Dirilis

26 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Terlalu banyak ngemil sembarangan yang tidak sehat dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Sebagai solusi, ada banyak sekali jenis cemilan sehat yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Selain tetap bisa memuaskan keinginan Anda untuk ngemil, berat badan Anda juga bisa tetap terjaga dengan cemilan yang sehat dan tepat. 

 

Berbagai Cemilan Sehat yang Bisa Anda Konsumsi 


Seperti dikutip dari laman Everyday Health, terdapat beberapa jenis cemilan sehat dan recommended untuk kita konsumsi setiap hari, yaitu:

 

1. Buah dan Sayur

cemilan sehat buah dan sayur
Seperti kita ketahui, buah dan sayur merupakan asupan yang baik bagi tubuh. Jika biasanya kita ngemil sembarangan, maka kini bisa mulai hidup disiplin dan sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur sebagai cemilan. Tidak sulit bukan? Banyak jenis buah dan sayuran yang kita temui disekitar. 

Kenapa Anda harus makan sayur? Sebab, selain segar dan nikmat, kandungannya seperti vitamin, mineral, dan serat pun baik untuk tubuh. Buah dan sayur juga dapat mengenyangkan, jadi godaan untuk makan makanan yang tidak sehat menjadi berkurang. Contoh buah-buahan dan sayur yang bisa Anda jadikan cemilan sehat adalah seperti pisang, brokoli, wortel, apel, jeruk dan lain sebagainya

 

2. Kacang dan Biji-Bijian

Cemilan sehat berikutnya adalah kacang juga biji-bijian. Kandungan protein yang ada di dalamnya dapat memberi efek kenyang lebih lama juga keduanya mengandung lemak tak jenuh. Namun, tetap konsumsinya jangan terlalu berlebihan, ya. Beberapa contohnya adalah seperti kacang almond, kacang kenari, kacang mede

 

3. Produk Olahan Susu yang Rendah Lemak

Ingin ngemil sekaligus mendapat manfaat berupa kalsium, protein juga vitamin? Maka produk olahan susu bisa menjadi jawabannya. Contohnya yaitu, yoghurt, keju maupun olahan susu yang rendah lemak lainnya.

 

4. Sandwich

cemilan sehat dari sandwich
Meski dikenal sebagai menu utama dan biasa menjadi pilihan saat sarapan, roti isi atau roti lapis (sandwich) yang biasanya berisi sayuran serta daging ini pun dapat dikatakan sebagai cemilan sehat, dengan catatan jangan dikonsumsi terlalu banyak. Anda pun disarankan untuk membuatnya sendiri di rumah, karena selain caranya yang simple kebersihan dan kesehatannya pun lebih terjamin.

Bahan-bahan untuk membuat sandwich ini juga usahakan bersih dan berkualitas. Anda bisa mengisinya dengan sayuran hijau seperti selada atau lettuce dan tomat. Kemudian mengisinya dengan tambahan telur atau daging asap. Dengan begitu, kandungan gizinya tetap tinggi dan bisa menjadi cemilan sehat. 

 

5. Popcorn

Siapa sangka, ternyata cemilan yang identik kita konsumsi ketika menonton ini ternyata sehat, lho. Karena popcorn merupakan karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan dapat menahan rasa lapar. Namun, agar nutrisinya tetap terjaga, hindari varian tambahan seperti coklat, mentega, garam ataupun lemak, ya!

 

6. Granola

Makanan yang satu ini, kini memang dikatakan hits atau trending sebagai salah satu cemilan sehat. Granola sendiri terdiri dari gandum yang juga merupakan karbohidrat kompleks, serta kaya akan kaya akan serat, vitamin, serta mineral. Mengkonsumsinya juga dapat membuat kita merasa kenyang, sehingga terhindar dari godaan cemilan lainnya yang mungkin kurang sehat. Agar lebih nikmat juga variatif, Anda bisa menambahkan yoghurt ataupun buah-buahan saat menikmati granola ini. 

Itulah beberapa pilihan cemilan sehat yang bisa Anda konsumsi. Ternyata, banyak cemilan sehat yang tak hanya memiliki kandungan baik, ya. Tapi juga tetap nikmat dan mengenyangkan. Beberapa poin di atas, dapat menjadi alternatif pilihan cemilan Anda sehari-hari, supaya tubuh tetap fit dan kondisinya tetap terjaga. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter dari Daya.id seputar nilai gizi atau kebutuhan gizi untuk diri Anda. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS