Dirilis

17 Oktober 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda coba. Mulai dari online shop, blogger, vlogger, jasa pembuatan website hingga mengikuti program affiliate. Bisnis afiliasi atau affiliate adalah salah satu bisnis online yang sangat menjanjikan dengan keuntungan yang cukup besar pula. Bisnis afiliasi juga dikenal dengan istilah affiliate marketing. 

 

Pengertian Affiliate dalam Affiliate Marketing 

Affiliate adalah pihak yang akan mendapatkan uang dengan menjadi salesperson untuk suatu perusahaan. Affiliate akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk biaya referral atau komisi setiap kali ada orang yang membeli produk yang ditawarkannya melalui promosi. Dimana nantinya affiliate akan mendapatkan link ataupun banner uang nantinya akan ditempatkan di websitenya. 

Affiliate marketing merupakan salah satu metode pemasaran digital, dimana Anda akan mendapatkan bayaran ketika ada orang yang membeli produk yang dipromosikan melalui link. Pengertian lain dari affiliate marketing adalah metode pemasaran dimana seseorang akan mendapatkan komisi ketika berhasil mempromosikan produk pedagang (merchant). Intinya, affiliate berfungsi untuk mempromosikan suatu produk. 

Metode pemasaran satu ini tidak hanya bisa diikuti oleh individu saja tetapi juga kelompok atau perusahaan.  Dalam metode ini ada beberapa pihak yang akan terlibat, antara lain:
 

1. Merchant 

Merchant juga sering disebut dengan nama creator atau brand. Apapun sebutannya, merchant merupakan pihak yang memegang kepemilikan atas suatu produk tertentu.

2. Affiliate 

Affiliate biasanya juga disebut sebagai publisher. Dimana affiliate ini memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain supaya membeli suatu produk. Biasanya pihak ini adalah influencer instagram, blogger atau perusahaan yang menekuni bidang affiliate marketing.

3. Pelanggan 

Pelanggan merupakan pihak yang akan melakukan pembelian suatu priduk yang dipromosikan oleh affiliate. 

 

Strategi yang Diperlukan Oleh Affiliate 

Setelah mengetahui pengertian affiliate, selanjutnya akan disampaikan beberapa strategi yang diperlukan oleh affiliate agar bisa sukses menarik pelanggan. Berikut beberapa strategi tersebut:

1. Menerapkan SEO 

Strategi pertama yang bisa digunakan oleh affiliate adalah menerapkan SEO. Tujuannya supaya produk yang dipromosikan bisa menjangkau berbagai audience atau kalangan. Menggunakan SEO juga akan membuat peringkat blog dan juga postingan yang dibuat mendapatkan hasil yang bagus di mesin pencari. 

Selain itu, postingan akan muncul di pencarian yang terkait dengan target pasar yang ditentukan. Anda disarankan untuk menggunakan kata kunci atau keyword yang memiliki hubungan dengan produk yang dipromosikan. Setelah itu, Anda bisa menerapkan prinsip SEO. Lacak kenaikan trafik dan juga optimasi konten.

2. Menulis Konten Berkualitas 

Jika Anda ingin sukses menjadi seorang affiliate maka perlu membuat konten yang bagus. Hal ini dikarenakan konten yang bagus akan menarik perhatian para pembaca dan bisa menaikkan trafik website. Ini harus diperhatikan karena akan mempengaruhi besaran komisi yang akan diperoleh.

Merchant juga lebih suka menjalin kerjasama dengan content creator yang benar-benar memahami apa yang dilakukan. Tidak mengherankan jika merchant enggan menjalin kerjasama dengan blogger dengan konten berkualitas rendah. Maka dari itu, Anda harus membuat konten yang berkualitas supaya banyak yang tertarik.

3. Menggunakan Media Sosial 

Menjadi affiliate tidak cukup anya membuat konten berkualitas saja. Tetapi ada cara lain yang bisa dilakukan, seperti memanfaatkan keberadaan media sosial. Perlu diketahui jika media sosial merupakan salah satu tool pemasaran yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk membagikan postingan blog supaya mendatangkan banyak trafik. 



Nah itulah informasi tentang pengertian affiliate. Setelah membaca pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa affiliate adalah pihak yang akan mendapatkan uang dengan menjadi salesperson untuk suatu perusahaan dan mendapatkan pendapatan dari promosi yang dilakukan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bisnis afiliasi selengkapnya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

13 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Indra Mauliza

23 November 2021

Dipahami

Balas

. 0

Muhamad Trimanto

14 November 2021

Good

Balas

. 0

Agung subangkit

14 November 2021

Mantab

Balas

. 0

Agung subangkit

14 November 2021

Mantab

Balas

. 0

Riki Andrias

12 November 2021

Informatif

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS