Dirilis

29 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Selain bisnis yang dijalankan dengan sistem online, masih banyak lagi jenis bisnis lainnya yang bisa Anda jalankan secara offline, misalnya menjalankan bisnis rumah kontrakan.

Dengan semakin bertambahnya nilai jual rumah dan kebutuhan hunian zaman sekarang ini, kehadiran rumah kontrakan menjadi salah satu peluang usaha yang potensial.

Namun, dalam menjalankan bisnis ini diperlukan strategi dan perencanaan yang matang. Pasalnya, persaingan di dalam bidang sewa properti memang terbilang ketat. Sehingga harus dicari cara yang tepat supaya bisnis yang dimiliki bisa memenangkan persaingan dan mendapatkan keuntungan yang optimal.

Tips Membuat Bisnis Rumah Kontrakan Supaya Menguntungkan

Berikut ini kita akan membahas tentang tips dan cara sederhana dalam mengembangkan bisnis kontrakan rumah yang akan menguntungkan:

1. Perhatikan Kualitas Kontrakan Rumahnya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam berbisnis rumah kontrakan adalah melihat atau memeriksa bagaimana kualitas kontrakan rumah tersebut. Kualitas adalah hal yang pasti akan selalu dicari oleh pelanggan bisnis kontrakan, untuk itu sebagai pemilik bisnis Anda tidak bisa mengabaikan hal ini.

Anda bisa membeli tanah kemudian membangunnya dengan rumah yang nantinya akan dikontrakan. Sebaiknya gunakan material bahan terbaik dalam pembangunan rumah tersebut. Hal itu akan membuat penyewa nyaman ketika tinggal di rumah kontrakan tersebut karena minim masalah atau kerusakan. Bahkan Anda juga tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk renovasi.

2. Pilih yang Lokasinya Strategis


Cara lain yang harus Anda lakukan supaya bisnis ini lancar adalah dengan memilih lokasi rumah yang strategis. Supaya rumah itu bisa diakses dengan mudah, karena dekat dengan pasar, tempat-tempat umum, rumah sakit, supermarket, sekolah dan sebagainya. Maka sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang akan disewakan, sebaiknya Anda pilih rumah yang lokasinya strategis. Jangan terpaku pada harga rumah yang murah saja, karena rumah kontrakan Anda bisa kosong dalam waktu yang lama karena tidak ada peminatnya.

3. Buat Desain Rumah yang Menarik dan Tetap Fungsional

Untuk menyewakan rumah yang menarik perhatian calon penyewa, Anda juga harus membuat desain rumah yang menarik. Anda bisa memilih desain rumah yang sederhana, kekinian, tapi juga minimalis. Desain rumah yang menarik ini juga akan nyaman ditempati oleh para penyewa. Selain itu, pastikan juga bahwa bangunan rumah yang Anda buat telah memenuhi fungsionalitas yang baik.

4. Biaya Sewa yang Terjangkau tapi Tetap Sesuai Harga Pasaran


Penetapan harga sewa juga akan menjadi hal yang penting dalam menjalankan bisnis kontrakan rumah. Karena rumah yang terlalu mahal akan sepi peminatnya sedangkan rumah yang terlalu murah malah akan merugikan Anda sebagai pihak yang menyewakan. Anda bisa menentukan harga sewa ini dari kualitas rumah, lokasi, dan harga jual rumah tersebut. Jangan sampai harga jual rumahnya mahal tapi biaya sewanya murah atau bahkan sebaliknya.

5. Berikan Perlindungan yang Tepat

Risiko seperti adanya tindakan pencurian atau kehilangan sangat mungkin terjadi pada rumah kontrakan yang Anda tawarkan. Maka dari itu, beri perawatan dan perlindungan keamanan yang tepat pada rumah, agar penyewa juga merasa aman tinggal di sana.

Itulah beberapa cara bisnis rumah kontrakan yang tepat agar mendapatkan keuntungan yang optimal. Dalam proses mengambangkan usaha kontrakan ini, apabila Anda memerlukan tambahan modal, Anda bisa menggunakan produk pinjaman berjangka dari Bank BTPN. Dengan begitu, kebutuhan modal usaha bisa tercukupi dengan baik.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan tersebut bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS