Dirilis

23 Pebruari 2018

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Sukses merintis usaha ternyata belum memberi jaminan bagi para pelakunya untuk bisa mengantongi untung besar setiap bulan. Mengapa bisa begitu? Sebab, sebagian besar pelaku usaha belum mengelola keuangannya dengan baik. Sehingga tidak heran bila sampai hari ini masih banyak pemula maupun pengusaha yang telah menekuni usaha selama bertahun-tahun, namun belum bisa mendapatkan laba usaha yang maksimal.

Oleh karena itu, agar kondisi keuangan bisa terkontrol dengan baik, tak ada salahnya bila mulai hari ini Anda menjalankan beberapa kiat usaha berikut.

1. Susun analisa keuangan sebelum merintis usaha 
Untuk melihat seberapa besar prospek usaha yang akan Anda jalankan, susun dulu analisa keuangan. Tujuannya agar  Anda bisa memiliki gambaran mengenai modal usaha yang harus disiapkan, besarnya laba usaha yang bakal diterima, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa balik modal.

2. Pisahkan buku laporan pengeluaran dan buku pemasukan 
Langkah kedua yang perlu Anda lakukan  adalah memisahkan buku laporan pengeluaran dengan buku daftar pemasukan usaha. Ini merupakan salah satu cara praktis yang bisa digunakan para pengusaha untuk mengamati sejauh mana kondisi keuangan perusahaan.

3. Catat semua transaksi dengan teliti 
Banyak pengusaha yang mengesampingkan pencatatan transaksi, sehingga keluar masuknya dana usaha tidak terkontrol dengan rapi. Padahal dari laporan tersebut para pengusaha bisa mengamati secara jelas aktivitas usaha mereka setiap bulan. Karena itu, lakukan pencatatan setiap kali Anda melakukan pembelian maupun menerima pemasukan usaha. Bila perlu, lengkapi pula dengan bukti transaksi seperti nota, kuitansi, invoice (surat tagihan), dan lain sebagainya.

4. Pisahkan uang laba dengan dana operasional usaha 
Anda juga harus jeli dalam memisahkan uang laba dengan dana khusus untuk operasional usaha. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan laba yang diterima untuk pengembangan usaha maupun untuk keperluan pribadi. Sedangkan untuk keperluan operasional, Anda bisa menggunakan dana anggaran yang memang sudah dipersiapkan setiap bulannya.

5. Rekap laporan keuangan setiap bulan 
Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan laba rugi tahunan, ada baiknya bila Anda melakukan rekap penjualan, pengeluaran, hutang, dan laporan persediaan setiap bulan. Dengan cara tersebut, Anda bisa memantau perkembangan usaha dengan lebih mudah.

Semoga kelima kiat praktis di atas bisa membantu Anda untuk mengelola keuangan usaha.

Sumber:

Tim Riset Daya Tumbuh Usaha

Penilaian :

4.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rudi haryono

30 November 2021

Gak bosen baca artikel ini

Balas

. 1

Rudi haryono

28 November 2021

Mantapp

Balas

. 1

Rudi haryono

27 November 2021

Kerenn

Balas

. 1

Zarnelis

01 Maret 2018

Thanks infonya, keren.. Btw, Bisakah kita mendapatkan pelatihan atau training mengenai pelaporan keuangan dsb utk pemula spt saya?, thx

Balas

. 0

Zarnelis

01 Maret 2018

Thanks infonya, keren.. Btw, Bisakah kita mendapatkan pelatihan atau training mengenai pelaporan keuangan dsb utk pemula spt saya?, thx

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

Artikel Terkait

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS