Dirilis

08 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Seperti yang kita tahu, kepuasan pelanggan adalah hal penting yang harus dijaga demi berjalannya sebuah usaha. Untuk mengukur kepuasan tersebut digunakanlah indikator kepuasan pelanggan. Dengan berdasarkan pada indikator, sebagai pemilik usaha, Anda bisa melihat seberapa puasnya atau tidak puas pelanggan terhadap usaha yang Anda jalankan. Tidak heran jika indikator ini sangat penting untuk dipahami.

Indikator Kepuasan Pelanggan Usaha

berbagai indikator kepuasan pelanggan
Ada beberapa indikator yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui seberapa puas pelanggan atau konsumen terhadap produk tertentu. Indikator yang dimaksud antara lain yaitu seperti berikut ini.

1. Fungsional

Indikator fungsional adalah kepuasaan yang diperoleh pelanggan atas fungsi dari produk berupa barang atau jasa yang dibelinya. Sebagai contoh misalnya Anda membeli snack kemasan maka kepuasan yang akan didapatkan berupa rasa yang enak dan hilangnya rasa lapar.

2. Psikological

Indikator yang kedua adalah psikologikal yaitu bentuk kepuasaan yang tidak berwujud fisik atau materi. Misalnya orang yang pergi traveling akan mendapatkan kepuasan karena hilangnya rasa stres dan depresi karena pekerjaan.

Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan

: cara mengukur kepuasan pelanggan
Bagaimanakah cara untuk bisa mengukur dan mengetahui tingkat kepuasaan pelanggan terhadap produk milik kita? Inilah beberapa cara pengukuran indikator kepuasan pada pelanggan.

1. Kritik dan Saran

Indikator pertama yang digunakan untuk mengukur kepuasaan pelanggan adalah kritik dan saran. Anda pastinya juga sudah sering melihat perusahaan besar selalu menyediakan layanan kritik, keluhan dan saran konsumen mereka. Dari kritik dan saran inilah Anda bisa mengetahui informasi apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan.

Bahkan dari kritik dan saran ini juga Anda bisa lebih mengetahui sebenarnya apa saja yang diinginkan oleh pelanggan terhadap produk Anda. Gunakan saja cara mudah untuk menampung kritik serta saran dari pelanggan yaitu dengan media sosial seperti FB, IG ataupun Twitter.

2. Survei Kepuasan Pelanggan

Jangan lupa untuk melakukan survei tentang seberapa puas pelanggan terhadap produk dan pelayanan Anda. Caranya bisa dengan menyewa jasa survei yang bagus reputasinya untuk melakukan hal tersebut atau pakai metode yang lebih mudah.

Manfaatkan berbagai platform digital yang ada untuk melakukan survei kepuasan pelanggan. Anda hanya harus mengingat beberapa hal penting berikut ini saat melakukan survei pada pelanggan.
a.    Berikan pertanyaan yang singkat, jelas, serta tidak terlalu banyak.
b.    Susun pertanyaan sedemikian rupa agar lebih mudah dipahami oleh pelanggan.
c.    Untuk memancing feedback dari pelanggan Anda bisa memberikan hadiah sederhana kepada mereka misalnya voucher.
d.    Pilih media paling efektif untuk melakukan survei dan usahakan tidak membuat pelanggan harus membayarnya. Gunakan media yang sederhana dan mudah untuk diakses pelanggan.

3. Pelanggan Bayangan atau Ghost Shopping

Anda bisa menggunakan jasa pelanggan bayangan yang juga sering disebut dengan ghost shopping untuk mengukur kepuasan konsumen. Apakah yang dimaksud dengan pelanggan bayangan tersebut? Yaitu pihak ketiga yang sengaja dibayar oleh perusahaan untuk bersikap seolah-olah menjadi pembeli produk. Ghost shopping atau pelanggan bayangan ini nantinya setelah membeli sebuah produk lalu akan memberikan review atau penilaian berupa kelebihan serta kekurangannya.

Ghost shopping juga memiliki tugas untuk mencari informasi tentang kualitas pelayanan yang diberikan oleh ujung tombak penjualan seperti agen, sales, toko ataupun distributor. Hal ini karena seringkali ketidakpuasan pelanggan bukan disebabkan oleh produknya melainkan disebabkan pelayanan yang kurang bagus.

Itulah indikator kepuasan pelanggan dan beberapa cara untuk mengukurnya. Dengan adanya indikator kepuasan pelanggan maka Anda akan lebih mudah mengenali bagaimana produk Anda di mata pelanggan. Jika terdapat sesuatu yang belum sesuai dengan keinginan pelanggan maka Anda bisa memperbaikinya agar usaha menjadi semakin meningkat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari daya.id seputar kepuasan pelanggan dan bagaimana cara mempertahankannya.

Tips dan informasi lainnya tentang bagaimana cara membuka usaha sampingan bisa Anda dapatkan melalui daya.id. Dapatkan akses gratis hanya dengan mendaftar di daya.id dan Anda akan mendapatkan ratusan konten menarik tentang peluang usaha, kesehatan dan sebagainya. Jadi, yuk kunjungi daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Yudi Pratama

08 Juni 2023

Bermanfaat

Balas

. 0

Yudi Pratama

08 Juni 2023

Bermanfaat

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS