Dirilis

24 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Alasan mengapa konsumen memilih suatu produk, salah satunya karena adanya value atau nilai di dalamnya. Value adalah pembanding yang akan membedakan produk Anda dengan produk sejenis milik kompetitor. Nilai produk bukan hanya sebatas pada materi yang bisa dihitung saja seperti harga, ukuran, berat dan lainnya namun juga mencakup bagaimana konsumen melihatnya.

Nilai produk selain akan menjadi pembanding dan pembeda dari produk sejenis lainnya juga berguna untuk meningkatkan reputasinya. Bagaimana value produk di mata konsumen sangat berpengaruh pada nilai jualnya. Semakin bagus value-nya tidak menutup kemungkinan akan semakin tinggi pula nilai jualnya.


Cara Meningkatkan Value untuk Produk dan Usaha Anda

Kita sering menjumpai kenyataan dimana konsumen tidak ragu membayar dengan harga yang lebih mahal karena tahu bahwa produk yang dibelinya tersebut memiliki nilai yang tinggi. Tentunya semua pelaku usaha ingin bisa mengalami kondisi seperti itu. Nah, Anda juga bisa mendapatkan konsumen seperti itu kalau bisa meningkatkan value dari usaha dan produk dengan cara berikut ini.


1. Meningkatkan Kualitas Produk


Bagaimana produk Anda bisa diminati pelanggan kalau kualitasnya hanya begitu saja dari waktu ke waktu, sedangkan kompetitor semakin baik saja. Pilihannya hanya ada satu, yaitu perbaiki dan tingkatkan kualitas produk Anda sehingga menjadi beda dengan milik kompetitor. 
Peningkatan kualitas ini harus dilakukan pada banyak unsur dalam produk tersebut, seperti rasa, ukuran, komposisi atau bahan, penampilan, pengepakan atau pengemasan dan lain sebagainya. Perubahan produk menjadi lebih bagus tentu saja akan semakin membuat pelanggan penasaran dan tertarik.


2. Tingkatkan Pelayanan pada Konsumen

Apakah konsumen hanya akan melihat produk Anda saja? Ternyata tidak. Konsumen atau pelanggan juga akan mempertimbangkan bagaimana cara Anda memperlakukan mereka. Jadi bukan hanya produk saja yang harus Anda perbaiki tetapi juga kualitas dari pelayanan kepada konsumen. 

Selalu pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar mereka merasa puas dan senang. Misalnya adalah pekerja yang responsif dan berdedikasi, customer care yang bisa dihubungi 24 jam dan sejenisnya. Dengan cara tersebut, pelayanan kepada konsumen bisa terjaga dan hasilnya, konsumen juga bisa melihat value pelayanan dari usaha yang Anda miliki. 


3. Sediakan Program Khusus Pelanggan

Buatlah pelanggan Anda merasa istimewa dan spesial agar mereka memberikan nilai yang selalu baik kepada produk ataupun usaha Anda. Bagaimana caranya? Sediakan program yang khusus Anda sediakan untuk pelanggan setia. 
Misalnya pelanggan yang telah membeli produk Anda dengan nilai tertentu maka bisa mendapatkan poin untuk ditukarkan berbagai hadiah menarik. Atau bisa juga melalui pemberian hadiah pada pelanggan yang selama satu tahun setia membeli produk Anda.


4. Manfaatkan Testimoni Positif Pelanggan


Jangan pernah menyepelekan penilaian dan testimoni pelanggan yang telah membeli produk Anda, karena seringkali calon pembeli lain menggunakannya sebagai acuan. Oleh sebab itulah Anda juga bisa memakai testimoni positif dari para pelanggan untuk meningkatkan value usaha. Tunjukkan berbagai testimoni positif dari pelanggan supaya calon pembeli baru bisa melihat value apa yang nantinya akan mereka dapatkan dari usaha Anda. 


5. Tingkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Hubungan emosional yang baik antara produsen dengan konsumen bisa menjadi nilai tambah. Pelanggan yang telah lama menggunakan produk Anda biasanya menjadi loyal dan sulit untuk berganti ke produk sejenis lainnya. Itu semua bisa terjadi karena pelanggan merasa dihargai dan dirangkul sehingga mereka merasa bahagia dan puas dengan produk Anda.

Bagaimana cara membina hubungan baik dengan pelanggan? Anda bisa melakukannya dengan mengirimkan newsletter tentang produk terbaru, promo produk dan sebagainya. Terlebih lagi kalau Anda juga mengirimkan sampel setiap ada produk baru yang akan dilempar ke pasaran.

Itulah pengertian dan cara meningkatkan value dari usaha yang Anda miliki. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa value adalah faktor penting dalam produk dan usaha agar usaha Anda lebih sukses dan menjadi pembeda dengan kompetitor. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar bagaimana cara untuk meningkatkan value dari produk usaha Anda selengkapnya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS