Dirilis

10 Juni 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Pernahkah Anda mendengar tentang bauran pemasaran? Secara sederhana, bauran pemasaran adalah sebuah strategi marketing yang mengkombinasikan beberapa unsur untuk mendorong kemajuan usaha. Karena memadukan beberapa unsur atau variabel dalam pemasaran maka bauran sering juga disebut dengan istilah marketing mix. Inilah pengertian dan cara menerapkan bauran pemasaran selengkapnya. 

 

Pengertian dan Definisi Bauran Pemasaran

Memang tidak ada patokan yang pasti mengenai pengertian dan definisi bauran pemasaran. Beberapa ahli memiliki definisi yang berbeda namun jika ditarik menjadi kesimpulan hakekatnya sama. Agar lebih memahami apa pengertian bauran pemasaran silahkan lihat pendapat beberapa ahli berikut ini.


1. Kotler dan Amstrong

Kedua ahli ini menyatakan bahwa bauran pemasaran merupakan penggunaan beberapa variabel marketing oleh perusahaan agar target penjualan yang diinginkan bisa dikejar.


2. Laura Lake

Sedangkan menurut Laura Lake yang dimaksud dengan bauran pemasaran yaitu penggunaan beberapa komponen dalam marketing oleh suatu bisnis dalam rangka menjual produk maupun layanan kepada konsumen.


3. Gugup Kismono

Gugup Kismono mengatakan bahwa bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel yang menjadi inti pemasaran serta terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat. Dalam bahasa inggris disebut dengan 4P yaitu product, price, promotion dan place.


4. Jerome McCarthy

Pada tahun 1960-an seorang tokoh bernama Jerome McCarthy memperkenalkan konsep bauran pemasaran dengan 4P yang terdiri dari Product atau produk, Price atau harga, Promotion atau promosi dan Place atau tempat.

Dari beberapa pendapat di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa bauran pemasaran bisa diartikan sebagai aktivitas serta variabel dalam marketing yang akan menentukan sukses tidaknya penjualan dalam sebuah usaha. Kesuksesan seorang pelaku usaha ditentukan oleh kemampuannya memaksimalkan keempat unsur (4P: Product, Price, Promotion, and Place) tersebut dalam bisnisnya.

Seiring dengan perkembangan kondisi persaingan usaha yang semakin ketat saat ini maka konsep bauran pemasaran juga sudah mengalami perubahan. Kalau dulunya hanya menggunakan konsep 4P saja, maka saat ini mengalami perubahan menjadi 7P. Konsep 7P dalam bauran pemasaran terdiri dari Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence atau Packaging.

 

Cara Penerapan Bauran Pemasaran

Dalam prakteknya, penerapan bauran pemasaran ini juga harus mengikuti 7 P elemen dari pemasaran tersebut. Inilah cara penerapan bauran pemasaran yang benar: 




1. Product (Produk)

Agar proses pemasaran produk berjalan dengan optimal, maka produk yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan serta keinginan konsumen. Sebab, tanpa yang tidak dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen hanyalah produk yang sia-sia dan sulit untuk terjual. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan produk ini. Diantaranya adalah: 

a. Menentukan Motto dan Logo: Agar konsumen selalu ingat dengan produk kita, pastikan membuat moto serta logo yang catchy dan mudah untuk diingat. Contohnya adalah logo dari perusahaan teknologi raksasa dunia Apple, yang berupa sebuah apel yang sudah digigit. Logo ini tentu sederhana namun sudah sangat melekat dan punya identitas kuat sebagai logo dari Apple. 
b. Ciptakan Merek yang Kuat: Implementasinya bisa berupa simbol, nama, desain, atau kombinasi yang bisa menggambarkan produk yang Anda tawarkan. Kriteria merk yang kuat diantaranya adalah mudah diingat, menarik perhatian, punya arti yang positif, dan terkesan modern. Contohnya adalah merk sepatu Nike dan taglinenya “just do it” yang mudah diingat, punya kesan modern, serta punya arti positif untuk segera melakukan kegiatan positif sekarang juga.  
c. Beri Label pada Produk: Label adalah bagian penting yang bisa memberikan informasi mengenai manfaat produk yang akan mereka beli. Setidaknya label yang baik harus memiliki label yang mempunyai karakter atau ciri khas, adanya manfaat mengkonsumsi atau menggunakan produk yang akan dibeli, dan nilai lebih dari membeli produk. 


2. Price (Harga)

Dalam prakteknya, harga jual dari sebuah produk juga harus pas dan bisa bersaing dengan produk sejenis. Kriteria harga jual yang baik diantaranya adalah memiliki kesesuaian harga dengan manfaat produk yang didapat, keterjangkauan harga, dan daya saing harga. 


3. Place (Lokasi)

Lokasi jual yang dipilih juga memegang peranan penting dalam pemasaran suatu produk. Lokasi harus strategis dan mudah untuk dijangkau. Maksud dari strategis dan mudah dijangkau adalah terletak di lokasi yang banyak dilalui oleh kendaraan atau pusat keramaian dan tidak sulit untuk ditemukan. Dengan begitu, konsumen bisa mendapatkan dan membeli produk Anda dengan mudah. 


4. Promotion (Promosi)

Promosi produk harus dilakukan dengan cara yang tepat. Sebab, promosi juga menjadi alat untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Ada 4 sarana promosi yang bisa Anda pakai. 

a. Periklanan (advertising): Promosi ini dilakukan dengan tujuan untuk menginformasikan, menarik, dan mempengaruhi calon pembeli. Contohnya adalah mencetak brosur, pemasangan billboard, pemasangan spanduk yang bisa menarik minat calon pembeli. 
b. Promosi penjualan (sales promotion): Dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pembeli atau meningkatkan penjualan. Contohnya memberikan potongan harga atau diskon pada saat tertentu. 
c. Publisitas (publicity): Dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan citra yang baik dari perusahaan. Contohnya, mengadakan kegiatan sosial, mengadakan seminar, atau kegiatan kemasyarakatan lainnya yang bisa menaikkan citra atau image usaha.  
d. Penjualan Pribadi (personal selling): Promosi yang dilakukan oleh karyawan atau pekerja usaha untuk melayani dan mempengaruhi calon pembeli supaya membeli produk mereka. Contohnya, customer service . 


5. People (Orang) 

Orang yang dimaksud dalam hal ini adalah karyawan atau penyaji produk Anda. Supaya penjualan bisa berjalan optimal, maka dibutuhkan karyawan yang terbaik agar bisa memberikan kepuasan kepada para konsumen produk Anda. Untuk mencapainya, bisa dilakukan melalui: 

a. pelatihan skill 
b. pemberian reward atau imbalan terhadap prestasi atau pencapaian 
c. pemberian motivasi 
d. seleksi pemilihan karyawan sesuai kebutuhan perusahaan 


6. Process (Proses)

Proses bisa diartikan sebagai gabungan dari semua aktivitas dalam usaha yang terdiri dari jadwal pekerjaan, mekanisme, penyampaian produk ke konsumen, dan prosedur pembuatan produk. Faktor proses ini harus dikedepankan karena memiliki hubungan langsung terhadap konsumen yang membeli produk Anda. Untuk mencapai proses yang baik, bisa dilakukan dengan cara membuat rincian SOP (Standar Operasional Produk) dan membuat standar kinerja pekerja. 


7. Physical Evidence/Packaging (Kemasan) 

Tampilan fisik kemasan produk adalah unsur yang penting sekali untuk menunjang proses pemasaran produk Anda. Sebab, hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen sebelum membeli produk Anda adalah kemasannya. Maka buat tampilan kemasan yang bisa menarik perhatian mereka. Kriterianya adalah:

  • a. buat kemasan yang memiliki identitas produk didalamnya. Bisa berupa merk, logo, dan sebagainya. 
  • b. pastikan kualitas kemasan baik 
  • c. mencantumkan legalitas atau perizinan yang menerangkan bahwa produk layak jual. Contohnya BPOM, SNI, dan sebagainya. 
  • d. unik, kreatif, dan inovatif. 

 

Itulah pengertian dan cara penerapan bauran pemasaran dalam usaha. Kesimpulannya, bauran pemasaran adalah bagaimana cara Anda memaksimalkan dan mengkombinasikan beberapa variabel dalam marketing yaitu 7P agar tingkat penjualan bisa tingkatkan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari Daya.id seputar bagaimana penerapan strategi marketing mix yang tepat untuk usaha. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS