Dirilis

24 Januari 2021

Penulis

Yurissa

Salah satu teknik marketing yang umum digunakan dalam dunia bisnis adalah inbound marketing. Teknik marketing yang satu ini dianggap jauh lebih ampuh jika dibandingkan dengan teknik marketing dengan cara tradisional. Teknik inbound marketing ini kemudian menjadi lebih populer pada tahun 2016 kemarin, ketika segala jenis pekerjaan dilakukan secara digital. Perkembangan dalam dunia digital juga yang mendorong digital marketing menjadi sangat berkembang luas.

Menurut para konsumen, pemasaran tradisional caranya terlalu monoton dan juga kaku. Awalnya marketing inbound ini muncul pada tahun 2005 yang pada saat itu, seorang CEO memperkenalkan konsep marketing yang berbeda dari sebelumnya. Konsep ini akhirnya dikenal secara luas mulai tahun 2007 dan benar-benar dikenal masyarakat pada tahun 2012.

Pengertian Inbound Marketing

Inbound yang terdapat di dalam dunia marketing, disebut juga sebagai metode marketing yang memiliki tujuan tertentu. Tujuannya adalah untuk membuat sebuah pengalaman di dalam penjualan produk menjadi lebih bernilai, dengan dampak yang positif di dunia bisnis tersebut. Supaya tujuannya sesuai atau tepat sasaran, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan di dalamnya.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan di dalam inbound ini, diantaranya yaitu melalui tahap menarik, kemudian mengajak, setelah itu menyenangkan konsumen. Ketiga proses itu diharapkan dapat membuat konsumen ikut mengembangkan bisnis menjadi lebih bernilai. Ketiga tahap itu adalah beberapa tahapan dalam menerapkan inbound tersebut.

Manfaat dan Cara di dalam Inbound Marketing

Ada beberapa manfaat yang terdapat pada inbound di dunia marketing ini salah satunya adalah, mampu menumbuhkan sebuah bisnis dengan baik. Metode inbound telah diterapkan oleh ribuan perusahaan dengan hasil yang mampu mengubah pengunjung website perusahaan tersebut, menjadi konsumen dan pengguna produk di dalamnya.

Inbound ini tentu sangat bermanfaat bagi sebuah usaha/bisnis tertentu, apalagi metodenya juga mudah diterapkan. Calon konsumen juga bisa memperoleh informasi dengan mudah yang berhubungan langsung dengan perusahaan. Karena produk sudah diinformasikan melalui website, blog atau media sosial. Teknik ini juga tidak akan berkembang dengan cepat apabila tidak ada teknologi yang tepat. Teknologi dengan inbound akan saling berkaitan dan saling melengkapi.

Manfaat lainnya dari inbound ini bagi suatu perusahaan adalah, bisa memperoleh pertumbuhan yang sifatnya signifikan di dalam penjualan produk. Hal itu bisa diawali dengan cara membuat konten yang menarik dan harus sesuai dengan bidangnya masing-masing. Terdapat 3 cara dalam menjalankan inbound marketing ini. Berikut tahapannya:

a. Menarik (Attract)

Tahap pertama diawali dengan menarik minat pelanggan atau calon konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Menarik perhatian ini dilakukan dengan menerbitkan berbagai konten yang berbentuk artikel blog, infografis, video singkat yang menarik, podcast, atau informasi lain yang memberikan manfaat kepada para calon konsumen. Pahami masalah yang sedang dikeluhkan calon konsumen, kemudian berikan solusi untuk masalah tersebut.

b. Mengajak (Engage)

Pada tahap ini pastikan Anda membangun komunikasi yang baik dengan calon konsumen. Tawarkan solusi atas permasalahan mereka, bukan hanya membicarakan tentang produk. Dengan cara seperti ini, pelanggan akan memahami bahwa Anda tidak hanya menjadikan mereka sebagai target pasar saja, akan tetapi juga membangun hubungan jangka panjang yang baik dengan mereka. Apabila tahap ini Anda kerjakan dengan baik, maka peluang loyalitas pelanggan bisa didapatkan untuk jangka panjang dan membuat mereka kembali membeli produk Anda terus menerus.

c. Menyenangkan (Dellight)

Tahapan ini adalah bentuk pemberian layanan terbaik dari Anda kepada pelanggan. Berikan selalu pelayanan terbaik dan menyenangkan, serta selalu pastikan bahwa pelanggan sudah merasa puas dengan layanan Anda, meski pembelian pada produk Anda sudah berlangsung lama. Tahapan ini akan semakin menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda.

Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa inbound marketing adalah strategi marketing yang juga bertujuan untuk membuat produk yang dijual menjadi lebih bernilai. Tahapan marketing ini diawali dengan menarik (attract), mengajak (engage), dan menyenangkan (delight). Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan ahli digital marketing agar strategi pemasaran yang Anda lakukan bisa berjalan lebih efektif.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dikutip dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS