Dirilis

11 Maret 2024

Penulis

Madyaning Sekar Nuricha Pramesti

Efisiensi operasional bisa menjadi kunci keberhasilan usaha. Mengapa? Efisiensi operasional dapat meminimalkan biaya dan hemat waktu serta sumber daya sehingga produktivitas usaha meningkat, kualitas produk dan kepuasaan pelanggan menjadi lebih baik. Lalu, bagaimana meningkatkan efisiensi operasional usaha? Yuk simak informasi menarik di bawah ini! 

 

Tips Tingkatkan Efisiensi Operasinal Usaha

Efisien adalah mengerjakan sesuatu dengan tepat, yaitu tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya. Jika Anda ingin menjalankan operasional usaha Anda secara efisien, Anda bisa mencoba 5 tips ini.

 

1.    Tingkatkan Manajemen Operasional 

Sebuah usaha tentunya memiliki manajemen operasional. Manajemen operasional ini menjadi pegangan bagi karyawan maupun pemilik usaha untuk merancang, mengelola dan mengawasi jalannya usaha. Anda dapat meningkatkan manajemen operasional dengan menyederhanakan atau merapikan proses yang ada dan menetapkan standar dalam setiap proses. Contohnya adalah menetapkan Standar Operating Prosedur (SOP). Penetapan standar ini akan memacu semua pihak internal operasional berusaha memenuhinya sehingga kualitas produk yang dihasilkan berkualitas dan kuantitas produk juga dapat meningkat.

Baca juga: Tips Manajemen Operasional agar Bisnis Anda Berkelanjutan

 

2.    Otomatisasi Proses

Otomatisasi proses dapat meningkatkan efisiensi operasional karena mengurangi beban kerja yang berulang. Selain itu, dapat mengurangi risiko human error dan juga menghemat waktu serta sumber daya. Untuk melakukan otomatisasi proses, Anda dapat menggunakan software sederhana untuk melakukan pekerjaan berulang. Contoh tugas berulang yang dapat diotomatisasikan seperti pengiriman email, penagihan, purchase order, penggajian, dan pemrosesan transaksi. Otomatisasi proses berulang akan membantu organisasi Anda fokus pada tugas yang lebih krusial, yang membutuhkan keahlian dan menciptakan nilai tambah yang lebih besar.

 

3.    Pelatihan Karyawan yang Komprehensif

Di dalam sebuah usaha sumber daya manusia merupakan elemen penting. Kinerja karyawan yang baik tentunya akan meningkatkan produktivitas usaha. Untuk itu karyawan memerlukan pelatihan yang komprehensif. Pelatihan ini tidak hanya pada keterampilan fisik tapi juga memberikan arahan tentang aspek-aspek perusahaan seperti kebijakan perusahaan, prosedur operasional, budaya kerja, komunikasi, manajemen waktu dan bisa mengembangkan kemampuan intrapersonal. Tujuan dari pelatihan yang komprehensif adalah memastikan karyawan dapat menjalankan tugasnya secara efisien dan efektif. Langkah ini merupakan investasi bagi usaha Anda untuk meningkatkan kinerja, retensi karyawan dan kepuasan pelanggan. 

 

4.    Kemitraan dan Outsourcing

“Jika yang lain bisa, kenapa harus saya?” Ungkapan ini bisa mengandung arti yang baik lho. Maksudnya adalah Anda bisa melakukan kolaborasi dengan pihak ketiga untuk melakukan fungsi tertentu seperti produksi barang, pengembangan perangkat lunak atau layanan pelanggan. Namun tidak boleh melakukan tugas inti dan krusial dari usaha Anda. 

Tujuan utama dari kemitraan dan outsourcing ini adalah meningkatkan efisiensi operasional karena dapat mengurangi biaya dan menghemat waktu. Tidak hanya itu, kemitraan dan outsourcing juga mengurangi beban kerja internal dengan memberikan peluang perusahaan lebih fokus pada core bisnisnya. 

Baca juga: Cara Turunkan Biaya Operasional Usaha 

 

5.    Evaluasi berkala


Semua pekerjaan diperlukan adanya evaluasi untuk bisa lebih baik ke depannya. Namun sebelum melakukan evaluasi, Anda perlu memahami bagaimana alur dan cara kerja operasional Anda. Pemahaman itu diperlukan agar ketika terjadi masalah mudah untuk mengetahui bagian mana yang menyebabkannya dan yang dapat berdampak.

Evaluasi harus dilakukan secara berkala agar pendeteksian masalah dapat dilakukan sedini mungkin. Evaluasi dilakukan dengan mengidentifikasi area-area yang mengalami pemborosan, hambatan, memerlukan reshuffle dan perbaikan. Selain itu juga perlu dilakukan audit formal dan analisis matrik. Audit ini termasuk menganalisis metrik dan indikator kinerja utama (KPI). Hasil dari audit dan matriks ini dapat membantu mengidentifikasi dan menentukan top business intelligence tools paling efisien dan yang perlu dieliminasi bahkan dihilangkan. 

Meningkatkan efisiensi operasional usaha merupakan langkah yang membutuhkan komitmen dan kerjasama antara pemilik dan karyawan agar bisa berkelanjutan. Apalagi lingkungan bisnis yang semakin hari semakin berubah secara cepat maka perusahaan pun harus gesit, adaptif dan inovatif dalam menanggapinya. 5 Tips di atas dapat diterapkan untuk mengoptimalkan operasional usaha Anda. Selamat mencoba!

Tertarik menemukan berbagai informasi menarik lainnya tentang dunia usaha? Anda dapat menemukannya di Daya.id. Yuk segera daftarkan diri anda di sini secara Gratis dan jika Anda ada pertanyaan yang ingin didiskusikan lebih lanjut terkait cara meningkatkan operasional usaha. Jangan lupa gunakan fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

01 January 1970

Thanks infonya

Balas

. 0

Fando hari susetyo

01 January 1970

Selamat menunaikan ibadah puasa

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS