Dirilis

17 April 2024

Penulis

Madyaning Sekar Nuricha Pramesti

Seringkah Anda membaca komentar pedas di media sosial? Pasti sering kan? Karena bermain di media sosial tidak mungkin terlepas dari komentar pedas netizen. Ya, memang banyak komentar yang bersifat positif, tapi juga pasti banyak pula komentar pedas atau negatif. 

Misalnya seperti saat Erspo atau Erigo Sport, apparel sportswear baru Timnas Indonesia, meluncurkan produk jersey. Sayangnya jersey baru ini mendapat banyak komentar pedas dari netizen. Bahkan mereka juga mau memboikot Erspo yang dianggap antikritik. 

Tetapi ada sedikit keuntungan dari fenomena ini, apakah itu? Banyaknya netizen yang berkomentar meski pedas menandakan bahwa Erspo masih mendapat perhatian dari netizen Indonesia. Namun kritik negatif ini perlu diwaspadai, bisa mengganggu reputasi brand itu sendiri.

Erspo perlu merespon dengan bijak komentar pedas dari netizen agar kejadian ini berbalik arah menjadi sebuah keuntungan. Kira-kira bagaimana cara merespon komentar pedas di media sosial? Apakah tips berikut ini akan sama dengan yang pernah Anda lakukan? Yuk, kita saling berbagi pengetahuan bersama!

 

5 Tips Merespon Komentar Negatif Netizen dengan Bijak 

Benar adanya ketika negatif ditambah negatif akan muncul negatif pula, sama halnya ketika ada komentar negatif dan kita menanggapinya dengan negatif maka hasilnya pun akan jauh lebih buruk. Jadi, kita harus merespon dengan positif dan lebih besar dampaknya. Simak tips merespon komentar negatif di media sosial berikut ini.

 

1.    Jangan lupa napas, keep calm

Ketika mendapat komentar negatif yang banyak dan bertubi-tubi, sering kali reaksi pertama yang dilakukan oleh brand adalah panik. Maka perlunya tetap tenang dan tidak terburu-buru dalam memberikan respon. Respon yang terburu-buru seringkali malah menambah kritik baru.

 

2.    Jangan baper duluan, baca dan pahami maksudnya

Ketika Anda terjun di dunia bisnis maka Anda perlu siap mental. Apalagi saat pelanggan memberikan komentar pedas yang tidak enak di hati, jangan terbawa kesal dan emosi dulu. Baca dengan seksama dan penuh empati agar kita dapat memahami apa yang menjadi keresahannya. Jangan merasa sendiri ketika mendapat komentar buruk, berbagilah dengan tim Anda, agar bisa mencari solusi bersama. 

Baca juga : Hati-Hati, Media Sosial Bisa Ganggu Psikologi Anda

 

3.    Tetap sopan, balas dengan profesional

Jangan merespon komentar negatif itu, yang menunjukkan Anda ikut emosi. Gunakanlah kata-kata yang mengungkapkan kesopanan dan profesionalitas Anda. Berikan kesan bijak dan fokus pada fakta serta solusi yang ingin Anda tawarkan.

 

4.    Terapkan ilmu padi, meminta maaf duluan

Seperti halnya ilmu padi, meski Anda benar, ucapkan permintaan maaf terlebih dahulu. Meminta maaf ketika pelanggan Anda kecewa dapat meredakan emosi mereka. Jangan mempertahankan keadaan yang panas karena hanya akan memperkeruh keadaan dan tidak menghasilkan solusi apa-apa.

Belajar dari respon Erspo yang menyampaikan terima kasih atas seluruh kritik dan masukan yang diberikan dan berkeinginan berkolaborasi dengan beberapa pemangku kepentingan sepakbola agar apparel resmi Timnas Indonesia semakin baik lagi dan menjadi kebanggan kita semua. Respon ini menunjukkan jika Erspo bertanggung jawab atas produknya dan ingin menjadi lebih baik.

 

5.    Komentarmu inspirasiku, ubah komen negatif jadi ide

Dalam dunia bisnis, pasti tidak pernah lepas dari tantangan, salah satunya kritik dari pelanggan. Daripada menganggap komentar pedas atau negatif sebagai sesuatu yang menjatuhkan kita, lebih baik mengubahnya menjadi sebuah inspirasi.

Seringkali di komentar seseorang menunjukkan permasalahan atau keinginan yang tersirat untuk produk kita. Hal itu bisa menjadi inspirasi untuk melakukan perbaikan produk/layanan kita menjadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca juga : Cara Mengatasi dan Menghadapi Komentar Buruk di Media Sosial

Komentar pedas tidak selalu berakhir buruk, kita harus pandai mengelolanya. Jangan panik dan masukkan ke hati terlebih dahulu, fokuslah mencari inti permasalahannya dan berikan solusi yang disampaikan secara profesional. Jadikan komentar tersebut menjadi sebuah ide yang tak terduga. 

Beberapa tips di atas dapat membantu Anda menghadapi komentar negatif di media sosial dengan bijak dan membangun citra yang positif di mata para pelanggan Anda. Selamat mencobanya!

Butuh banyak informasi menarik lainnya tentang dunia usaha? Anda dapat menemukannya di Daya.id. Daftarkan diri Anda segera di sini secara gratis, dan jika Anda masih ada pertanyaan yang ingin didiskusikan. Berkunjunglah ke fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Fando hari susetyo

17 April 2024

Mantabb👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS