Dirilis

03 Maret 2024

Penulis

Lucky Lombu

Ada beberapa cara mendapatkan modal untuk memulai bisnis. Salah satunya adalah dengan mencari investor. Tapi, tentu tidak semudah itu menemukan investor yang mau memodali ide bisnis Anda. Anda harus bisa menyakinkan calon investor jika ide bisnis Anda layak untuk mendapat investasi.

Nah, untuk membantu Anda menemukan investor, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan.

 

8 Tips Menemukan Investor untuk Memulai Bisnis

Anda harus yakin dengan ide bisnis Anda, Anda harus yakin bahwa ide bisnis Anda bisa sukses. Jika Anda sendiri masih ragu, bagaimana mungkin Anda bisa menyakinkan orang lain untuk berinvestasi di ide bisnis Anda.

Nah, salah satu cara meyakinkan diri Anda sendiri bahwa ide bisnis Anda akan berhasil, adalah dengan menghitung berbagai kemungkinan dan membuat perencanaan bisnis. Coba gunakan business model canvas untuk membantu Anda memetakan bisnis yang akan Anda buat. 

Kenapa ini penting Anda lakukan? Karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda bisa bertemu dengan calon investor dan apa pertanyaan dari mereka yang harus Anda jawab dengan meyakinkan.

Selain soal meyakinkan diri sendiri, di bawah ini ada beberapa tips lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk menemukan investor yang mau memodali ide bisnis Anda.

 

1. Rencanakan dan Persiapkan Bisnis Anda

Seperti yang kita bahas di atas, sebelum mencari investor, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan bisnis Anda secara rinci. Buatlah rencana bisnis yang solid yang mencakup visi, misi, model bisnis, strategi pemasaran, proyeksi keuangan, dan rencana pengembangan bisnis Anda. Investor akan lebih tertarik jika mereka melihat bahwa Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang bisnis Anda dan memiliki rencana yang jelas untuk mengembangkannya.

 

2. Kumpulkan Data dan Bukti Konsep

Untuk meyakinkan investor bahwa bisnis Anda layak untuk mendapatkan investasi, Anda perlu mengumpulkan data dan bukti konsep yang relevan. Ini bisa berupa riset pasar yang menunjukkan potensi pasar untuk produk atau layanan Anda, bukti konsep jika Anda sudah memiliki prototipe atau produk yang dapat diuji, serta peluang pertumbuhan yang dapat diukur. Semakin kuat bukti yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda untuk menarik minat investor.

 

3. Jaringan dan Hubungi Investor Potensial

Manfaatkan jaringan Anda untuk mencari investor potensial. Ini bisa melibatkan teman, keluarga, rekan kerja, atau bahkan acara jaringan bisnis lokal. Jangan ragu untuk berbicara tentang ide bisnis Anda dan menanyakan apakah ada yang tertarik untuk berinvestasi. Jaringan adalah salah satu sumber potensial untuk mendapatkan investor, jadi pastikan Anda memanfaatkannya sebaik mungkin.

 

4. Hadiri Acara dan Presentasikan Ide Anda

Seringkali, hadir di acara atau pertemuan bisnis dapat membuka pintu bagi kesempatan untuk bertemu dengan investor potensial. Carilah acara atau pertemuan yang relevan dengan industri atau bisnis Anda, dan siapkan pitch singkat dan menarik tentang bisnis Anda. Pastikan Anda dapat menjelaskan dengan jelas apa yang membuat bisnis Anda unik dan mengapa nilainya layak untuk diinvestasikan.

 

5. Gunakan Platform Crowdfunding

Platform crowdfunding bisa menjadi cara yang efektif untuk mengumpulkan dana dari masyarakat umum. Pastikan untuk memiliki strategi pemasaran yang kuat untuk menarik perhatian calon pendukung. Ceritakan kisah Anda dengan menarik, tunjukkan prototipe atau contoh produk Anda, dan berikan imbalan kepada para pendukung sebagai bentuk apresiasi atas dukungan mereka.

 

6. Cari Investor Berpengalaman

Selain mencari investor yang menyediakan modal, cobalah untuk mencari investor yang juga dapat memberikan pengalaman, koneksi, dan saran yang berharga. Investor yang berpengalaman dalam industri atau bidang yang relevan dapat memberikan nilai tambah yang besar bagi bisnis Anda. Mereka mungkin lebih tertarik untuk berinvestasi jika melihat potensi dalam bisnis Anda dan percaya bahwa mereka dapat membantu Anda mencapai kesuksesan.

 

7. Ajukan Proposal dengan Jelas dan Komprehensif

Ketika menghubungi investor potensial, pastikan proposal Anda jelas, komprehensif, dan menarik. Jelaskan dengan rinci bagaimana bisnis Anda akan menghasilkan keuntungan, bagaimana Anda akan menggunakan dana yang diberikan, dan mengapa mereka harus berinvestasi pada bisnis Anda. Sertakan juga informasi tentang tim Anda, visi jangka panjang bisnis Anda, dan potensi pertumbuhan di masa depan.

 

8. Tetaplah Konsisten dan Bersabar

Mendapatkan investor bisa memakan waktu, jadi tetaplah konsisten dalam upaya Anda dan bersabarlah. Terus tingkatkan rencana bisnis Anda, jaringan dengan orang-orang yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda, dan jangan menyerah meskipun menghadapi penolakan. Setiap penolakan adalah peluang untuk belajar dan meningkatkan diri. Dengan ketekunan dan kesabaran, Anda akan menemukan investor yang tepat untuk mendukung bisnis Anda.

Mendapatkan investor untuk mendukung ide bisnis Anda adalah langkah penting dalam memulai dan mengembangkan bisnis. Dengan merencanakan bisnis Anda secara baik, mengumpulkan bukti konsep yang kuat, memanfaatkan jaringan Anda, dan mengikuti tips-tips praktis yang telah kita bahas di atas, Anda bisa meningkatkan peluang Anda untuk berhasil mendapatkan investor. Jaga semangat Anda, tetap konsisten mengupaya mimpi Anda, dan jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia. Dengan tekad dan kerja keras, semoga Anda berhasil mendapatkan modal yang Anda butuhkan untuk mewujudkan impian bisnis Anda.

Jika Anda butuh saran lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan pendamping UMKM di Tanya Ahli. Pastikan Anda sudah mendaftar untuk akses gratis ke seluruh fitur Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

13 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Joshua Agustinus Panggabean

01 January 1970

Terima kasih

Balas

. 0

EGON MARTIN

01 January 1970

Siipp dahh?

Balas

. 0

EGON MARTIN

01 January 1970

Sangatt menginspirasi Artikelnya Daya ID?

Balas

. 0

Aisyah Kurnia Fitri

01 January 1970

?

Balas

. 0

Aisyah Kurnia Fitri

01 January 1970

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS