Dirilis

17 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Memiliki karyawan yang loyal menjadi sebuah keuntungan bagi perusahaan. Bisa dikatakan loyalitas karyawan merupakan aset berharga yang akan memberikan pengaruh pada kemajuan perusahaan. Terlebih lagi jika karyawan tersebut adalah orang yang memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun, memupuk loyalitas pada karyawan bukanlah hal yang mudah. Untuk itu diperlukan tips dan cara yang tepat agar efektif diterapkan. 

Cara dan Tips Meningkatkan Loyalitas pada Karyawan

Tidak mudah bukan berarti tidak bisa begitu juga dalam hal meningkatkan loyalitas pada karyawan Anda. Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk menumbuhkan serta meningkatkan loyalitas karyawan perusahaan Anda.

1. Berikan dan Penuhi Hak Karyawan

berikan hak karyawan agar loyalitas karyawan meningkat
Tidak bisa dipungkiri bahwa fakta mengapa karyawan menjadi kurang loyal adalah karena hak mereka tidak terpenuhi. Bagaimanapun orang bekerja untuk mendapatkan penghasilan dan itulah yang ada di dalam benak karyawan Anda. Kalau ingin karyawan Anda loyal maka penuhi apa yang menjadi kebutuhan mereka sesuai dengan kesepakatan awal.

Beberapa hak karyawan yang seharusnya dipenuhi oleh perusahaan misalnya gaji, bonus, uang lembur, jaminan kesehatan, THR dan sebagainya. Setidaknya apa yang dituliskan di dalam kontrak saat karyawan harus dipenuhi oleh perusahaan. 

2. Lakukan Penilaian Kerja dengan Tepat

Di dalam setiap perusahaan pasti ada karyawan yang lebih rajin dan kompeten dari lainnya. Hanya saja kesalahan yang sering dilakukan oleh perusahaan sehingga membuat mereka tidak loyal adalah menyamaratakan mereka.

Bagi karyawan yang sudah bekerja secara all out pada perusahaan pastinya akan merasa kesal kalau pencapaiannya hanya dianggap sama dengan karyawan yang malas. Kondisi seperti ini akan membuat karyawan menjadi cenderung kurang loyal karena merasa tidak dihargai. 

Lalu bagaimana solusinya? Lakukan penilaian kinerja pada setiap karyawan sesuai dengan indikator yang seharusnya. Buatlah indikator pengukuran dan penilaian kinerja secara tepat agar prestasi kekurangan dan kelebihan karyawan bisa dilihat dengan jelas. 

3. Terapkan Jenjang Karir bagi Karyawan

tetapkan jenjang karir agar loyalitas karyawan meningkat
Bagaimana Anda berharap karyawan akan bertahan di dalam perusahaan jika tidak ada sedikitpun kemajuan pada diri mereka? Apalagi kalau karyawan yang sudah lama bekerja harus kalah posisi oleh anak baru sedangkan kualifikasi yang dimiliki sama. Kalau Anda ingin karyawan loyal dan betah bekerja di perusahaan maka harus ada jenjang karir yang jelas.
 
Buatlah skema jenjang karir di perusahaan yang berlaku bagi semua karyawan asal telah memenuhi kriteria dan kualifikasi tertentu yang telah ditetapkan. Mengapa jenjang karir ini perlu dilakukan? Selain karyawan akan merasa dihargai dengan adanya jenjang karir membuat karyawan memiliki motivasi yang lebih untuk maju. 

Di samping itu karyawan juga akan berusaha meningkatkan kemampuan dan keahliannya agar bisa mencapai jenjang yang diinginkannya. Dampaknya yaitu perusahaan Anda akan menjadi semakin maju karena motivasi dan keahlian karyawannya meningkat.

4. Berikan Promosi

Jenjang karir bisa dicapai karyawan salah satunya dengan jalan promosi yang diberikan oleh perusahaan. Berikan kesempatan kepada karyawan berprestasi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Dengan begitu secara tidak langsung mereka akan semakin loyal kepada perusahaan.

5. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Karyawan

Karyawan tidak betah di perusahaan tidak selalu karena perlakuan buruk dari manajemen. Rasa tidak percaya diri yang dialami oleh karyawan juga bisa membuatnya menjadi tidak betah. Terutama hal seperti ini sering terjadi pada mereka yang masih baru kerja dan fresh graduate. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada karyawan, diantaranya adalah: 
  • Berikan feedback perihal kinerja karyawan secara teratur 
  • Berikan apresiasi terhadap kinerja karyawan 
  • Apabila ada kesalahan, tegur dengan baik dan pahami jika kesalahan adalah hal lumrah yang bisa dilakukan siapa saja. Berikan kritik dan masukkan dengan bijak dan baik-baik. 
  • Beri tugas dengan mendetail dan sesuai jobdesk yang ia pegang 
  • Menjadi pendukung utama dari karyawan dan senantiasa hadir untuk membimbing, mengarahkan, dan mengapresiasi mereka 
  • Jika perlu siapkan mentor untuk memotivasi para karyawan 

6. Terapkan Manajemen yang Baik

Menjadi tugas bagi direksi untuk bisa menerapkan sistem manajemen yang baik agar karyawan bisa merasa betah bekerja. Jika semua hak karyawan sudah dipenuhi artinya manajemen yang diterapkan sudah bisa dikatakan bagus. Akan lebih bagus lagi kalau perusahaan secara berkala memberikan pelatihan kepada karyawan sesuai dengan bidangnya.

Keluar masuknya karyawan pada perusahaan jika terlalu sering terjadi merupakan indikator yang kurang baik. Tingkat turn over tinggi menunjukkan bahwa loyalitas karyawan rendah. Meningkatkan loyalitas pada karyawan secara tidak langsung juga akan membuat kinerja perusahaan menjadi lebih efektif. Diharapkan beberapa cara diatas bisa membantu Anda untuk meningkatkan loyalitas karyawan Anda. 

Bagaimana cara mendapatkan karyawan berkompetensi tinggi dan beragam informasi penting lainnya silahkan Anda lihat di Daya.id. Daftar ke Daya.id sekarang juga untuk mendapatkan akses informasi seputar dunia keuangan, investasi, karir, dan usaha secara gratis. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar manajemen perusahaan dan karyawan yang baik dan benar. 
                 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

18 Desember 2023

Sangat bagus informasi nya 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS