Dirilis

20 Desember 2022

Penulis

Peni Hidayah

Retail, satu bisnis yang banyak dijumpai di Indonesia dan banyak peminatnya. Ditambah lagi info dari Tempo.co yang menulis penjualan retail kuartal II tahun 2022 tumbuh 15,42 persen dari tahun sebelumnya. Sehingga bisa dikatakan pertumbuhan itu menunjukkan daya beli masyarakat pulih pasca-pandemi. 

Jika tahun 2022 bisnis retail bertumbuh, bagaimana dengan tahun 2023?  

Agar bisnis retail bisa terus bertumbuh di tahun berikutnya, bisnis harus tetap memperhatikan tren yang ada. Apa saja tren bisnis retail di tahun 2023? 

 

Tren Bisnis Retail Untuk 2023 



Perubahan dan inovasi menjadi tren yang diandalkan pada bisnis retail di tahun 2023. Munculnya aplikasi teknologi saat ini dan kedepan akan menjadi salah satu kunci sukses bagi pebisnis retail untuk bisa bersaing baik di dalam maupun luar negeri. Kondisi ini seiring sejalan dengan perkembangan tren bisnis retail di dunia. Beradaptasi menjadi hal penting agar bisnis Anda terus maju dan berkembang. 

Beberapa tren bisnis retail lainnya yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda antara lain: 

 

1. Penjualan bisnis retail melalui ecommerce  

Tren belanja online di akhir tahun 2022 meningkat tajam. Ecommerce menjadi populer dan volume penjualan meningkat. Pertumbuhan itu kini mulai melambat, tetapi kebiasaan belanja ecommerce masih tetap ada. Teknologi telah mempermudah penjualan online dan perdagangan sosial sedang meningkat. Banyak kelebihan yang ditawarkan melalui belanja online seperti produk dan merek yang berbeda, harga yang bersaing serta mudahnya dalam bertransaksi. 

Ecommerce akan terus tumbuh dalam popularitas dan kompleksitas di tahun-tahun mendatang. Faktanya, eMarketer memperkirakan bahwa pada tahun 2023, situs web ecommerce akan mencapai 22,3% dari total penjualan ritel. Artinya, kini waktunya bisnis retail untuk menggandakan dan melipatgandakan komitmen Anda terhadap ecommerce

 

 

2. Penjualan bisnis retail melalui live streaming 

Tahukah Anda, jika calon pembeli lebih tertarik untuk menonton video Live Streaming daripada membaca? Penelitian terbaru dari Livestream.com menemukan bahwa 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah brand daripada harus membaca tulisan dari brand tersebut. Jika Anda belum pernah mencoba Live Streaming, inilah kesempatan Anda untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. 

 

 

3. Tawarkan pengalaman yang berbeda 

Pembelian secara online menjadi tren saat ini, tetapi toko fisik harus tetap ada untuk menopangnya. Nah tahun 2023 ini, fokuslah membuat toko Anda lebih aman untuk berbelanja. Ini berarti adanya penawaran garansi produk dan kebijakan pengembalian yang lebih baik dan menggunakan teknologi untuk menyediakan belanja bebas check-out dan bebas sentuhan. Misalnya anak yang ikut berbelanja di took mainan mereka mencobanya, Anda ke toko elektronik atau toko handphone mencoba atau memegangnya. 

 

 

4. Keamanan konsumen itu penting 


Pemerintah dan konsumen sama-sama menuntut perlindungan atas data pribadi juga privasi mereka. Hal ini didorong oleh dua faktor: 

  • Tumbuhnya kekhawatiran tentang bagaimana perusahaan media sosial dan situs web mengumpulkan dan menggunakan data 
  • Retail menjadi sektor yang paling banyak menjadi sasaran serangan cyber mulai tahun 2020. 

Dari hal tersebut, berikut langkah-langkah untuk membantu Anda memastikan keamanan bagi pengguna: 

  • Gunakan penyedia pembayaran terkemuka 
  • Buat dan ikuti praktik terbaik privasi dan keamanan data 
  • Gunakan alat pencegahan penipuan 
  • Instal sertifikasi SSL 
  • Pastikan situs Anda sepenuhnya sesuai dengan PCI 
  • Berinvestasi dalam penyedia hosting yang berkualitas 

 

5. Layanan 24/7  

Dengan memberikan dukungan layanan pelanggan 24/7 yang handal, hubungan Anda dengan pelanggan semakin dekat. Dan yang lebih penting, mereka dapat mengurangi rasa frustrasi juga emosi yang disebabkan oleh masalah yang berada di luar kendali mereka. 

 

 

6. Sistem pengiriman sameday 

Dua dari tiga pembeli lebih suka pesanan mereka dikirim setelah berbelanja online. 56% pembeli online berusia antara 18-34 tahun berharap memiliki opsi pengiriman di hari yang sama, dan 61% konsumen bersedia membayar lebih hanya agar barang mereka dikirim pada hari yang sama. Jadi dalam hal ini mereka ingin mendapatkan barang yang mereka beli secara online secepat mungkin. Jika Anda dapat mengirimkan produk kepada mereka lebih cepat, kemungkinan besar mereka akan memilih layanan pengiriman di hari yang sama dan toko Anda bisa menjadi pilihan mereka. 

 

 

7. Pengiriman yang transparan 

Kecepatan, biaya, dan transparansi pengiriman adalah tiga tren ritel utama untuk tahun 2023. Untuk melakukan itu, Anda harus transparan tentang jadwal pengiriman begitu jug ajika terjadi penundaan pengiriman. Dengan hal ini pembeli merasa dihargai dan tidak khawatir dengan pesananannya. 


 

Dengan banyaknya pelaku bisnis retail di sekitar Anda, ketujuh tren di atas dapat Anda terapkan agar  bisnis retail Anda tetap kompetitif dan menuju kesuksesan di tahun 2023 dan seterusnya.  

Jika mengalami kendala, konsultasikan dengan ahlinya di Tanya Ahli. Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait usaha dan keuangan lainnya secara gratis dengan mendaftar di Daya.id

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

21 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

siska pratiwi

03 Desember 2023

Kontennya bagus dan bisa dicoba 👍🏻

Balas

. 0

Junaedi

15 Pebruari 2023

👍

Balas

. 0

Nuke Septa Andari

27 Januari 2023

Menarik

Balas

. 0

Nuke Septa Andari

27 Januari 2023

Menarik

Balas

. 0

Bariansyah Dwiputra Wn

26 Januari 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS