Dirilis

07 Agustus 2020

Salah satu jenis pekerjaan yang kini banyak dipilih di era milenial ini adalah freelancer. Pekerjaan freelance ini juga cukup menjanjikan, bahkan menghasilkan keuntungan atau pendapatan yang cukup besar. Itulah sebabnya, Anda harus tahu bagaimana cara menjadi freelance yang sukses di beberapa bidang tertentu mampu es serta memperoleh banyak job setiap harinya.

Mungkin banyak orang yang merasa jenuh dengan tipe pekerjaan yang itu-itu saja, sehingga ingin mencoba hal baru atau mencari alternatif penghasilan dengan bekerja freelancer. Sesuai dengan nama pekerjaannya, freelance juga bisa dilakukan dengan cara kerja atau metode yang bebas dan tidak terikat seperti pekerjaan kantoran. 

Cara Menjadi Freelance Sukses

Untuk menjadi seorang freelancer yang sukses memang tidak mudah. Karena banyak juga orang yang tak paham dengan strateginya, sehingga keuntungan yang diperoleh dari pekerjaan freelance ini jumlahnya tidak banyak. Berikut ini beberapa cara menjadi freelance yang sukses dan bisa mendapat job yang banyak :

1. Memulai Pekerjaan Freelance dengan Adaptasi

Sebaiknya Anda mencoba beberapa proyek freelance terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjadi freelancer seutuhnya. Anda bisa mengerjakan pekerjaan dari freelancer ini misalnya setiap weekend saat Anda libur kerja. Tujuannya adalah supaya Anda memperoleh portofolio sebagai seorang freelancer, dan demi reputasi dari pekerjaan itu sendiri.

2. Jangan Menerima Job dengan Bayaran yang Sangat Murah

Meskipun Anda sedang dalam keadaan putus asa karena pekerjaan, sebaiknya tidak menerima pekerjaan sebagai freelancer dengan imbalan yang sangat rendah. Jika ada pekerjaan freelancer yang menghampiri, Anda harus melakukan negosiasi soal harga dengan mereka. Hal itu karena akan merusak rate card atau harga standar yang Anda miliki, maupun harga sesama freelance di pasaran.

Jika Anda benar-benar kesulitan terhadap ekonomi karena masalah yang Anda alami, bisa mengajukan pinjaman kredit karyawan di Bank, dan itu akan lebih baik daripada harus menghancurkan standar harga yang Anda miliki.

3. Fokus di Bidang Pekerjaan yang Anda Kuasai

Anda bisa mencoba hal-hal baru di bidang pekerjaan apapun, tetapi Anda tetap harus mengerjakan sesuatu yang memang sudah Anda kuasai. Karena jika bekerja tidak sesuai skill yang dimiliki maka hasilnya juga tidak akan baik.

4. Rajin Melakukan Research

Lakukan research terlebih dahulu sebelum mulai melakukan pekerjaan ini, supaya hasilnya maksimal. Misalnya Anda ingin menjadi seorang freelance copywriter maka Anda harus melakukan research dahulu, misalnya bagaimana cara kerjanya atau apa saja yang diharapkan oleh klien pada seorang copywriter seperti Anda.

5. Bersikap Profesional Dalam Menjadi Freelancer

Tunjukkan sikap profesionalitas Anda pada klien melalui portofolio dari proyek yang nantinya Anda kerjakan. Portofolio ini bisa Anda perlihatkan melalui apa saja, misalnya melalui website pribadi Anda, artikel yang selama ini Anda tulis, desain yang pernah Anda buat dan sebagainya.

6. Menyampaikan Sejauh Mana Progresnya


Sampaikan progress pekerjaan Anda pada klien setiap saat, supaya klien bisa menganggap Anda sebagai seseorang yang profesional dan memberi kesan baik pada mereka. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk memudahkan klien agar mereka bisa memantau pekerjaan Anda.

7. Bekerja Sesuai Waktu Deadline

Biasanya klien akan menentukan batas waktu pengerjaan proyek yang harus Anda kerjakan. Jika setuju, maka Anda wajib mengerjakan pekerjaan Anda sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Jika Anda berhasil mengerjakan pekerjaan itu tepat waktu maka Anda sudah memberikan kepercayaan pada klien tersebut.

Walaupun Anda belum pernah bertatap muka langsung dengan klien, tapi ada baiknya Anda mengutamakan kualitas pekerjaan Anda. Karena jika hasil pekerjaan Anda memiliki kualitas yang baik maka akan ada banyak klien yang menggunakan jasa Anda dalam pekerjaan freelancer tersebut. 

Itulah informasi seputar cara menjadi freelance yang sukses dan menguntungkan. Anda dapat meraih kesuksesan itu dengan tetap belajar terhadap informasi apapun yang bermanfaat. Cara mudahnya hanya dengan mendaftar di daya.id, dan Anda bisa menikmati informasi bermanfaat setiap harinya tanpa adanya batasan.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS