Dirilis

15 Agustus 2023

Penulis

Indra Budi Kurniawan

Anda mau terlihat berbeda dari para pesaing usaha? Branding usaha adalah salah satu jawabannya.

Baca Juga: Pengertian Brand dan Strategi Branding yang Benar

Branding adalah proses menciptakan identitas yang unik untuk bisnis Anda. Ini adalah salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk membedakan diri dari pesaing Anda, dan membangun hubungan dengan pelanggan. Branding usaha yang kuat dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, dan juga meningkatkan keuntungan.

 

Contoh Merk Lokal yang Berhasil Membangun Branding 


Agar Anda memiliki gambaran yang lebih jelas bagaimana sebuah branding yang baik bisa memberikan keunggulan pada sebuah merek, berikut ini adalah beberapa contoh merek lokal yang telah berhasil membangun branding-nya:

 

1.    Kopi Tuku

Kopi Tuku adalah salah satu merek kopi lokal yang sukses membangun branding yang kuat. Kopi Tuku memiliki logo yang sederhana namun mudah diingat, dengan desain yang sederhana namun modern. Logo tersebut juga dilengkapi dengan tagline "Kopi dari Hati" yang menunjukkan bahwa kopi yang disajikan oleh Kopi Tuku dibuat dengan hati dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi.

 

2.    Gramedia

Gramedia adalah salah satu merek buku lokal yang sudah berdiri sejak lama dan memiliki branding yang kuat. Gramedia memiliki logo yang khas dengan warna biru dan kuning yang cerah. Logo tersebut juga dilengkapi dengan tagline "Gramedia, Buku dan Alat Tulis" yang menunjukkan bahwa Gramedia adalah tempat yang tepat untuk membeli buku dan alat tulis.

 

3.    Sidomuncul

Sidomuncul adalah salah satu merek lokal yang berhasil membangun branding untuk produk jamu dengan kuat. Sidomuncul adalah perusahaan jamu tradisional Indonesia yang berdiri sejak tahun 1951. Perusahaan ini telah memproduksi berbagai macam produk jamu tradisional, seperti Tolak Angin, Kuku Bima Energi, dan Gamat Gold.

 

Mengapa Branding Penting bagi Merek Usaha Lokal?

Membangun branding yang kuat memang membutuhkan waktu dan usaha yang tidak singkat, tetapi hal itu adalah investasi yang akan sangat berharga untuk merek lokal usaha yang Anda jalankan. 

Branding sangat penting bagi merek usaha lokal karena dapat membantu Anda untuk:

  • Membedakan diri dari pesaing. Branding yang kuat dapat membantu merek lokal untuk menonjol dari keramaian dan membuat pelanggan lebih memilih mereka daripada merek lain.
  • Membangun hubungan dengan pelanggan. Ketika pelanggan memiliki hubungan yang kuat dengan merek, mereka lebih cenderung menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.
  • Meningkatkan penjualan. Ketika pelanggan memiliki pemahaman yang baik tentang merek dan apa yang ditawarkan merek, mereka lebih cenderung membeli produk atau layanan merek tersebut.


Meningkatkan keuntungan. Ketika merek lokal dapat menarik lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, mereka akan dapat meningkatkan keuntungan mereka.

Baca juga:  Strategi Media Sosial yang Perlu Anda Perhatikan

 

Tips Membangun Branding Usaha


Sebagai pemilik usaha lokal, Anda juga perlu membangun branding yang kuat apabila menginginkan merek usaha Anda dikenal luas dan langgeng. 
Berikut adalah enam tips untuk membantu Anda dalam memulai menentukan branding usaha lokal:

  1. Kenali target pasar Anda. Siapa yang Anda layani? Apa kebutuhan dan keinginan mereka? Setelah Anda memahami target pasar Anda, Anda dapat mulai membangun branding yang sesuai dengan mereka.
  2. Buat identitas merek yang unik dan bermanfaat. Apa manfaat yang Anda tawarkan? Apa yang menjadikan bisnis Anda berbeda dari yang lain? Dengan identitas merek yang unik yang akan membantu Anda menonjol dari keramaian.
  3. Gunakan logo dan desain yang konsisten. Logo dan desain Anda adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat pelanggan Anda. Pastikan kedua hal itu konsisten di semua materi promosi Anda, seperti situs web, media sosial, dan kartu nama.
  4. Buat konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda dan menarik lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Pastikan konten yang Anda buat bermanfaat dan menarik.
  5. Maksimalkan promosi di media sosial. Media sosial adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pelanggan Anda dan membangun komunitas. Gunakan media sosial untuk berbagi konten Anda, mempromosikan produk dan layanan Anda, dan menjawab pertanyaan pelanggan Anda.
  6. Hadiri acara lokal. Menghadiri acara lokal adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada lebih banyak orang. Anda juga dapat menggunakan acara ini untuk membangun hubungan dengan bisnis lain di komunitas Anda.


Baca juga: 9 Cara Mempromosikan Usaha Lokal

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda juga dapat membangun branding yang kuat untuk bisnis lokal Anda.

Apabila ada hal lain yang Anda ingin ketahui mengenai branding usaha, Anda bisa memanfaatkan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan Business Coach untuk mendapatkan solusi dalam mengembangkan merek usaha Anda. 

Daya.id adalah platform gratis untuk pengelolaan keuangan, pengembangan usaha, dan juga gaya hidup sehat yang tepercaya. Buat akun sekarang, dan dapatkan akses informasi yang lengkap dan sesuai kebutuhan Anda. Gratis!

Jika Anda memiliki pengalaman lain, sampaikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini, atau melalui Facebook. Dan bila menurut Anda artikel ini bermanfaat, bagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda ya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

16 August 2023

Arrikelnya bagus banget

Balas

. 0

Kasanan Abidin

16 August 2023

Keren ?

Balas

. 0

Hendratno

15 August 2023

Mantap

Balas

. 0

Fando hari susetyo

15 August 2023

Informasi yg bermanfaat?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS