Dirilis

03 September 2020

Menabung adalah hal yang paling penting dalam hidup. Meski sangat bermanfaat untuk kestabilan keuangan tapi masih banyak juga orang yang belum mau menabung di bank dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah karena belum tahu bagaimana cara menabung di bank. Padahal caranya mudah dan praktis, apalagi menabung di bank ini sangat aman untuk dilakukan. 

Sebelum benar-benar menabung di bank, ada baiknya Anda mengetahui dahulu apa saja perbedaan antara menabung dengan investasi, dan apa saja keuntungan dari keduanya. Jadi, selain menabung, Anda bisa juga bisa melakukan investasi yang juga memberi keuntungan.

Cara Menabung di Bank untuk Pemula 

Ilustrasi kurs uang untuk menabung di bank

Sebenarnya langkah-langkah menabung di bank sangat mudah dilakukan. Namun bagi Anda yang kurang begitu paham, berikut adalah panduan bagaimana cara untuk menabung di bank untuk pemula, terutama jika Anda ingin menabung di bank konvensional dengan cara datang ke kantor cabang bank bersangkutan:

1. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menabung adalah mempersiapkan dahulu dokumen yang nanti dibutuhkan untuk membuat rekening bank. Misalnya KTP/SIM/kartu mahasiswa atau pelajar. Kemudian persiapkan juga dokumen lainnya misalnya NPWP atau KK, karena ketentuan setiap bank biasanya berbeda-beda. 

2. Menyiapkan Uang Tunai

Setelah itu Anda akan diminta untuk menyetorkan sejumlah uang tunai dengan ketentuan batas minimum, yang dimana jumlah setiap bank juga berbeda-beda. Misalnya pada Bank BCA dan Mandiri jumlah minimalnya Rp500.000 sedangkan BRI Rp250.000. Setoran awal ini akan disimpan di rekening tabungan Anda.

3. Datang ke Bank Tujuan yang Dipilih 

Untuk mengurus administrasi pembuatan rekening ini sebaiknya datang langsung ke bank, terutama jika Anda menabung di bank konvesional bukan bank digital. Dengan begitu proses pembuatan rekening bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda bisa memilih lokasi bank yang paling dekat dengan tempat tinggal. 

4. Mengambil Nomor Antrian

Datang ke bank dan ambil nomor antrian, biasanya satpam di bank tersebut akan membantu Anda dalam mengambil nomor antrian tersebut. Setelah membawa nomor antrian, silahkan tunggu sampai nama Anda dipanggil oleh Customer Service (CS) bank untuk proses pembuatan rekening tersebut.

5. Proses Membuka Rekening

CS bank akan memanggil Anda dan meminta persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan rekening, yang telah Anda persiapkan tadi. Pembuatan rekening ini bersamaan dengan pembuatan kartu ATM.

6. Memilih Produk Tabungan yang Sesuai dengan Preferensi Masing-masing 

Setelah itu CS akan memberikan pilihan produk tabungan apa saja yang bisa Anda pilih, dan apa saja keuntungan dari masing-masing tabungan tersebut. Jika CS sudah menjelaskan produk tabungan tadi, kini saatnya untuk Anda memilih produk tabungan apa yang Anda butuhkan. Fitur lainnya selain ATM ketika membuka rekening ini cukup beragam, misalnya internet banking dan mobile banking yang akan memudahkan Anda dalam proses transfer uang.

Pilihan Cara Menabung di Bank

Pilihan cara menabung di bank lewat teller

Setelah berhasil membuat nomor rekening, Anda bisa menabung di bank dengan berbagai cara. Berikut pilihannya:

1. Menggunakan Slip Setoran

Cara ini dilakukan untuk Anda yang datang langsung ke bank, dan menabung secara langsung dengan memasukkan uang tunai di rekening Anda lalu Anda akan diberikan slip setoran sebagai bukti bahwa uang sudah masuk.

2. Melakukan Transfer

Jika Anda ingin mentransfer atau menerima transfer bisa menggunakan ATM, e-banking dan m-banking tadi.

3. ATM Setor Tunai

Anda juga bisa menabung dengan metode setor tunai. Setor tunai dilakukan dengan cara memasukkan uang ke dalam mesin ATM khusus uang tunai, sehingga Anda tak perlu antri di Bank.

Itulah panduan cara menabung di bank yang bisa menjadi referensi bagi para pemula. Sebenarnya, selain melalui bank konvensional, ada cara lain yang lebih memudahkan Anda dalam menabung. Anda dapat menggunakan produk tabungan BTPN Jenius. Cara menabung dengan Jenius ini bisa dilakukan melalui aplikasi tanpa harus pergi ke bank. Dengan begitu proses menabung Anda bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

Setelah bisa menabung di bank, Anda harus mengetahui tentang bagaimana tips-tips mengatur keuangan yang benar bagi kehidupan. Di daya.id ada berbagai informasi yang bermanfaat terkait dengan keuangan yang bisa dibaca secara tak terbatas setiap harinya. Caranya hanya dengan daftar di Daya.id dan Anda akan memiliki akses untuk membaca semua informasi secara gratis dan tanpa batas.

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aprilliani Hariastuti

20 Desember 2020

Thank you daya.id artikel ini membuat aku ingin menabung di Bank

Balas

. 0

Mohammad Ludfi

20 Desember 2020

Keren banget artikelnya, semangat terus ya membuat artikel yang menarik dan berguna kayak gini

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS