Dirilis

19 November 2022

Penulis

Mirna Risnasuci

Mungkin Anda adalah salah satu penggemar sepak bola di antara jutaan orang lainnya yang sangat menantikan perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar. Sepak bola sebagai olahraga yang paling banyak penggemarnya diseluruh dunia, sudah pasti menonton piala dunia secara langsung ataupun melalui siaran televisi adalah kegiatan yang sudah pasti ditunggu-tunggu.

Baca juga: Manfaat Olahraga Futsal di tengah Pandemi

Dikutip dari berbagai sumber, menonton pertandingan sepak bola terbukti efektif menimbulkan efek bahagia. Bagaimana tidak, Anda akan berada dalam euforia dan semangat para pemain sepak bola yang sedang bertanding dan juga keriaan karena menonton bersama teman Anda yang juga memberikan semangat kepada tim favoritnya. Jika Anda memiliki hobi menonton sepak bola, nonton bareng atau nobar pertandingan Piala Dunia 2022 nanti pasti menjadi agenda wajib bagi Anda. Nah, apakah Anda tahu bahwa ternyata menonton pertandingan sepak bola juga baik untuk kesehatan lho? Masa iya sih? Supaya Anda tidak penasaran, yuk simak ulasannya melalui artikel ini.

Dampak positif dari nobar sepak bola untuk kesehatan

 

Efek bahagia

Selain menimbulkan efek kebahagiaan, menonton sepak bola bersama-sama juga bermanfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang hobi menonton sepak bola, apalagi nonton bareng bersama teman atau keluarga, ini pastinya menjadi kabar baik buat Anda. Berkumpul seperti ini bermanfaat lho untuk kesehatan. Contohnya, saat nanti Anda nobar pertandingan di Piala Dunia Anda pasti akan lebih semangat mendukung tim kesayangan Anda dengan berteriak, tepuk tangan bahkan sampai melompat. 

Dikutip dari halodoc.com, hasil suatu penelitian di University of Leeds mengungkapkan bahwa sepak bola memiliki manfaat bagi kesehatan. Kok bisa ya? Hal ini terjadi karena ketika menonton sepak bola, detak jantung seseorang dapat meningkatkan detak jantung sampai 64 persen dan denyut nadi sampai 130 per menit atau sama seperti Anda melakukan jalan cepat selama 90 menit. Tentunya hal ini sangat baik bukan bagi kesehatan tubuh dan pikiran Anda?

 

Penghilang stress

Nobar sepak bola juga dapat membantu mengurangi stress lho. Saat Anda menonton pertandingan sepak bola, otak Anda akan dikendalikan menjauh dari gejala stres. Otak dan tubuh Anda akan merasakan sensasi bahagia dan kesenangan serta menimbulkan reaksi positif sehingga hormon stres Anda akan hilang.

Dikutip dari klikdokter.com, terdapat riset di Inggris yang mengatakan bahwa saat menonton pertandingan sepak bola seseorang akan mampu merasa nyaman untuk mengekspresikan emosi dan identitasnya saat mendukung tim kesayangannya dengan berteriak, melompat-lompat dan bertepuk tangan. Hal inilah yang dapat membantu mengatasi stres

Baca juga: Tips Pemanasan dan Pendinginan pada Olahraga Sepakbola

 

Meningkatkan fungsi otak

Saat Anda menonton  pertandingan sepak bola, Anda akan malukan gerakan yang berfokus pada melihat para pemain bergerak dari sisi kanan ke kiri atau dari depan lapangan ke belakang pertahanan lawan. Kegiatan yang Anda lakukan ini akan membuat hormon otak Anda akan bekerja dengan baik karena adanya peningkatan aktivitas di neuron motorik otak Anda.

 

Meningkatkan hormon testoteron

Seorang peneliti dari Vrije University Amsterdam, Leander van der Meij berpendapat bahwa bagi Anda penonton sepak bola, meskipun sebagai penonton tidak dapat mempengaruhi hasil pertandingan, otak dan tubuh Anda dengan antusias mempersiapkan untuk membela tim kesayangan. Hal ini akan meningkatkan hormon testoteron. Bagi kaum pria, dukungan dan antusiasme yang diberikan kepada tim sepak bola favorit yang akan bertandung, mampu meningkatkan hormon testoteron sebesar 29 persen. 

 

Membakar kalori secara efektif

Saat Anda menonton pertandingan sepak bola, metabolisme tubuh Anda akan meningkat. Mengapa? Karena saat Anda menonton pertandingan sepak bola, saraf motorik otak dan tubuh bergerak mengikuti pemain bola sehingga kedua bagian tubuh tersebut berfungsi dengan baik. Bahkan studi di Inggris menyimpulkan ketika saraf motorik bekerja maka terdapat 100 kalori tubuh yang terbakar.

Nah, sahabat daya itulah beberapa manfaat nobar sepak bola untuk kesehatan. Selamat menonton Piala Dunia 2022, siapapun tim yang Anda jagokan seperti Argentina, Belanda, Inggris ataupun Perancis, menang atau kalah, tetap semangat dan bahagia ya. Dan jadikan nobar ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan hubungan baik dengan teman-teman ataupun keluarga Anda. hubungan yang baik dengan teman dan keluarga juga mampu meningkatkan kebahagiaan Anda lho.

Jika Anda punya pertanyaan lain atau ingin lebih banyak mengetahui informasi lain seputar aktivitas sehat lainnya, segera log in ke daya.id dan dapatkan langsung informasinya. Anda juga dapat menggunakan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan ahli kami dan mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda mendaftar daya.id dan dapatkan informasi bermanfaat lainnya mengenai kesehatan secara gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS