Dirilis

24 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu cara mudah serta murah namun tetap bisa menghasilkan keuntungan efektif untuk sebuah usaha, adalah dengan membuat konsep toko minimalis untuk usaha yang dijalankan. Seperti yang kita tahu, dalam memulai sebuah usaha, banyak lini atau hal penting yang harus dipikirkan juga disiapkan pelakunya. Mulai dari modal, produk, media tempat usaha dan juga berbagai detail penunjang lainnya. Salah satu yang menjadi fokus kita setelah berhasil mengumpulkan modal serta produknya ialah lokasi atau toko. 

Nah, menggunakan konsep toko minimalis bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pelaku usaha yang tidak ingin menghabiskan anggaran terlalu besar untuk membangun toko saja. Namun, toko tetap bisa menghasilkan keuntungan maksimal. Pertanyaannya, seperti apakah konsep toko minimalis tersebut? Dimana kita bisa mendapatkannya dan bagaimana cara mengaturnya? Tulisan kali ini akan membahas berbagai langkah yang dapat ditempuh untuk mewujudkannya.

Tips Membuat Konsep Toko Minimalis Sebagai Penunjang Usaha 

Modal yang mungkin saja terbatas, bukan penghalang untuk memulai sebuah langkah bisnis. Justru dengan alasan ini, kita bisa berpikir lebih kreatif untuk membuat bagaimana caranya usaha tersebut bisa berjalan. Salah satunya dengan memikirkan konsep toko minimalis. Berikut tips yang dapat Anda praktekkan, diantaranya:

1. Buat Bagian Depan atau Luar Toko Terlihat Semenarik Mungkin

menata konsep toko minimalis bagian depan
Beberapa pebisnis lebih fokus pada harga, dan persaingan produk dengan kompetitor. Terkadang mereka lupa bahwa tempat atau lokasi itu penting. Sebagai langkah awal, kita bisa buat bagian depan toko terlihat se eye catching mungkin. Memang tampilan luar tidak bisa merepresentasikan seutuhnya kualitas maupun pelayanan yang diberikan. Namun, tentu saja hal yang menarik perhatian orang dapat membuka peluang yang lebih besar. 
Contohnya, jika Anda membuka usaha pakaian atau fashion, kita bisa mendesain bagian depan seolah seperti bentuk lemari. Kita juga bisa menampilkan produk andalan di depan agar lebih terlihat dan menarik perhatian.

2. Buat Konsep Toko yang Menarik

Setelah bagian depan, tips konsep toko minimalis berikutnya adalah desain keseluruhan tempat tersebut. Ingat, toko memang tak harus besar atau luas. Yang terpenting adalah dapat terciptanya kenyamanan dan kesan baik di mata pelanggan. Contohnya, kita bisa membuat mini café atau coffee shop yang juga menyediakan beberapa koleksi buku menarik untuk dibaca, atau membuat tema khusus berdasarkan jenis usaha. Tidak ada batasan khusus dan Anda bisa merancangnya sekreatif mungkin.

3. Perhatikan Tata Letak Toko 

mengatur tata letak konsep toko minimalis
Membuat konsep toko minimalis, tidak akan lepas dari yang namanya tata letak. Dengan tempat yang cukup terbatas, bagaimana tempat usaha yang kita miliki bisa tetap nyaman untuk didatangi, dan membuat pelanggan betah dan tidak kesulitan. Buatlah desain interior yang dapat memudahkan pelanggan nantinya. Mulai dari pintu masuk, menuju rak display, penempatan berbagai produk berdasarkan jenisnya, hingga alur pembayaran di kasir.

Itu berarti, meja, kursi, rak, lemari atau berbagai furniture lain serta kerapian produk sebaiknya tidak ditempatkan dengan asal-asalan, harus dipertimbangkan dengan baik agar mendapat feedback maksimal. Dengan tata letak yang baik dan nyaman, kepuasan pelanggan juga bisa tetap terjaga dengan optimal

4. Atur Pencahayaan Sebaik Mungkin 

Toko yang kita miliki mungkin tak begitu luas, namun dengan kenyamanan dan pencahayaan yang pas serta nuansa juga penempatan produk yang apik bisa menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan. Kita bisa memanfaatkan jendela, kaca, lampu gantung, lampu hias dan berbagai pencahayaan lain yang dapat disesuaikan dengan konsep toko minimalis ini.

5. Lakukan Inovasi

Sesekali me-refresh dekorasi atau tata letak itu tidak masalah. Tak perlu merubah konsep secara keseluruhan, cukup di beberapa detail saja dalam kurun waktu tertentu untuk menciptakan kesan penyegaran ataupun inovatif. Hal ini juga bisa disesuaikan dengan apa yang sedang hits maupun tren saat ini. Atau bisa juga melakukan penataan ulang pada beberapa detail yang mudah untuk dipindah. Pada intinya, hal ini demi kenyamanan juga rasa penasaran dan kenyamanan konsumen. 

Membuat konsep toko minimalis bisa dimulai dari membuat bagian depan semenarik mungkin, kemudian membuat konsep interior yang unik, membuat tata letak yang sederhana tapi tetap nyaman, mengatur pencahayaan sebaik mungkin, dan selalu diiringi dengan inovasi. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id perihal konsep toko yang Anda ingin buat. Dengan begitu, proses merintis usaha yang Anda lakukan bisa berjalan lebih matang. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

24 Desember 2021

👍👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS