Dirilis

28 Juli 2023

Penulis

Januar Rusdianto

Acara Tiba-tiba Tenis yang diselenggarakan oleh Vindes Sport pada November 2022, sedikit banyak membuat olahraga tenis lapangan kian diminati dan menjadi tren di generasi muda. Apalagi sejak acara itu, makin banyak selebritas dan orang umum yang mencoba bermain tenis. Hal ini ditandai dengan bertambahnya komunitas tenis, sulitnya mencari lapangan tenis yang kosong di Jakarta, dan meningkatkan penjualan perlengkapan tenis lapangan. 

Jika Anda juga termasuk orang yang baru mulai bermain tenis lapangan, ada beberapa teknik dasar tenis lapangan yang perlu Anda ketahui. Misalnya, mengetahui jenis-jenis pukulan dalam tenis lapangan. Tapi, selain itu, Anda juga perlu mengetahui hal lain di luar teknik dasar tenis lapangan. Misalnya, mengetahui raket tenis seperti apa yang pas untuk Anda. Karena, hal-hal non-teknis ini juga bisa membantu Anda berlatih dan bermain tenis lapangan dengan menyenangkan.

 

Persiapan Bermain Tenis Lapangan 

Jika Anda pemula dalam permainan tenis lapangan, Anda perlu mempelajari teknik dasar tenis lapangan. Tapi, selain teknik dasar tenis lapangan, ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda ketahui dan siapkan. Antara lain mengetahui jenis lapangan dan raket tenis lapangan yang pas untuk Anda.

 

1.    Jenis Lapangan Tenis 

Sebelum Anda masuk ke lapangan tenis, Anda perlu mengetahui jenis permukaan dan karakter permukaan dari lapangan tenis, sehingga Anda tidak kaget dengan perbedaan saat bermain di satu lapangan dan lapangan lainnya.  

Secara umum ada 3 jenis permukaan lapangan tenis yang biasa dipergunakan. 
 

•    Permukaan Tanah Liat

Jenis pertama adalah permukaan tanah liat (campuran tanah liat dan batu bata yang dihancurkan). Permukaan lapangan tenis ini akan membuat pantulan bola menjadi lebih lambat. Hal ini akan membuat pemain memiliki lebih banyak waktu untuk mengembalikan bola. 

 

•    Permukaan Rumput

Jenis kedua adalah permukaan rumput. Permukaan lapangan tenis ini  membuat bola memantul lebih rendah dan meluncur. 

 

•    Permukaan Keras

Terakhir adalah permukaan keras (beton, dan ada juga yang dilapisi akrilik). Permukaan lapangan tenis ini membuat bola menjadi cepat dan keras. Permukaan lapangan jenis ini yang paling ditemui di berbagai daerah karena perawatannya yang mudah. 

 

2.    Memilih Raket Tenis Lapangan

Ada banyak sekali merek, jenis, dan harga raket tenis di pasaran. Setiap merk dan jenis raket memiliki ukuran, berat dan karakter yang berbeda. Pertanyaannya, raket tenis lapangan seperti apa yang cocok untuk Anda? Ada dua tips yang bisa Anda pertimbangkan. 

•    Coba Gunakan Raket Tenis Teman

Sebelumnya Anda membeli raket tenis lapangan, sebaiknya Anda mencoba berlatih dengan mempergunakan raket tenis yang dimiliki oleh teman Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui jenis raket yang cocok untuk Anda. 

 

•    Coba Berbagai Jenis Raket di Toko

Jika Anda memutuskan untuk membeli raket tenis, sebaiknya Anda membeli di toko yang memiliki beragam jenis dan merk raket tenis, sehingga Anda bisa mencoba berbagai jenis raket. 

Beberapa toko raket tenis menyediakan tempat untuk mencoba raket yang akan dibeli. Bahkan beberapa toko juga suka menyediakan raket bekas dengan kondisi yang masih bagus, sehingga bisa menjadi opsi raket latihan bagi Anda yang baru mulai bermain tenis. 

Ingat, raket terbaik bukanlah raket termahal, akan tetapi raket yang berat dan jenisnya sesuai Anda. 

 

Bermain Tenis Lapangan 

Olahraga tenis bukan olahraga yang sulit untuk dipelajari. Jika Anda rutin dan tekun berlatih, dalam kurun waktu 2-3 bulan, Anda sudah bisa bermain tenis dengan baik. Anda bisa mulai dengan berlatih teknik dasar tenis lapangan. Selain itu, penting bagi Anda untuk melakukan pemanasan, dan berlatih bersama komunitas.  

 

1.    Pemanasan Sebelum Berlatih dan Bermain 

Seperti pada olahraga pada umumnya, Anda wajib melakukan pemanasan sebelum berlatih dan bermain tenis lapangan. Tujuannya untuk mempersiapkan diri Anda, sehingga terhindar dari cedera otot, sendi, atau serangan jantung. 

Salah satu cedera yang sering terjadi kepada pemain tenis adalah tenis elbow. Anda bisa membaca lebih lanjut terkait cedera tenis elbow di artikel Tenis Elbow Injury dan Penanganannya.

 

•    Mulai Pemanasan di Luar Lapangan

Anda bisa memulai pemanasan Anda di luar lapangan tenis, dengan meregangkan otot, menggerakkan sendi untuk meningkatkan flesibilitas sendi, dilanjutkan dengan berlari kecil selama 5 menit untuk meningkatkan detak jantung. 

 

•    Tingkatkan Intensitas Pemanasan di Dalam Lapangan

Setelah pemanasan di luar lapangan tenis, Anda bisa meningkatkan intensitas dengan mulai melakukan pemanasan di dalam lapangan. Caranya, pukul bola dengan tenaga tidak penuh, dan gerak yang lebih  fleksibel. Hal ini bisa Anda lakukan dalam durasi 5-10 menit. 

 

2.    Bermain Tenis 


Dalam bermain tenis, kita mengenal 4 jenis pukulan dasar yang harus dipelajari, yaitu: 
 

•    Forehand

Dimana posisi bola ada di sisi depan telapak tangan yang Anda gunakan untuk memegang raket (tangan kanan atau kiri). Anda sebagai pemain harus mengatur posisi tubuh untuk melakukan pukulan, yang dilanjutkan dengan mengayunkan raket. 

 

•    Backhand

Pukulan berikutnya adalah backhand, dimana posisi bola ada di sisi punggung tangan yang Anda gunakan untuk memegang raket. 

 

•    Serve

Pukulan dasar berikutnya adalah serve, dimana pukulan ini dilakukan di awal permainan 

 

•    Volley

Terakhir adalah pukulan volley, dimana Anda memukul bola sebelum ia memantul ke lapangan.    

Untuk bisa melakukan pukulan yang benar, Anda perlu memperhatikan waktu raket bersentuhan dengan bola, gerakan kaki, dan gerakan ayunan. Karena itulah yang menentukan arah dan hasil tembakan.

 

3.    Cepat Mahir Dengan Rutin Berlatih dan Bermain 

Untuk bisa mahir dalam bermain tenis lapangan, Anda harus secara rutin berlatih dan bermain. Untuk meningkatkan teknik dasar pukulan, Anda bisa bergabung dengan berbagai klub tenis yang sekarang sudah banyak di berbagai daerah. 

Misalnya untuk Anda yang tinggal di Jakarta, ada klub tenis seperti: Next Gen Tenis Academy di Cipinang Elok, Jakarta Timur, Love Tenis Academy di Kuningan, Jakarta Selatan. Untuk Anda yang berada di Surabaya, ada Sportiva Course di Tenis indoor Kutisari, Surabaya. 

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas permainan, Anda bisa bergabung dengan komunitas-komunitas tenis, seperti MHI Tennis (Instagram: @mhi.tennis), Tennis Kuy! (Instagram: @tenniskuy), dan lainnya. Dengan bergabung di dalam komunitas, Anda akan memiliki bermacam-macam teman bermain yang memiliki beragam gaya bermain, hal ini akan membuat Anda lebih cepat dalam meningkatkan kualitas pukulan dan pengalaman Anda.

Olahraga tenis lapangan merupakan olahraga yang sangat menyenangkan, karena selain sehat secara fisik, olahraga ini akan meningkatkan hormon edorfin yang memberikan rasa bahagia. 

Baca juga: Selain Fisik Bugar, Olahraga Juga Menyehatkan Mental 

Ayo segera siapkan diri Anda untuk mencari teman dan lapangan tenis untuk berlatih. Sabarlah ketika berlatih, pukulan Anda akan meningkat seiring berjalannya waktu. 

Jika Anda ingin mendiskusikan jenis olahraga tepat untuk Anda atau cedera yang sedang alami, Silakan Anda bertanya kepada para ahli yang ada di daya.id, dan ikuti seminar seminar kesehatan dan gaya hidup yang dilakukan oleh daya.

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Joshua Agustinus Panggabean

28 Juli 2023

Kontennya sangat bermanfaat untuk pemula tenis seperti saya, terima kasih tipsnyaa

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS