Dirilis

13 April 2022

Penulis

Liza Rahayu

Frugal Living atau gaya hidup hemat adalah suatu konsep cara hidup hemat dengan menjadikan seseorang sebisa mungkin menahan keinginan dan lebih memprioritaskan kebutuhan. Dilansir dari populix.co, frugal living adalah gaya hidup hemat yang fokus pada kesadaran dalam pengeluaran dan mampu mengontrol pengeluaran tersebut sesuai dengan skala prioritas. 

Istilah frugal living kembali menjadi tren di kalangan generasi muda saat ini. Namun sebenarnya gaya hidup frugal living ini sudah diterapkan sejak dahulu, tetapi dengan istilah yang berbeda. Jika dilihat dari arti Bahasa, frugal berarti hemat dan living berarti hidup, sehingga frugal living ini mempunyai arti gaya hidup hemat.

Konsep frugal living semakin popular sejak pandemi COVID-19, karena seperti yang Anda tahu, pandemi telah memberi dampak buruk terhadap kondisi perekonomian sebagian orang, dan memaksa mereka mulai melakukan gaya hidup hemat untuk bisa mencukupi kehidupan sehari-hari. 

Tapi, walau Anda tidak mengalami kesulitan keuangan yang berarti selama pandemi ini, hidup hemat ala frugal living tetap merupakan sesuatu yang menarik untuk dilakukan. Karena frugal living bisa juga diartikan sebagai konsep dimana seseorang sepenuhnya menyadari betul keputusan dalam mengelola keuangan, dan lebih memprioritaskan kebutuhan dibandingkan dengan gaya hidup. 

Frugal living berbeda dengan gaya hidup minimalis. Frugal living lebih menekankan bagaimana memperoleh sesuatu dengan harga yang hemat namun tetap mempunyai kualitas, atau dengan kata lain barang tersebut harus mempunyai value for money. Sementara minimalis lebih fokus mempunyai lebih sedikit barang.

 

Tips Menerapkan Hidup Hemat ala Frugal Living

Jika Anda ingin mencoba, berikut adalah beberapa tips cara menerapkan frugal living:

    

1.    Kelola Pengeluaran

Pada saat menerapkan gaya hidup frugal living ini, mulailah dengan membuat perencanaan keuangan. Hal termudah adalah dengan mulai mencatat berapa uang yang dibelanjakan dan mengkategorikan pengeluaran tersebut. Setelah itu atur cashflow dengan membuat anggaran keuangan, yaitu dengan melihat cashflow alur pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Dengan cerdas dalam mengatur keuangan, akan dapat megalokasikan sisa dana ke tabungan atau ke kebutuhan lainnya.

 

2.    Membayar Utang

Apabila Anda memiliki utang, jadwalkan pembayaran utang Anda dengan tepat dan jangan menundanya. Hal ini dapat menghemat uang Anda, karena dengan tidak menunda pembayaran utang, Anda tidak akan terkena denda ataupun beban bunga yang tinggi. Selain itu fokuslah dalam menyelesaikan utang Anda agar utang dapat segera selesai sehingga dana yang Anda punyai dapat digunakan untuk menabung atau hal-hal yang lebih diperlukan.

 

3.    Dapat Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Salah satu cara agar dapat menerapkan gaya hidup frugal living adalah dapat membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Hidup hemat berarti harus bisa menahan diri untuk membeli keinginan. Pikirkan matang-matang untuk memutuskan apakah benar-benar dibutuhkan atau hanya sekadar mengikuti tren saja. Dengan berhemat, dana yang dipunyai harus dialokasikan untuk kebutuhan terlebih dahulu, contohnya untuk perumahan, transportasi, dan makanan.

Baca juga: mengetahui lebih jauh peluang keuntungan investasi emas

 

4.    Hilangkan Rasa Gengsi dan Status Sosial

Dalam menerapkan gaya hidup frugal living, janganlah malu untuk hidup berhemat dan hidup apa adanya. Tidak perlu pusing memikirkan untuk memenuhi ekspektasi orang lain dengan membeli barang yang sangat mahal, demi untuk bisa menaikkan status sosial. Frugal living berarti harus siap dengan gaya hidup hemat tanpa memedulikan perkembangan tren yang sedang terjadi dan merasa nyaman di luar kondisi konsumerisme.

 

5.    Opsi Barang Bekas

Salah satu cara gaya hidup frugal living adalah berbelanja barang bekas yang tetap berkualitas. Membeli barang bekas adalah salah satu tips hidup hemat, namun menjalani frugal living bukanlah berarti membeli barang murah dengan tidak melihat kualitas barang tersebut. Frugal living di sini adalah hemat dalam membeli barang namun tetap mementingkan kualitas barang. 

 

6.    Meal Preparation

Salah satu pengeluaran terbesar kita adalah makanan. Dalam menerapkan frugal living biaya makan sangat bisa ditekan pengeluarannya. Salah satu caranya adalah merencanakan makanan untuk beberapa hari kedepan agar bisa terukur biaya pengeluaran makanan. Bagi karyawan kantor, salah satu caranya adalah bisa mempersiapkan bekal makanan yang dipersiapkan dari rumah, mencoba menu baru dari bahan baku yang ada dirumah, atau memanfaatkan promo-promo yang tersedia.

Baca juga: 3 kiat mengatur keuangan pribadi di masa pandemi covid-19

Setelah membahas contoh dan cara menerap gaya hidup frugal living, maka kita ketahui bahwa frugal living lebih mengedepankan cara hidup hemat serta mementingkan kebutuhan dibandingkan keinginan. Dengan menjalani gaya hidup frugal living, Anda dapat merasakan pengalaman bagaimana menghargai kehidupan lebih baik, karena Anda dapat menerapkan penghematan keuangan untuk masa depan Anda yang lebih baik. 

Untuk informasi artikel lainnya seputar keuangan atau gaya hidup, Anda juga dapat berkonsultasi gratis pada mitra ahli kami di fitur Tanya Ahli, dengan mendaftar di halaman registrasi. Semua informasi artikel menarik bisa diakses dengan sangat mudah dan kapan saja. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS