Dirilis

23 Pebruari 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Customer service merupakan salah satu ujung tombak yang bisa mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap usaha Anda. Termasuk jika Anda menjalankan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tim customer service harus bisa menjawab berbagai pertanyaan bahkan menghadapi keluhan konsumen yang masuk. Tapi, bisakah Anda mengelola tim customer service dari jarak jauh?

Baca Juga: 10 Jurus Meningkatkan Motivasi Kerja Tim Customer Service

 

Customer Service Kerja dari Rumah?

Pandemi belum selesai, pemerintah masih menghimbau masyarakat untuk membatasi mobilitas demi mengurangi risiko penyebaran COVID-19. Alhasil, sejak awal pandemi pada maret 2020, banyak kegiatan yang dilakukan secara online. Beberapa perusahaan juga menerapkan sistem Work From Home (WFH) untuk bagian kerja yang memang bisa dikerjakan jarak jauh. Mungkin usaha Anda juga melakukan hal yang sama.

 

Situasi pandemi dan pergeseran aktivitas ke media online, ikut menandai dimulainya transformasi digital besar-besaran bagi banyak bisnis. Tapi apakah semua jenis pekerjaan bisa dilakukan secara online, atau bekerja dari rumah? Bagaimana dengan customer service, bisakah pengelolaannya dilakukan jarak jauh?

 

Yang patut kita sadari, customer service merupakan bagian yang melekat pada aktivitas bisnis dan berkaitan langsung dengan pelanggan karena berperan penting mememberikan layanan informasi, konsultasi dan pemecahan masalah agar pelanggan mendapat pengalaman transaksi yang lebih baik. Karena itu, customer service sangat mempengaruhi image suatu bisnis.

 

Dengan peranan tersebut, apakah Anda membayangkan pengelolaan customer service secara remote atau jarak jauh adalah hal yang sulit dilakukan?


 

Tips Kelola Customer Service dari Jarak Jauh

Seperti halnya banyak kegiatan yang terpaksa, dan ternyata memang memungkinkan dilakukan secara online saat pandemi, customer service juga bisa kok dikelola secara online. Simak beberapa tips mengelola customer service jarak jauh berikut ini ya!

 

 

1. Bekali dengan product knowledge yang mumpuni

Pengetahuan customer service terhadap produk atau layanan yang ditawarkan jadi kunci utama agar mereka bisa mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin dihadapi pelanggan. Jangan sampai pelanggan yang bingung mengharapkan bantuan dari customer service tapi malah jadi sama-sama bingung.

 

 

2. Buat SOP dan jobdesc yang jelas

SOP dan jobdesc yang jelas sangat penting dalam pengelolaan customer service jarak jauh. Pastikan tim customer service Anda mengetahui apa yang harus mereka lakukan dengan jelas. Seperti bagaimana menghadapi pelanggan dengan ramah, menjalin hubungan baik dengan mereka sampai memberi solusi yang efektif.

 

 

3. Tetap pantau kinerja customer service

Mengelola customer service secara online bukan berarti kinerjanya tidak dipantau ya. Ada banyak tools lho yang bisa membantu Anda memantau kinerja tim. Misalnya sesederhana WhatsApp dan Telegram yang biasa Anda gunakan sehari-hari, atau aplikasi tambahan yang bisa memantau history chat customer service

 

 

4. Lakukan evaluasi

Lakukan evaluasi rutin untuk mengetahui apa yang sudah baik dan harus dipertahankan, dan apa yang masih perlu diperbaiki agar customer service Anda bisa melayani pelanggan dengan lebih baik lagi.


 

Tidak bertemu secara langsung tentu menyebabkan timbulnya kekhawatiran tentang kinerja tim customer service Anda bukan? Jangan biarkan kekhawatiran Anda justru menjadi penghambat kinerja bisnis ya! 4 tips mengelola customer service jarak jauh di atas bisa membantu memastikan kinerja tim customer service tetap berjalan baik sehingga mengurangi kekhawatiran Anda.

Selain itu, berikan kepercayaan kepada tim customer service Anda untuk menjalankan pekerjaan mereka agar mereka juga merasa dihargai dan bisa bertumbuh lebih baik. Bangun komunikasi yang baik dengan interaksi sederhana diluar pekerjaan, atau ajak berdiskusi mengenai kendala yang dialami selama bekerja. Dengan demikian, hubungan baik tidak hanya diharapkan terjalin antara customer service dan pelanggan, tetapi juga tim customer service dengan Anda sebagai pemilik bisnis.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi di daya.id bisa diakses dengan gratis.

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

rizky putri kartika

10 Desember 2023

Bagus Terimakasih infonya ๐Ÿ‘๐Ÿป

Balas

. 0

Ardhan Ashary Nasution

24 November 2023

Terima Kasih informasi nya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS