Dirilis

07 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Analisis pasar menjadi salah satu komponen yang penting dalam perencanaan pemasaran suatu produk. Omset penjualan akan meningkat dan keuntungan perusahaan juga akan bertambah jika pelaku usaha melakukan analisis pasar. Analisis ini harus dilakukan supaya pelaku usaha bisa menemukan berbagai peluang dalam bisnis dan potensi di dalamnya yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Analisis pasar merupakan salah satu hal penting dalam menentukan pasar yang baru. Hasil dari analisis ini nantinya akan mengetahui apa saja potensi bisnis yang ada di sana dan berapa lama bisnis yang Anda jalankan nantinya akan bertahan. Sebagai pelaku usaha, Anda harus tahu apa saja analisis pasar yang bisa Anda lakukan untuk kemajuan usaha.

 

Tips dan Cara Melakukan Analisis Pasar Bagi Para Pelaku Usaha

Ketika sebuah perusahaan mampu memajukan usahanya maka perusahaan tersebut juga memiliki kemampuan dalam menganalisis pasar penjualan produk mereka. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam membuat analisis pasar dengan tepat:

 

1. Tentukan Pasar yang Relevan

menentukan pasar yang relevan
Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan pasar yang sifatnya relevan. Pasar relevan ini maksudnya adalah serangkaian produk barang ataupun jasa yang di dalamnya terdapat struktur pasar produk secara total, yang akan dinilai oleh pihak manajemen sebagai sesuatu yang strategis dan dan sangat penting. Dengan menentukan pasar yang relevan, maka nantinya langkah pemasaran produk yang Anda lakukan bisa lebih tepat sasaran.
 


2. Menganalisis Permintaan Primer untuk Pasar yang Relevan

Langkah berikutnya adalah dengan menganalisis permintaan primer untuk pasar relevan itu sendiri. Permintaan ini meliputi permintaan di level kelas produk. Manajemen harus mampu menggambarkan karakteristik serta profil pembeli. Serta memahami faktor yang mempengaruhi proses pembelian. Bagi seluruh produk dan merek yang ada di pasar relevan.

 

3. Menganalisis Permintaan Selektif di dalam Pasar Relevan

Dalam melakukan beberapa langkah yang ada di analisis pasar maka permintaan selektif ini merupakan jenis permintaan, pada suatu merek atau pemasok yang sifatnya spesifik di dalam pasar relevan. Dalam menganalisis hal ini, manajemen juga harus lebih fokus pada pemahaman mengenai pilihan merek atau pemasok di pasar relevan tersebut.

 

4. Menetapkan Segmen Pasar

menetapkan segmen pasar saat melakukan analisa pasar
Di tahap ini, manajemen harus memahami segala jenis cara yang mengelompokkan konsumen ke dalam beberapa segmen yang dimana para anggotanya memiliki respon yang sama pada program pemasaran yang lebih spesifik. Ketentuannya, segmentasi pasar ini harus mudah dijangkau untuk proses pemasaran yang lebih efektif lagi. Segmentasi pasar ini juga harus bisa diukur dan disesuaikan dengan kelayakan dari si pemasar.

 

5. Menilai Persaingan

Pihak manajemen juga harus menilai bagaimana produk atau mereknya, dibandingkan dengan tawaran yang diberikan oleh si pesaing. Cara ini cukup efektif dalam memperoleh informasi yang penting dari pesaing melalui adanya competitive intelligence.
 


6. Mengidentifikasi Pasar Sasaran Potensial

Langkah terakhir yaitu mengidentifikasi pasar sasaran. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi peluang dalam menciptakan pelanggan yang loyal dan puas dengan produk yang dijual. Dengan mendapatkan pelanggan yang puas dan loyal, maka kelangsungan usaha yang Anda miliki juga bisa lebih terjaga.

Bisnis yang sudah menjamur di masyarakat hingga saat ini memang memerlukan strategi khusus supaya bisa bersaing di masyarakat dan meningkatkan penjualan. Maka dari itu, analisis pasar dibuat untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang tepat. Sehingga bisnis yang Anda jalankan akan lebih meningkat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar bagaimana cara melakukan analisis pasar yang sesuai dengan usaha Anda.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.2

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

30 Januari 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS