruari 2023

Penulis

Oky Setiarso

Olahraga adalah aktifitas yang menyenangkan dan dinikmati oleh siapa aja, tanpa memandang kelompok umur, termasuk kelompok lanjut usia (lansia). Aktifitas ini perlu dipahami juga jika dilakukan dengan benar dan teratur akan menimbulkan hal yang baik dan membantu seseorang tetap sehat.

Berolahraga adalah kegiatan yang sangat baik untuk tubuh, selain itu juga dapat menambah kesehatan, kebugaran tubuh, memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres dan menyeimbangkannya dengan kegiatan lainnya.




Olahraga sendiri ternyata perlu ada resepnya agar mendapatkan hal yang baik dan bermanfaat. Resep dasar olahraga yang bisa dilakukan agar healthy aging terdiri atas: 

  • Peregangan, dilakukan untuk meningkatkan fleksibititas, keseimbangan, mengurangi risiko cedera, dan menghilangkan nyeri. 
  • Latihan kardio/pemanasan, manfaatnya untuk meningkatkan denyut jantung dan kapasitas paru-paru, memicu produksi hormon healthy aging seperti hormon pertumbuhan dan testosteron
  • Latihan ketahanan, hal yang bisa dilakukan seperti angkat beban membangun kekuatan dan mengeluarkan hormon healthy aging.

Rekomendasi olahraga yang sehat dan bisa dilakukan setidaknya melakukan latihan selama 30 menit, dengan 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

 

Baca Juga: Olahraga Aman Untuk Lansia

 

Jenis Olahraga untuk Lansia

Pembahasan berikutnya adalah untuk kelompok lansia, jenis olahraga apa saja yang aman dilakukan untuk lansia. Berikut rekomendasi olahraga yang aman untuk lansia, yaitu:

 

 

1. Berjalan 

Tubuh manusia diciptakan memiliki fungsi-fungsi tertentu, salah satunya adalah untuk bergerak dan memenuhi segala kebutuhan. Kurang tepat apabila sehari-hari hanya duduk saja dan malas melakukan apa pun, berjalan akan membantu meningkatkan pencernaan, energi, dan metabolisme tubuh itu yang dapat dilakukan oleh lansia.


 

2. Senam/Menari

Kegiatan menyenangkan dan aman yang dilakukan lansia seperti senam atau menari. Hal ini dapat dimulai dengan cara mendaftar bergabung dengan kelas tari atau senam. Namun dapat juga dilakukan sendiri di dalam rumah diiringi lagu favorit. Manfaat dari senam/menari agar lansia mampu membantu mengembangkan kekuatan inti tubuh meningkatkan keseimbangan, vitalitas seluruh tubuh dan tentunya meningkatkan semangat


 

3. Tai Chi

Tai Chi adalah seni bela diri yang digunakan untuk pertahanan dan menjaga vitalitas, Latihan seni bela diri ini aman untuk segala usia karena gerakannya terdiri atas gabungan gerak fisik, pernapasan dan meditasi yang dikemas secara anggun. Manfaat Tai Chi bisa meningkatkan energi, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan bahkan meningkatkan fungsi kognitif


 

4. Yoga

Hingga beberapa gerakan dalam yoga disebut healthy aging yoga yaitu sebuah poses  berupa gerakan dengan posisi kepala lebih rendah dari pinggang. Saat mempraktikkan gerakan ini, darah akan mengalir ke kepala sehingga akan meingkatkan sirkulasi darah terutama di daerah kepala dan wajah. 


5. Bersepeda

Buat lansia, bersepeda baik untuk meningkatkan kekuatan tulang dan sendi, serta menjaga kesehatan jantung. Lansia dapat melakukan ini namun perhatikan juga untuk mencegah terjadinya cedera, gunakan selalu pelindung saat bersepeda, seperti helm. Tak hanya itu, lansia dapat mengatur sadel serta pegangan sepeda sesuai dengan postur tubuh.


 

6. Berdansa

Dansa untuk lansia dengan gerakan dansa sambil diiringi musik atau lagu kesenangan tentu menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Tak hanya itu, ternyata manfaat berdansa juga baik untuk menjaga kebugaran dan keseimbangan tubuh.


 

7. Berenang

Renang merupakan salah satu pilihan olahraga yang paling baik dan aman bagi lansia. Manfaat olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot dan sendi, melancarkan aliran darah, serta baik untuk kesehatan jantung, otak dan paru-paru.


 

8. Pilates

Pilates salah satu bentuk latihan fisik yang umumnya banyak dilakukan oleh anak muda. Namun, saat ini, beberapa kelas pilates juga menyediakan progam latihan khusus bagi para lansia. Pilates sebenarnya bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan tubuh, kekuatan otot, serta menambah energi dan stamina tubuh. Untuk memilih pilates yang aman maka perlu dilakukan konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika ingin mencoba jenis olahraga ini.


 

9. Latihan keseimbangan

Lansia memasuki usia senja maka tubuh lansia biasanya akan mengalami penurunan keseimbangan tubuh bahkan dapat meningkatkan risiko cedera. Contoh latihan keseimbangan dengan berdiri di atas satu kaki atau berjalan jinjit.

Selain berbagai pilihan olahraga untuk lansia di atas, lansia bisa tetap aktif bergerak misalnya dengan bermain bersama cucu atau berkebun. 

 

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Lansia Juga Bisa Aktif Dan Sehat.

 

Tips Olahraga yang bisa dilakukan buat lansia agar aman adalah pilihlah jenis olahraga yang anda sukai untuk mencegah proses penuaan sehingga olahraga tersebut dapat dilakukan secara menyenangkan dan rutin.

 

Punya pertanyaan lebih lanjut? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

12 Juni 2023

Bagus info nya 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS