Dirilis

12 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Biasanya, para pasien kanker disarankan untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk menyembuhkan penyakitnya. Sebab, manfaat daun sirsak dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kanker. Khasiat tersebut berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirsak. Tetapi, perlu diketahui juga bahwa manfaat daun sirsak ini tidak hanya untuk penyakit kanker saja tapi masih banyak lagi yang lainnya. 

Buah sirsak juga merupakan jenis buah yang rasanya enak. Selain dimakan buahnya, bagian daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan atau kecantikan. Dan bukan hanya mengatasi penyakit kanker, tetapi daun sirsak ini juga sering digunakan untuk mencegah penyakit kanker tersebut. Cara konsumsinya juga beragam, bisa dibuat menjadi teh atau bisa juga diminum air rebusannya.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari sumber US National Library of Medicine tahun 2012, dalam artikel yang berjudul Graviola: a novel promising natural-derived drug ada banyak sekali manfaat dari daun sirsak yang jarang diketahui banyak orang, berikut manfaat dan penjelasan lengkapnya :

1. Mencegah Penyakit Kanker

manfaat daun sirsak untuk kesehatan mata
Seperti penelitian yang dilakukan di UT Southwestern Medical Center, daun sirsak ini mampu membunuh sel kanker yang muncul di dalam tubuh. Bahkan kandungan antioksidan di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga daun sirsak bisa digunakan untuk mencegah penyakit kanker tersebut. Daun sirsak bisa diolah menjadi ekstrak yang digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Senyawa acetogenin di dalam daun ini, memiliki kemampuan untuk menangani/mengobati kanker.

2. Menjadi Zat Anti Inflamasi

Bukan hanya mencegah penyakit kanker saja, tetapi daun sirsak juga baik untuk kesehatan karena bersifat anti inflamasi. Daun sirsak juga berfungsi sebagai racun, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Negara Brazil. Sehingga kandungannya mampu meredakan peradangan di dalam tubuh. Senyawa anti racunnya mampu menghasilkan efek yang serupa pada obat penghilang rasa sakit atau analgesik.

3. Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

manfaat daun sirsak untuk mencegah kanker
Mengutip kembali dari US National Institutes of Health, Amerika Serikat, baik bagian buah atau daunnya, sirsak ini juga mengandung antioksidan yang sangat kaya. Selain itu terkandung juga vitamin C dan E yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitaminnya bahkan bisa mengurangi segala penyakit yang terjadi pada mata itu sendiri.

4. Sebagai Pengobatan Diabetes

Di dalam daun sirsak juga terdapat senyawa aktif yang memiliki kemampuan dalam mengontrol kadar glukosa di dalam tubuh. Hal itu dibuktikan oleh penelitian di US National Library of Medicine. Ekstrak daun sirsak juga berperan penting dalam menghambat/mencegah terjadinya kerusakan pada hati. Biasanya hal itu dialami oleh penderita diabetes. Sehingga bagi Anda yang menderita diabetes juga bisa konsumsi daun sirsak.

Namun, untuk hasil pengobatan diabetes yang lebih optimal tetap akan sangat disarankan bagi penderita untuk berkonsultasi ke dokter secara rutin. Dengan begitu, pengobatan diabetes bisa berjalan dengan lancar dan sesuai pengawasan dan anjuran medis. 

5. Baik untuk Kesehatan Lambung

Banyak juga masalah kesehatan yang terjadi di lambung, misalnya penyakit maag dan asam lambung. Sifat antiulcer yang terdapat pada daun sirsak berperan dalam menjaga produktivitas lendir yang terjadi di dinding lambung tersebut. Dinding lambung ini bisa menyebabkan masalah pencernaan. Dan ekstrak daun sirsak tersebut bisa membunuh parasit yang biasanya menjadi pemicu pada masalah perut.

Manfaat daun sirsak ini ternyata baik untuk mengatasi segala macam penyakit. Diharapkan setelah mengetahui informasi ini, para pembaca bisa lebih mengetahui manfaat dari daun sirsak. Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan manfaat atau nutrisi bahan makanan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS