Dirilis

21 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Stock opname adalah kegiatan perhitungan persediaan fisik atau barang dagang maupun stok yang tersedia di toko juga gudang. Apa kira-kira tujuannya? Tujuannya adalah untuk mencocokkan atau lebih tepatnya mengetahui kebenaran catatan dalam pembukuan perusahaan. Dengan melakukan kegiatan ini, nantinya akan diketahui keadaan yang terjadi antara catatan pembukuan dan persediaan fisik yang ada.
Biasanya, stock opname dilakukan di akhir periode tertentu, pada umumnya setiap tahun atau ada yang beberapa bulan sekali melakukannya. Semua tergantung pada kebutuhan juga kesiapan tim yang bertugas. Pada pelaksanaannya, stock opname akan membutuhkan tim, yaitu tim penghitung dan tim input.

Persiapan Sebelum Stock Opname

persiapan sebelum melakukan stock opname adalah
Sebelum melakukan kegiatan stock opname, sebaiknya kita melakukan beberapa persiapan sehingga berjalan lebih efisien nantinya, yaitu:

1. Membuat Jadwal

Buatlah jadwal pelaksanaan stock opname serta menyampaikannya pada tim yang bertugas, sehingga semua bisa dipersiapkan.

2. Persiapan

Setelah jadwal terbentuk, kemudian cari dan siapkan apa saja alat yang dibutuhkan saat stock opname. Bisa pulpen, sticky notes, dan lain sebagainya. Dengan adanya alat bantu ini, pengerjaan stock opname bisa terbantu. Lebih mudah juga efisien.

3. Buat Denah Kegiatan

Yang dimaksudkan disini adalah, jika dilakukan stock opname gudang, maka buatlah denah dari gudang tersebut. Hal ini berguna untuk sistematis pelaksanaannya nanti.

4. Mempersiapkan Barang dan Data Input

Sebelum memulai stock opname, tentu saja kita harus siapkan barang-barang yang akan diperiksa juga hasil input yang akan menjadi pembanding barang fisik. Hal ini juga termasuk menentukan barang apa saja yang akan dihitung, dicatat dan diinput. Anda bisa menetapkan skala prioritas saat stock opname.

5. Penugasan

Pilihlah karyawan yang memiliki kompetensi di bidang ini dan sekaligus bertanggung jawab terhadap berlangsungnya stock opname. Kemudian, Anda bisa membentuk dua tim pada saat kegiatan tersebut dilaksanakan, yaitu tim lapangan yang menghitung barang manual dan tim admin yang mencocokkan hasil perhitungan dan memasukkannya ke data entry.

6. Sebelum Memulai

Hal penting sebelum memulai stock opname adalah menghentikan pergerakan barang masuk dan keluar untuk memastikan tidak adanya selisih hitung. Baiknya ini dikomunikasikan sebelumnya kepada supplier maupun karyawan dan tim terkait.

Cara Mengelola Stock Opname untuk Usaha

cara mengelola stock opname adalah
Setelah persiapan dilakukan, saatnya kita melaksanakan pengelolaan stock opname dengan cara:

1. Pisahkan Barang Lama dan Barang Baru

Hal ini untuk mengetahui produk mana saja yang sudah lama ada di tempat dan memudahkan proses perhitungan.

2. Mengecek Manual dan Mencatat Barang

Kemudian, lakukan pengecekan barang fisik secara manual, melihatnya secara detail kemudian mencatatnya.

3. Catat Barang Berdasarkan Kondisinya

Lalu, Anda bisa mencatat barang apa saja yang sudah expired, mendekati tanggal kadaluarsa, mengalami kerusakan atau kondisi lainnya. Hal tersebut bisa berguna untuk memisahkan barang tak layak jual dan menyegerakan restock.

4. Berikan Tanda

Jangan lupa untuk berikan tanda pada barang yang sudah dihitung, agar memudahkan kita dan menghindari perhitungan ganda. Menggunakan sistem barcode pun bisa lebih memudahkan kita dalam proses ini.

5. Perhitungan

Setelah percatatan, kemudian kita lakukan perhitungan baik sistem periodic maupun perpetual. Kemudian, bandingkan data hasil stock opname dengan data yang diinput sebelumnya.

Langkah terakhir adalah dengan melihat hasilnya. Jika ditemukan selisih antara hasil stock opname dengan data pembanding yang sudah terinput, maka Anda bisa melakukan pengecekan ulang untuk memastikan bahwa tidak ada salah perhitungan. Jika ternyata penghitungan telah dilakukan dengan benar, kemudian bandingkan kembali dengan data penjualan. Jika seluruh data sama dan sesuai, maka itu artinya tidak ada masalah pada bisnis Anda. Setelah semua selesai buatlah laporan atau berita acara sebagai dokumen perusahaan.

Itulah informasi mengenai stock opname. Pada dasarnya stock opname adalah kegiatan perhitungan persediaan fisik atau barang dagang maupun stok yang tersedia di toko juga gudang. Kegiatan ini penting dilakukan dan informasi diatas adalah beberapa cara melakukan stock opname di perusahaan. Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id seputar masalah usaha lainnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!


 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS