Dirilis

10 Agustus 2022

Penulis

Alviko Ibnugroho

Belakangan ini pasti Anda sering mendengar istilah crazy rich bukan? Entah itu di berita maupun di media sosial. Sosok crazy rich ini sendiri lekat dengan image seseorang yang memiliki kekayaan berlimpah, punya mobil dan rumah super mewah, bahkan memiliki bisnis yang sukses. 

Dengan harta yang cukup melimpah, kehidupan mereka sebagai ‘orang terkaya’ akan menjadi pusat perhatian masyarakat, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Sosok crazy rich ini sering kita temukan di kalangan artis atau public figure, misalnya Raffi Ahmad dan Atta Halilintar. Namun tak jarang juga sosok crazy rich yang kita temukan, berasal dari kalangan masyarakat biasa yang memang jarang terekspos oleh publik.

Biasanya, seorang dikatakan sebagai crazy rich karena sering menampilkan kekayaan yang mereka miliki di media sosial. Padahal, belum tentu mereka memiliki keadaan finansial yang benar-benar sehat. Tidak sedikit juga kita temukan beberapa public figure yang terjerat kasus saat ini. 

Beberapa ahli menjelaskan bahwa, arti kaya yang sesungguhnya bukan dari apa yang ditampilkan atau dipamerkan oleh seseorang, tapi dari kebebasan waktu dan finansial yang dimiliki orang tersebut.

 

Apa Makna Sesungguhnya dari Crazy Rich? 

Menurut pakar perencanaan keuangan, seseorang dapat dikatakan sangat kaya atau crazy rich karena mereka memiliki ciri seperti berikut.

 

1.    Mereka Tidak Membahas Kekayaan, Melainkan Hanya Membahas Bagaimana Cara Menambah Kekayaannya

Seorang crazy rich sesungguhnya justru tidak tertarik membahas kekayaan miliknya. Sebaliknya, orang yang hanya berpura-pura kaya, biasanya selalu bersemangat atau malah melebih-lebihkan kekayaannya kepada orang lain.

Crazy rich sesungguhnya lebih tertarik membahas bagaimana caranya agar bisa menambahkan pundi-pundi kekayaan. Karena itulah, yang biasanya mereka tunjukan adalah besarnya bisnis mereka, prestasi, atau bahkan peluang-peluang menguntungkan untuk menambah kekayaan.

 

2.    Memiliki Kebiasaan Menabung

Bagi crazy rich sesungguhnya, menabung merupakan suatu kewajiban, bukan pilihan. menabung bagi orang kaya sungguhan adalah hal wajib yang harus dilakukan  bahkan ketika mereka sudah mempunyai banyak aset sekalipun.

Hal ini berbeda dengan orang yang hanya berpura-pura kaya, mereka justru lebih senang menghabiskan  uangnya untuk hal-hal yang bersifat konsumtif ketimbang ditabung. Orang dengan tipe ini, akan kesulitan saat menghadapi kebutuhan yang mendesak tetapi uangnya sudah habis terpakai.

 

3.    Fokus Pada Investasi Bukan Sekedar Berperilaku Konsumtif

Pada kasus ini, kita bisa berkaca pada konglomerat Indonesia. Mereka sebagai pemilik suatu perusahaan besar pun masih berpikir untuk membuka bisnis baru di bidang lain. Mereka akan terus memutar otak untuk mengembangkan kekayaannya dengan berinvestasi di berbagai bidang, dibanding hanya sekedar menghabiskan untuk kebutuhan konsumtif semata.

Sementara bagi orang yang pura-pura kaya mereka akan merasa tidak tertarik jika diajak berbicara serius terkait investasi, bisnis ataupun peluang usaha.

 

4.    Hemat Pangkal Kaya

Bagi para crazy rich sesungguhnya, peribahasa “hemat pangkal kaya” benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Bagi mereka, tidak semata-mata karena mempunyai uang banyak lalu bebas membeli barang tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Berbeda dengan mereka yang berpura-pura kaya, yang terkadang sering membeli sesuatu atas dasar keinginan sesaat.

 

5.    Mempunyai Passive Income dari Asetnya

Rata-rata seorang crazy rich akan fokus untuk terus mengembangkan nilai aset atau kekayaannya. Mereka merasa perlu untuk terus meningkatkan apa yang sudah dicapainya saat ini dengan mengembangkan usahanya, serta terus belajar meningkatkan kemampuannya dalam memupuk penghasilan dan kekayaan mereka.

 

Cara Mengevaluasi Keuangan Pribadi Agar Dapat Meningkatkan Kekayaan


Setelah kita mengetahui tipe karakter seorang crazy rich, muncul pertanyaan bagaimana kita sebagai masyarakat umum, jika ingin melakukan evaluasi keuangan pribadi agar dapat meningkatkan kekayaan. Berikut tiga langkah yang bisa Anda lakukan!

 

1.    Evaluasi Cash Flow Anda

Pondasi utama dalam membangun kekayaan adalah memiliki arus kas yang bagus setiap bulannya. Alur kas yang bagus adalah jika cash flow anda positif atau surplus artinya besarnya pendapatan jauh lebih besar dibandingkan besarnya pengeluaran Anda. Silakan lakukan evaluasi cash flow Anda dan pastikan kondisi cash flow Anda positif.

 

2.    Evaluasi Aset Anda

Coba dilihat kembali, apakah Anda masih memiliki kewajiban (utang)? Jika masih, apakah utang tersebut sudah mulai menurun nilainya dibandingkan tahun lalu atau malah meningkat jumlahnya? Lihat kembali jenis hutang tersebut, apakah hutang produktif (misalnya hutang KPR, hutang modal usaha) atau malah hutang konsumtif. Evaluasi juga apakah ada penambahan atau pengurangan aset ditahun ini? Apakah perlu melakukan alokasi aset? Hal tersebut wajib dilakukan agar kekayaan Anda bertumbuh dengan baik.

 

3.    Evaluasi Tabungan dan Investasi Anda

Untuk tabungan dan investasi baiknya ada evaluasi tersendiri, mengapa? Karena instrumen ini bergerak dengan cepat dan bahkan fluktuatif. Maka diperlukan evaluasi setiap bulannya (minimal 6 bulan sekali). Pastikan apakah instrumen tabungan dan investasi Anda masih aman dan tidak berisiko? Pelajari situasi perekonomian agar Anda bisa melakukan alokasi investasi ke instrumen lain yang lebih baik atau lebih aman di masa sekarang ini. 

 

Ingin Memiliki Kekayaan Seperti Crazy Rich? Berikut Langkahnya!

Selanjutnya muncul pertanyaan, bagaimana caranya jika kita ingin memiliki dan membangun kekayaan seperti para crazy rich? Berikut beberapa ide yang bisa Anda lakukan agar bisa seperti crazy rich.

 

1.    Bisnis Online

Anda bisa memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini sebagai sumber kekayaan Anda. Salah satunya dengan bisnis online. Misalnya Anda bisa menjadi penulis blogger, berjualan pakaian, elektronik, bahkan makanan dan minuman secara online.  Anda bisa memanfaatkan media sosial maupun e-commerce yang saat ini sedang marak di Indonesia.

 

2.    Bisnis di Bidang Industri Kreatif

Masih memanfaatkan perkembangan teknologi, Anda juga bisa mencoba pekerjaan di bidang industri kreatif. Misalnya iseng-iseng menjadi youtuber, selebgram, atau influencer di media sosial. Tanpa membutuhkan banyak modal, Anda hanya perlu berpikir kreatif dan konsisten dalam dunia ini. Semakin Anda memiliki banyak followers, akan meningkat juga bayaran yang bisa Anda dapatkan.

 

3.    Bisnis Kuliner dan Franchise

Salah satu bisnis yang tidak akan mati adalah bisnis kuliner. Karena pada dasarnya makanan adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi manusia. Kunci utama kesuksesan bisnis kuliner tentunya adalah cita rasa dan kualitas, sehingga Anda harus memastikan hal tersebut terlebih dahulu.

Jika Anda memiliki modal namun ingin menjalankan usaha yang minim risiko, Anda bisa memilih bisnis franchise. Ada banyak kelebihan dalam menjalankan bisnis ini, salah satunya adalah brand yang sudah dikenal oleh masyarakat.

 

4.    Menjadi Trader

Di era sekarang ini banyak opsi untuk menjadi trader, mulai dari mata uang asing alias forex, saham atau perdagangan di bursa, aset investasi kripto, dan lainnya. Kelebihan trader ialah tidak dibatasi oleh waktu dan Anda dapat memulai aktivitas sebagai trader dengan modal yang lebih minim dibandingkan berbisnis. Namun, tentunya Anda harus jeli dan berhati-hati dalam memilih jenis trading yang ingin Anda lakukan.

Intinya, arti dari crazy rich yang sesungguhnya tidak hanya dapat dilihat dari apa yang dipamerkan oleh seseorang. Melainkan kebebasan waktu serta finansial. Seseorang dapat menampilkan dirinya sebagai individu yang bergelimang harta walaupun kondisi finansial tidak sehat, dan ada seseorang yang memang memiliki kekayaan begitu banyak namun tetap tampil sederhana dan fokus pada bagaimana agar kekayaannya berkembang. Selanjutnya, silakan Anda menentukan akan menjadi sosok yang mana.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait bagaimana mengatur keuangan pribadi Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

15 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Wullan Nurhartati Minanda

30 September 2023

artikel ini mempunyai insight yang baru, diantaranya ada makna crazy rich membuka ilmu baru bahwa crazy rich itu tidak buruk tidak spt stereotype yang ada di masyarakat. Tentunya membahas mengenai cara mengevaluasi keuangan pribadi agar dapat meningkatkan kekayaan, tips n trik berguna sekali apalagi untuk kita yang ingin memulai kehidupan yang lebih serius. Membahas juga mengenai langkah untuk memiliki spt crazy rich, ini berguna sebagai kita mahasiswa bisnis jg.

Balas

. 0

Assyfa Dwi milany

30 September 2023

waah artikel ini sangaat menarik dan insightful untuk aku khususnya yang ingin menjadi crazy rich dan melek terhadap financial sejak dini

Balas

. 0

Audra Puti Zurachma

30 September 2023

Artikel ini sangat menarik dan banyak tips-tips yang bermanfaat terutama bagi saya sendiri. Beberapa Langkah yang diberikan pun ada yang udah saya terapkan yaitu evaluasi cash flow. Sebisa mungkin pemasukan lebih banyak dibandingkan dari pengeluarannya. Karena ini menjadi salah satu yang berat untuk dilakukan :( jadi dibiasain untuk sebisa mungkin cashflownya positif. Tabungan dan investasi pun tetap aman karena instrumennya dengan resiko kecil dan hanya untuk menghindari inflasi. Setuju banget dengan informasi-informasi yang diberikan. Good article👍🏻 Thanks!

Balas

. 0

Imam Purnomo Shidiq

30 September 2023

Artikel ini sangat bermanfaat dan membuka cara pandang saya menjadi lebih positif. Penggunaan istilah \"crazy rich\" cukup menarik dan membuat penasaran. Dapat dipahami bahwa orang yang kaya sungguhan biasanya memiliki sifat dan kebiasaan yang lebih arif, seperti hemat, rajin menabung, dan fokus pada investasi dibanding hal yang bersifat konsumtif. Tips yang dibagikan juga cukup membantu saya untuk untuk mengevaluasi keuangan pribadi. Ada juga pekerjaan atau langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kita bisa menjadi \"crazy rich\", hal ini bisa menjadi solusi dari bayangan saya terhadap pekerjaan konvensional yang terancam punah di masa depan. Konten dari artikel ini sangat informatif dan inspiratif, serta membuka mata saya untuk mengevaluasi keuangan dan mengarahkan untuk membangun aset di masa depan. Terima kasih daya.id!

Balas

. 0

Imam Purnomo Shidiq

30 September 2023

Artikel ini sangat bermanfaat dan membuka cara pandang saya menjadi lebih positif. Penggunaan istilah \"crazy rich\" cukup menarik dan membuat penasaran. Dapat dipahami bahwa orang yang kaya sungguhan biasanya memiliki sifat dan kebiasaan yang lebih arif, seperti hemat, rajin menabung, dan fokus pada investasi dibanding hal yang bersifat konsumtif. Tips yang dibagikan juga cukup membantu saya untuk untuk mengevaluasi keuangan pribadi. Ada juga pekerjaan atau langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kita bisa menjadi \"crazy rich\", hal ini bisa menjadi solusi dari bayangan saya terhadap pekerjaan konvensional yang terancam punah di masa depan. Konten dari artikel ini sangat informatif dan inspiratif, serta membuka mata saya untuk mengevaluasi keuangan dan mengarahkan untuk membangun aset di masa depan. Terima kasih daya.id!

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS