Dirilis

17 November 2023

Penulis

Lucky Lombu

SEO (Search Engine Optimization) bisa sangat rumit, terutama jika Anda baru memulai digital marketing. Karena ada banyak elemen yang perlu Anda pelajari agar website Anda mudah ditemukan oleh pengguna di mesin pencari seperti Google. Salah satu elemen itu adalah URL (Uniform Resource Locator).

URL merupakan alamat dari sebuah website. URL membantu mesin pencari melakukan crawling dan indexing, serta membantu pengguna untuk mengakses halaman tertentu di dalam website

 

Kenapa URL Penting untuk SEO?

Mesin pencari butuh URL yang unik untuk setiap konten, agar mesin bisa melakukan crawling dan indexing, lalu menyarankannya kepada pengguna yang menggunakan mesin pencari. Dan proses ini adalah bagian dari technical SEO. 

Nah, URL yang baik bisa membantu mesin pencari dan pengguna untuk memahami apa isi dari halaman website yang dituju.

Misalnya “www.contoh.com/sepatu-lari/wanita. Bahkan dari URL-nya saja, Anda sudah bisa membayangkan apa isi dari link itu kan? Ya, seharusnya link itu berisi sepatu lari, khusus wanita.

Hal yang sama juga berlaku jika Anda atau seseorang menyalin URL tersebut ke media sosial, aplikasi pesan singkat, atau ke platform lainnya. URL tersebut bisa menjadi semacam anchor text yang memberi gambaran apa yang bisa mereka temukan di balik link. Dan… user experience serta backlink bisa mempengaruhi SEO.

Ada lagi. Keyword di dalam URL bisa membantu meningkatkan ranking website, sehingga halaman website Anda lebih ditemukan di Google. Dengan catatan, ranking sebuah website memang lebih dipengaruhi oleh otoritas dari keseluruhan website

 

Optimalkan URL Website untuk SEO

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan URL website untuk SEO? Berikut ini poin-poin penting yang bisa membantu Anda.

 

•    Perhatikan Struktur URL

Struktur URL sangat memengaruhi bagaimana mesin pencari dan pengguna internet memahami konten dari sebuah halaman web. Dan seperti yang kita bahas sebelumnya, URL yang terstruktur dengan baik bisa menjelaskan apa yang ada di dalam halaman tersebut. Struktur ini seharusnya ringkas, relevan, dan mengandung kata kunci yang ditargetkan. 

Misalnya, URL seperti "www.contoh.com/sepatu-lari" lebih ramah SEO daripada "www.contoh.com/halaman123."

 

•    Gunakan Tanda Hubung untuk Memisahkan Kata

Sebaiknya Anda menggunakan tanda hubung untuk memisahkan kata-kata di dalam URL website Anda, daripada menggunakan garis bawah atau spasi. 

Misalnya, URL seperti "www.contoh.com/sepatu-lari" lebih ramah SEO daripada "www.contoh.com/sepatu_lari."

Mesin pencari membaca tanda hubung sebagai pemisah kata, sehingga lebih mudah bagi mesin untuk memahami kata-kata tunggal dalam URL Anda.

 

•    Hindari Dynamic URL 

Dynamic URL atau URL dinamis sering ditandai dengan simbol seperti tanda tanya dan tanda sama. Jenis URL ini umumnya kurang ramah SEO, karena bisa menciptakan kebingungan bagi mesin pencari dan bagi pengguna. Static URL atau URL statis dan deskriptif lebih disukai.

Misalnya, "www.contoh.com/sepatu-lari/wanita" lebih baik daripada "www.contoh.com?halaman=123&id-produk=456."

 

•    Lakukan URL canonical

Pada prakteknya, Anda mungkin akan membuat beberapa konten yang mirip di dalam website Anda, dan bisa diakses melalui beberapa URL. Nah, URL canonical atau kanonisasi bisa membantu mesin pencari memahami versi URL yang diutamakan. Teknik ini akan membantu menghindari masalah duplikasi konten yang dapat merusak SEO Anda. Manfaatkan tag canonical untuk menunjukkan versi utama konten Anda. 

Jika Anda butuh penjelasan lebih lanjut tentang canonical, Anda bisa berkonsultasi secara gratis dengan digital marketing expert di fitur Tanya Ahli Daya.id. Silakan daftarkan diri Anda untuk akses gratis ke seluruh fitur di Daya.id.


 

•    Gunakan HTTPS untuk Keamanan Website 

Mesin pencari lebih menyukai website yang aman. Jika kita bicara tentang URL, maka hal itu bisa terlihat di sisi paling kiri URL. Pastikan URL Anda dimulai dengan "https://" bukan “http://” untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan peringkat SEO Anda. Walau hanya beda satu huruf, tapi huruf s yang berarti secure itu bisa sangat berpengaruh.

 

•    Usahakan URL Singkat dan Sederhana

URL yang pendek dan ringkas bukan hanya lebih mudah diingat oleh pengguna, tetapi juga lebih mudah diindeks oleh mesin pencari. URL yang panjang dan rumit bisa membingungkan dan kurang efektif untuk SEO.

 

•    URL Ramah Mobile

Dengan peningkatan penggunaan perangkat mobile, penting bagi Anda untuk memastikan URL website Anda ramah mobile. Desain responsif dan optimisasi mobile bisa memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna, yang akan berdampak positif kepada SEO website Anda.

Ayo optimalkan URL website untuk meningkatkan efektivitas strategi SEO Anda. URL yang terstruktur dengan baik, deskriptif, dan ramah pengguna, bisa secara signifikan meningkatkan peringkat mesin pencari website Anda. Dan pada akhirnya, berpotensi meningkatkan penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sumber:

Artikel : Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.6

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Anaf setyo radite

23 April 2024

Bermanfaat sekali

Balas

. 0

Anaf setyo radite

07 Maret 2024

Bermanfaat

Balas

. 0

Anaf setyo radite

07 Maret 2024

Bermanfaat

Balas

. 0

Hendratno

09 Desember 2023

Keren Infonya

Balas

. 0

Khairunnisa

23 November 2023

bagus dan mudah dimengerti

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS