Dirilis

03 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Senam irama atau yang juga dikenal dengan senam ritmik merupakan salah satu jenis senam dengan gerakan mengikuti irama. Irama yang dimaksud bisa saja tepuk tangan. Ketukan, musik dan sebagainya. Jenis senam satu ini bisa dilakukan perorangan maupun kelompok serta aman dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Manfaat senam irama juga ternyata sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. 
 

8 Manfaat Senam Irama Bagi Kebugaran Jasmani

Senam irama menjadi salah satu jenis senam yang sangat mudah dilakukan sehingga siapa saja bisa melakukannya. Menariknya lagi, senam irama tidak membutuhkan kekuatan jantung atau paru-paru sehingga aman dilakukan siapa saja. Dilansir dari Journal of Gymnastics USA, inilah beberapa manfaat dari senam ini, antara lain:
 

1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Lentur 


Berbeda dengan jenis olahraga lain seperti bersepeda atau berlari yang gerakannya itu-itu saja, gerakan dari senam irama itu sangat bervariasi. Saat sedang menjalankan senam irama maka hampir seluruh anggota tubuh ikut digerakkan sehingga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih lentur.
 

2. Melatih Keseimbangan 

Gerakan dalam senam irama memang sangat banyak. Dimana ada beberapa gerakan yang dilakukan dengan mengharuskan Anda untuk menjaga keseimbangan tubuh dengan baik. Latihan keseimbangan badan ini berguna untuk memperbaiki postur tubuh sehingga akan meminimalisir risiko mengalami pembengkokan tulang belakang.
 

3. Membuat Anda Menjadi Tidak Rentan Cedera 

Manfaat senam irama satu ini berkaitan dengan kelenturan yang diciptakannya ketika Anda rutin melakukan gerakan-gerakan senam irama.  Rutin melakukan gerakan senam irama akan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel sehingga menjadi jarang mengalami cedera, meski harus melakukan aktivitas yang berat.
 

4. Menjaga Kesehatan Tulang


Senam irama ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan ketika Ada sedang melakukan gerakan senam irama maka tubuh akan bertumpu sendiri sehingga berguna untuk menopang beban tubuh. Secara tidak langsung, kondisi ini akan membantu tulang Anda menjadi tetap bugar dan pastinya akan mencegah kerapuhan tulang.
 

5. Menguatkan Otot 

Melakukan senam irama secara otomatis akan membuat otot-otot menjadi lebih lentur dan juga kuat. Pada saat otot menjadi lentur dan kuat berarti akan mampu meningkatkan jangkauan gerak tubuh, mencegah tubuh mengalami kaku maupun cedera ketika sedang melakukan aktivitas yang berat.
 

6. Membakar Kalori

Setiap gerakan senam irama yang dilakukan membutuhkan keluwesan, keseimbangan tubuh dan kelincahan. Hal ini sangat bermanfaat untuk kebugaran karena bisa membantu membakar kalori berlebih dalam tubuh. Ketika menjalankan senam ini maka fisik akan selalu bergerak dan hampir tidak terputus dari gerakan satu ke gerakan lainnya. Ini berarti jika rutin menjalankan senam irama maka Anda akan memiliki berat badan yang ideal.
 

7. Memperbaiki Bentuk Fisik

Ada banyak manfaat yang akan Anda rasakan jika rutin menjalankan jenis senam ini, salah satunya bisa memperbaiki bentuk fisik. Senam irama ini akan berfungsi untuk mengencangkan otot tubuh, terutama otot yang ada di bagian lengan, pinggul, paha dan perut. Jika Anda ingin memiliki bentuk fisik tubuh yang bagus dan proporsional maka lakukan senam ini secara rutin. 
 

8. Meningkatkan Kerja Jantung 

Manfaat selanjutnya dari senam irama ialah bisa meningkatkan kerja jantung. Seperti yang diketahui jika gerakan dalam senam ini ada yang bertempo lambat dan cepat. Gerakan-gerakan tersebut secara tidak langsung akan membantu jantung dalam memompa darah. 

Saat melakukan gerakan senam irama dalam tempo cepat maka kerja jantung akan meningkat. Sebaliknya gerakan dalam tempo lambat akan membuat kerja jantung juga ikut melambat. Artinya senam irama ini bisa berguna untuk menyeimbangkan kerja jantung.  

Nah itulah informasi tentang manfaat senam irama bagi kebugaran jasmani. Bagi Anda yang ingin memiliki kebugaran jasmani yang baik sebaiknya rutin melakukan senam ini. Terlebih gerakan senam irama sangat mudah untuk dilakukan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis keolahragaan dari Daya.id seputar senam irama dan cara melakukannya yang tepat. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!         

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber
 

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS