Dirilis

10 November 2022

Penulis

Regina Waisimon

Sebuah bisnis yang dirintis dari bawah, ibaratnya seperti membesarkan seorang anak, dimana Anda harus merawat, menjaga, mendidik dan memantau masa tumbuh kembangnya. Tapi, pada saatnya nanti, Anda pasti akan pensiun dan menyerahkan bisnis Anda kepada penerus Anda. Lalu, bagaimana Anda bisa mempersiapkan warisan usaha untuk generasi penerus yang lebih bahagia?

Baca Juga: Persyaratan Membuat Surat Keterangan Ahli Waris


 

Perhatikan Ini Jika Mewariskan Bisnis

Sebagai seorang pembisnis yang telah merintis bisnisnya dari nol, pasti Anda berharap bahwa anak Anda atau generasi penerus dari keluargalah yang akan mewariskan bisnis yang dijalankan selama ini. Namun, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan dengan baik agar siapa pun nanti yang mewariskan bisnis Anda tetap mampu mempertahakan bisnis tersebut dan memiliki rasa bahagia dalam menjalankannya.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan antara lain:

 

1.    Motivasi dan Minat Penerus

Sebagai pemilik bisnis, Anda mampu mengukur tingkat kompetensi dan hasrat anak-anak Anda atau ahli waris lain dalam bisnis ini secara obyektif. Beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab agar tidak salah dalam menentukan sang ahli waris bisnis, diantaranya: 

  • Apakah ahli waris Anda memiliki motivasi dan minat untuk memajukan perusahaan, atau mereka ternyata hanya didorong oleh nafsu semangat muda semata? 
  • Apakah ahli waris Anda memiliki potensi dan bersedia dipersiapkan untuk menjadi pribadi yang kuat, tangguh, mapan dalam mewujudkan keberhasilan bisnis selanjutnya


Kenapa pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat perlu Anda jawab? Karena hal itulah yang mendorong kepemimpinan bisnis, mendorong kemajuan perusahaan dan membantu para ahli waris ini dalam menghadapi masa-masa sulit di depannya nanti. 

 

2.    Memiliki Bakat dan Rasa Tanggung Jawab

Anak yang pintar, cerdas bahkan brilian itu sangat banyak, namun apakah mereka termasuk dalam golongan pebisnis yang cerdik. Anda pasti sangat paham betul bagaimana lika-liku menjalan bisnis hingga sampai berhasil seperti saat ini. Dalam mejalankan sebuah bisnis kepintaran saja tidak cukup, dibutuhkan kombinasi antara disiplin dan komitmen. Contohnya iman, disiplin keuangan, perhatian detail dan manajemen waktu.
 
Oleh sebab itu Anda wajib mengetahui bakat dan rasa tanggung jawab dari masing-masing ahli waris Anda. Ketika Anda memiliki ahli waris lebih dari satu, maka Anda harus perhatikan kekuatan dari masing-masing ahli waris baik berdasarkan pendidikan, pengalaman dan bakat meraka. Jika Anda mampu menggabungkan mereka pada posisi yang tepat, maka Anda akan membuat sebuah tim kepemimpinan yang besar. 

 

3.    Adanya Komunikasi Dua Arah

Komunikasi dua arah adalah modal dasar dalam membangun kepercayaan sedari dini, maka biasakan Anda membicara semua topik tabu tanpa canggung dengan ahli waris Anda, seperti: uang, utang, piutang, perencanaan pensiun bahkan sampai tentang kematian. Hal ini akan mengajarkan ahli waris Anda untuk dapat berkomunikasi secara terbuka dan jujur, serta dapat membantu Anda dalam memperjelas prioritas keinginan Anda dalam merencana pensiun.

Biasakan untuk mendiskusikan segala hal yang Anda pikirkan dengan orang-orang yang Anda cintai serta meminta mereka untuk memberikan pendapat, saran atau masukan, karena tanpa disadari hal-hal tersebut akan membantu mempersiapkan ahli waris Anda bertanggungjawab dan menyadari cara mereka dalam bertransisi ke peran masa depan di bisnisnya.

 

4.    Mempersiapkan Calon Penerus 

Mengidentifikasi ahli waris untuk bisnis Anda akan lebih mudah jika tiga hal di atas sudah dilakukan sebelumnya, Pastikan pewaris Anda sudah siap secara mental, mulailah melibatkan mereka dengan pertanggungjawab pada beberapa hal, tergantung pada waktu, ukuran perusahaan dan bagaimana hal itu dikelola saat ini.

Selanjutnya Anda harus berpikir tentang rencana Suksesi berbasis kecakapan yang terus berpacu dengan pensiun atau Anda mulaimengurangi keterlibatan dalam proses sehari-hari. Pendekatan seperti ini akan lebih terukur untuk menyerahkan kendali, dan dapat membuat transisi yang mulus. Biarkan ahli waris Anda memiliki pengalaman bisnis kecil secara bertahap agar dapat menyesuaikan diri dengan bagaimana perusahaan dijalankan, mendapatkan pengalaman kepemimpinan yang berharga, sampai dengan mulai mampu mengenali peluang pasar baru.

 

5.    Memiliki Perencanaan 

Mentransfer bisnis dengan baik sebelum Anda pensiun biasanya memerlukan jasa pihak ketiga yang memiliki kekuatan hokum, dimana Anda harus berbicara dengan seorang pengacara yang mengkhususkan diri dalam perencanaan pensiun, hal ini dimaksudkan untuk memahami implikasi spesifik perpajakan, reorganisasi struktur manajemen bisnis, menilai aset, dan menanamkan kepercayaan kepada setiap orang yang terlibat dalam bisnisnya.

Perencanaan pensiun juga dapat menjadi waktu yang emosional bagi semua orang. Dimana ketika ada bisnis milik keluarga yang terlibat, suksesi kepemimpinan bisnis dapat meningkatkan stress bagi semua pihak. Akan tetapi dengan sedikit komunikasi dan perencanaan yang solid, Anda dapat dapat mengatasinya dengan baik, sehingga dapat memberikan kepada ahli waris, sebuah bisnis berkembang, yang akan terus menambah kesejahteraan bagi orang-orang yang Anda cintai.

Itulah informasi mengenai mempersiapkan warisan usaha untuk generasi penerus yang lebih bahagia, semoga dapat membantu dan membuat Anda memiliki rencana terbaik bagi ahli waris bisnis Anda kelak.

Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan Business Coach kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lagi tentang mengelola bisnis. Sedangkan untuk Informasi lainnya terkait keuangan, usaha serta gaya hidup sehat dapat Anda dapatkan secara gratis di daya.id. Jadi  tunggu apalagi segara daftarkan diri Anda dengan melakukan registrasi pendaftaran di daya.id, maka seluruh informasi tersebut dapat diakses dengan mudah dimana pun dan kapan pun.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

26 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

JUWENAH

05 December 2023

Sebenernya belum ada kepikiran kesana sih

Balas

. 0

Salamun

28 April 2023

Suka

Balas

. 0

Salamun

28 April 2023

Suka

Balas

. 0

Arrino Fatra

08 March 2023

Good info

Balas

. 0

EDY SUSANTO

14 February 2023

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 1000 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS