Dirilis

07 September 2020

Meski sering disebut dalam istilah keuangan, banyak yang belum memahami perihal pengertian maupun fungsi valuta asing. Valuta asing atau yang sering disebut valas adalah mata uang yang diakui, digunakan, dan diterima sebagai alat pembayaran dalam transaksi atau perdagangan berskala internasional. Valas yang banyak digunakan biasanya merupakan mata uang dari sebuah negara. 

Istilah valuta asing ini juga merupakan bagian dari devisa, dimana pengertian devisa adalah kekayaan yang dimiliki negara yang dapat mendukung kegiatan transaksi lintas wilayah negara tersebut. Selain itu, valas juga memiliki beberapa fungsi lain, yang akan kita bahas di kesempatan kali ini.

Fungsi Valuta Asing yang Sebaiknya Anda Ketahui

alat tukar internasional dalam fungsi valuta asing

Sebagaimana uang pada umumnya, valas juga dipergunakan untuk kegiatan atau transaksi jual beli, namun ada kegunaan lain dari valuta asing, yaitu sebagai berikut:

1. Alat Tukar Internasional

Satu hal yang kita gunakan untuk mendapat atau membeli sebuah barang pasti adalah uang. Oleh karenanya, fungsi valuta asing yang pertama yaitu sebagai alat yang digunakan untuk pertukaran barang.

2. Sebagai Pengendali Kurs

Kurs mata uang di sebuah negara seringkali naik turun atau mengalami pergolakan. Pengelolaan penggunaan valas ini, akan mempengaruhi nilai tukar uang di mata internasional.

3. Sebagai Pendukung Perdagangan Internasional

Dengan adanya mata uang asing yang digunakan dan diakui secara internasional, kita akan semakin dimudahkan untuk melakukan proses jual beli produk, tanpa harus kesulitan dalam hal uang dan pembayarannya.

Peluang usaha di tengah perang dagang yang saat ini terjadi dalam ekonomi global, juga dapat didukung oleh valuta asing karena memang valas ini mendukung berbagai mata uang yang diakui secara internasional.

4. Untuk Alat Pembayaran

Tak hanya digunakan, valuta asing juga telah dianggap sebagai bentuk alat pembayaran yang sah dan tentunya harus diakui oleh kedua belah pihak atau negara yang sedang bertransaksi.

Sistem Valuta Asing

Berbicara tentang fungsi valuta asing, maka akan berkaitan dengan sebuah istilah yang disebut kurs. Tahukah Anda apa itu kurs? Kata ini pasti sering didengar dan identik dengan nilai tukar. Secara definisi, kurs adalah nilai pembelian mata uang (exchange rate). Atau singkatnya adalah harga mata uang suatu negara  terhadap mata uang di negara lain.

Beberapa sistem valas yang berlaku saat ini, diantaranya:

1. Floating atau Sistem Kurs Bebas

Sistem floating ini berarti pembuatan kurs yang hanya bisa digunakan pada tempat berlangsungnya transaksi. Nominalnya bisa saja berbeda dan bergantung pada penawaran, permintaan dan kesepakatan jual beli yang dilakukan. 

Seperti penamaannya, nilai mata uangnya cenderung mengambang, karena pemerintah tidak memiliki andil untuk menentukan mata uang yang akan ditukarkan tersebut. Contohnya adalah nilai kurs dollar pada marketplace yang kita gunakan untuk membeli sebuah barang. 

2. Sistem Kurs Tetap

Berbeda halnya dengan floating.  Nilai tukar uang ini akan ditentukan oleh pemerintah. Dalam artian, nilai kurs mata uang secara mutlak tergantung pada andil pemerintah. Hal ini bertujuan untuk mengontrol pergerakan harga yang dapat berubah dengan cepat atau fluktuatif. Contoh real nya adalah dengan melibatkan bank sentral dalam transaksi valuta asing.

3. Sistem Kurs Terkendali atau Terkontrol

Sistem valuta asing berikutnya ini juga akan melibatkan bank sentral yang ada di sebuah negara untuk mengalokasikan pemakaian valas di negara tersebut. Kurs terkendali ini juga dapat dikatakan sebagai perpaduan dari dua sistem yang dibahas sebelumnya, dimana kurs dapat naik turun secara bebas, namun pergerakannya tetap terkontrol agar tidak terlalu ekstrem.

Apakah penjelasan di atas sudah  cukup jelas? Intinya, valuta asing adalah mata uang sebagai alat tukar yang sah, diakui dan berlaku di dunia internasional. Salah satu fungsi valuta asing adalah sebagai alat perdagangan. 

Uang dan perdagangan, erat kaitannya dengan dunia bisnis, karena uang digunakan sebagai salah satu penyokong usaha berupa modal yang digunakan untuk pelaksanaannya. Salah satu program bertajuk Pinjaman Angsuran Berjangka (PAB) bisa menjadi salah satu solusi dari permasalahan keuangan yang dialami.

Memang berbagai istilah dalam ekonomi dan keuangan harus benar-benar dipahami. Salah satu caranya harus tetap update dan mengetahui tentang informasi ekonomi terbaru. Untuk mendapatkan hal itu, Anda bisa mendaftar menjadi member Daya.id, dan otomatis bisa melihat berbagai informasi terkait dengan bisnis dan keuangan secara tak terbatas setiap harinya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS