Dirilis

12 Juli 2021

Penulis

Wulan

Di tengah kondisi pandemi saat ini semakin banyak orang yang mulai alih profesi menjadi wirausahawan. Kunci pertama agar sukses adalah gunakan strategi memulai usaha yang tepat dan efektif. Memulai dengan cara yang tepat sejak awal akan lebih berpotensi untuk berhasil dan bertahan terlebih lagi dalam kondisi persaingan usaha yang makin sengit saja sekarang ini.

Perencanaan yang matang disertai dengan strategi efektif membantu usaha Anda memenangkan persaingan pasar. Tanpa adanya perencanaan dan strategi usaha Anda akan berjalan layaknya sebuah kendaraan tanpa tujuan jelas.

Strategi Memulai Usaha dan Keuntungannya

strategi memulai usaha

Strategi untuk memulai usaha adalah upaya seseorang ataupun perusahaan untuk mengambil kebijakan serta pedoman dengan komitmen dan juga tindakan yang terintegrasi. Dimana tujuannya yaitu untuk membangun sebuah keunggulan dalam persaingan usaha serta guna memenuhi dan mencapai target usaha yang dituju.

Strategi usaha merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan sejak awal kalau Anda ingin bisa sukses. Mengapa demikian? Sebab, strategi tersebut akan menjadi penunjuk arah dan pedoman bagi usaha maupun perusahaan untuk mengidentifikasi pasar, kompetitor, pelanggan dan lain sebagainya. Beberapa keuntungan adanya strategi memulai usaha adalah:

  1. membantu mempertahankan fokus usaha terhadap tujuan usaha yang utama dan paling penting
  2. menjadi pedoman arah jalannya usaha
  3. dapat membantu memperluas dan mengembangkan usaha
  4. mendorong motivasi untuk memajukan usaha
  5. sebagai alat evaluasi jalannya usaha


Strategi untuk Memulai Usaha
 

beberapa strategi memulai usaha


Lalu harus dengan cara apa dan bagaimana Anda memulai usaha tersebut. Silahkan simak beberapa strategi dalam memulai usaha berikut ini.

1. Menentukan Jenis Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah menentukan jenis usaha apa yang akan Anda jalani. Anda bisa memilih jenis usaha yang sesuai dengan keahlian ataupun minat serta passion. Melakukan sesuatu yang sesuai dengan minat ataupun keahlian akan membuat Anda lebih nyaman dan bersemangat sehingga ketika ada hambatan tidak mudah menyerah begitu saja.

2. Lakukan Riset Pasar

Selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Setelah Anda menemukan dan menentukan jenis usaha yang akan dijalani lakukan riset pasar lebih dulu. Fungsinya adalah agar Anda bisa memetakan bagaimana peluang usaha tersebut, siapa target pasar terbesarnya, siapa saja kompetitornya dan lain-lain. Riset pasar membantu usaha Anda menemukan positioning yang tepat.
3. Alokasikan Modal dengan Tepat

Setiap usaha pasti membutuhkan modal. Karena itulah penting untuk membuat perhitungan dan alokasi modal secara tepat agar mendukung operasional usaha tersebut sebagaimana mestinya. Alokasi modal terdiri dari 2 hal yaitu capital expenses adalah modal untuk membeli peralatan. Yang kedua adalah operational expenses yang terdiri dari biaya listrik, gaji karyawan, sewa tempat dan sejenisnya.

4. Pilih Bahan Baku Berkualitas

Jangan mengecewakan konsumen sejak awal dengan pemilihan bahan baku yang seadanya. Cari dan pilih bahan baku berkualitas agar produk yang dihasilkan bagus sehingga bisa membuat konsumen tertarik. Anda bisa mencari supplier bahan baku berkualitas namun harganya lumayan murah.

5. Pilih Lokasi Usaha

Lokasi usaha menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda masukkan dalam strategi untuk memulai usaha. Sebagus apapun usaha Anda kalau tidak terjangkau oleh masyarakat akan jadi percuma saja. Tidak perlu buru-buru keluar modal untuk sewa tempat karena Anda bisa memulainya dari rumah. Terlebih lagi kalau lokasi rumah Anda cukup ramai dan dekat dengan jalan raya.

6. Promosi yang Efektif

Beritakan usaha Anda ke semua orang agar mereka tahu dan menjadi konsumennya. Bagaimana caranya? Gunakan saja media sosial. Hingga saat ini media sosial seperti Facebook, Instagram, WA, ataupun website bisa menjadi sarana promosi usaha yang efektif. Mengapa? Karena hampir semua kalangan masyarakat menggunakan dan mengaksesnya setiap hari.

Membuat dan menggunakan strategi memulai usaha akan memberikan pedoman bagi Anda bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut. Keuntungannya adalah Anda akan lebih mudah memenangkan persaingan pasar sehingga usaha bisa berkembang dan bertahan ditengah persaingan usaha. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar cara merintis usaha yang baik dan benar.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dioalah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Indra Mauliza

05 Desember 2021

Sipz

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS