Dirilis

12 November 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Saat ini, Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan pembayaran. Salah satunya adalah cicilan tanpa kartu kredit. Dulu, apabila Anda ingin berbelanja online dan ingin membayar dengan menyicil, maka paling tidak Anda harus memiliki kartu kredit. Sementara itu, untuk memiliki kartu kredit, banyak syarat pengajuan yang harus dilengkapi. Tetapi sekarang, berbagai lembaga keuangan telah  memberikan kemudahan yaitu berupa cicilan tanpa harus menggunakan kartu kredit. 

Baca juga: 3 Kiat Mengatur Keuangan Pribadi di Masa Pandemi COVID-19

Nah, agar Anda bisa menggunakan cicilan tanpa kartu kredit secara aman, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.


 

3 Hal Penting Sebelum Bertansaksi Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Cicilan tanpa kartu kredit adalah pilihan pembayaran yang sangat menggoda untuk dilakukan di tengah-tengah kemudahan berbelanja online saat ini. Tetapi Anda jangan terburu-buru untuk menggunakannya. Sebaiknya perhatikan dulu 3 hal penting berikut ini sebelum bertransaksi menggunakan cicilan tanpa kartu kredit.

 

1. Jangan Mudah Tergoda Dengan Promosi 

Hal pertama yang harus Anda ingat adalah bijak dalam berbelanja. Jangan mudah tergoda dengan penawaran promosi yang ada. Biasakan membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, pastikan kebutuhan Anda selalu terpenuhi.

Sekarang ini bermunculan berbagai macam bentuk promo, mulai dari dari cashback, diskon, beli 1 gratis 1, beli 2 gratis 1, free ongkir dan masih banyak lagi. Tidak ada yang salah dari promo-promo ini. Apabila digunakan dengan benar maka, promo ini akan sangat membantu Anda dalam berhemat. Tetapi apabila Anda tidak berhati-hati, maka tidak menutup kemungkinan promo-promo ini akan membuat Anda berbelanja berlebihan yang mengakibatkan pengeluaran Anda membengkak melebihi budget.

Berbelanja berlebihan ini yang harus dihindari. Apalagi dengan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit mempermudah Anda dalam berbelanja. Pastikan Anda dapat membedakan mana kebutuhan dan mana keiinginan, berbelanjalah dengan bijak dan mengutamakan kebutuhan Anda.

 

2.Perhatikan Beban Bunga Yang Muncul 

Dari setiap fasilitas pembayaran cicilan tanpa kartu kredit pasti akan dikenakan bunga atas transaksi tersebut. Hal ini adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda berbelanja.

Anda harus memastikan cicilan dan bunga yang timbul sudah sesuai dengan kemampuan Anda. Pastikan Anda dapat membeyarnya ketika jatuh tempo. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena cicilan tanpa kartu kredit ada untuk mempermudah Anda dalam berbelanja bukan menjadi beban Anda di kemudian hari.
Pastikan cicilan dan bunganya tidak mengganggu keuangan bulanan Anda, sehingga tidak menjadi beban di kemudian hari.

 

3. Perhatikan Setiap Biaya Tambahan yang Muncul 

Selain beban bunga, ada satu hal lagi yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam cicilan tanpa kartu kredit ini, yaitu biaya tambahan yang dibebankan pada Anda. Biaya tambahan ini berbeda beda pada setiap platform, tidak semua ada biaya tambahan. Biaya tambahan ini sendiri bisa berupa biaya layanan, biaya administrasi, biaya denda keterlambatan, dan lain sebagainya.

Anda perlu memastikan biaya apa saja yang ada pada transaksi cicilan tanpa kartu kredit yang dilakukan. Biaya-biaya ini harus diperhitungkan pula, jangan sampai beban biaya ini nantinya menjadi maslah dimasa yang akan datang. Pastikan beban biaya ini sudah masuk dalam perhitungan Anda dan tidak akan mengganggu keuangan bulanan Anda. 

Itulah 3 hal yang harus Anda perhatikan dan pastikan sebelum berbelanja online dan menggunakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit. Patikan transaksi yang menggunakan cicilan tanpa kartu kedit ini merupakan kebutuhan yang benar benar Anda butuhkan dan tidak menimbulakan masalah keuangan dikemudian hari.

Baca juga: Rahasia Dan Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Hidup Mapan


 

Manfaat Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cicilan tanpa kartu kredit ini bisa menjadi masalah keuangan untuk Anda di kemudian hari, apabila tidak digunakan dengan benar. Tetapi apabila Anda gunakan dengan benar dan tepat guna, maka cicilan tanpa kartu kredit ini bisa sangat berguna untuk keuangan Anda. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan cicilan tanpa kartu kredit:

  1. Membantu memenuhi kebutuhan dengan nyaman dan aman. Cara pembayaran dengan mencicil memberikan kenyamanan kepada Anda dalam menggunakan transaksi ini. Cicilan ini mengurangi beban bulanan yang harus Anda bayarkan, dan juga memberikan rasa aman terhadap beban keuangan bulanan Anda selama penggunaannya diperhitungkan dengan benar. 
  2. Membantu memenuhi kebutuhan yang mendesak. Ketika kebutuhan mendesak datang dan Anda belum memiliki dana tunai untuk memenuhinya, cicilan tanpa kartu kredit bisa menjadi pilihan. Dengan begitu kebutuhan mendesak Anda dapat segera terpenuhi.
  3. Bersifat fleksibel dan hemat waktu. Cicilan tanpa kartu kredit ini fleksibel bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan apa saja dan di toko online mana saja. Untuk pengajuannya juga relatif mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.


Nah, itulah 3 keuntungan dalam menggunakan cicilan tanpa kartu kredit. Bagi Anda pengguna rekening Jenius dari bank BTPN saat ini Anda bisa merubah transaksi di rekening Jenius menjadi cicilan dangan menggunakan Split Pay yang terkoneksi dengan Flaxi Cash sebagai sumber dana, tunggu apa lagi segera manfaatkan untuk memperoleh berbagai manfaatnya. Untuk Anda yang belum menggunakan rekening Jenius, Anda dapat mendownloadnya di App Store atau Google Play pada ponsel Anda.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait bagaimana memulai atau mengembangkan bisnis Anda sendiri, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

14 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

putra astaman

22 November 2022

Ok

Balas

. 0

Ferri kurniawan

16 November 2022

πŸ‘

Balas

. 0

Agung yugo prayogo

16 November 2022

πŸ‘πŸ‘

Balas

. 0

Hanif

15 November 2022

πŸ‘

Balas

. 0

M Ridwan Faza

15 November 2022

Good πŸ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS