Dirilis

23 Juni 2021

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Seperti halnya pemeriksaan laboratorium untuk memastikan sehat/tidaknya tubuh, laporan keuangan juga sangat penting untuk memastikan sehat/tidaknya kondisi usaha Anda.

Ada lho orang yang dari luar tampak sehat, namun mendadak tidak bisa berjalan karena stroke. Idealnya, hasil pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk mengetahui penyakit yang sudah dan mungkin terjadi di dalam tubuh, agar jika terjadi sesuatu, pencegahan bisa dilakukan lebih awal. 

Demikian juga dengan usaha, laporan keuangan memungkinkan Anda mengetahui problem yang terjadi lebih awal agar bisa segera ditangani untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. 

Nah, apakah usaha Anda sudah memiliki laporan keuangan?
Jangan hanya membuat, pastikan juga laporan keuangan Anda memiliki 4 kriteria berikut :

 

1. Relevan

4 kriteria laporan keuangan

Laporan keuangan yang relevan sangat mendukung pemilik usaha dapat memprediksi dan memutuskan tindakan apa yang akan diambil ke depannya, baik untuk meningkatkan pendapatan atau memperbaiki aspek lainnya.

 

2. Andal

Karena akan mempengaruhi keputusan Anda dalam menjalankan usaha, tentunya laporan keuangan yang Anda buat harus andal dan dapat dipercaya agar tidak menyesatkan.

Laporan keuangan disebut dikatakan andal jika memiliki 3 hal ini:
  1. Jujur
  2. Lengkap
  3. Dapat diverifikasi
  4. Netral, tidak memihak kepentingan tertentu

3. Mudah Dimengerti

Agar dapat dibaca tentu laporan keuangan harus mudah dimengerti ya! Makanya, dalam pembuatannya perlu sesuai dengan standar-standar yang berlaku. Laporan keuangan harus lengkap dan komprehensif namun mungkin saja disajikan sesederhana mungkin agar Anda bisa mudah memahaminya.

 

4. Dapat dibandingkan

4 kriteria laporan keuangan

Agar bisa memprediksi, Anda memerlukan data-data dari waktu-waktu sebelumnya untuk mengetahui tren bisnis. Untuk dapat dibandingkan, laporan keuangan harus menerapkan standar akuntansi sehingga laporan keuangan saat ini dan yang sebelumnya memiliki definisi yang sama.

Kalau laporan keuangan Anda tidak bisa dibandingkan, Anda perlu curiga, ada yang salah dengan laporan tersebut.

Itulah 4 kriteria laporan keuangan yang harus Anda penuhi. Laporan keuangan menjadi tolok ukur yang sangat mempengaruhi arah keputusan dan bagaimana Anda menjalankan usaha agar usaha Anda tetap stabil.

Laporan keuangan mungkin saja memiliki format yang berbeda-beda, namun mulailah dengan format yang paling sederhana dahulu untuk memudahkan Anda dalam memahami kondisi usaha. Saat ini bahkan sudah ada software yang dijual dengan harga yang terjangkau untuk memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan.Terbayang kan bagaimana kalau laporan keuangannya tidak sesuai. Jangan ragu menggunakan jasa akuntan jika dibutuhkan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

11 Oktober 2021

?

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

11 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS