Dirilis

10 April 2024

Penulis

Muhammad Balya Rafa Zahran (Mahasiswa SB-IPB & alumni penerima beasiswa Bank BTPN)

Siapa yang tidak pernah makan snack atau camilan? Makanan ringan yang satu ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan, rasanya yang nikmat dan mudah dikonsumsi menjadikannya sebagai teman andalan ketika waktu luang atau di sela-sela aktivitas, karena memiliki penggemar yang banyak tak heran usaha snack menjadi peluang yang menarik, terlebih dengan dinamika tren pasar FnB yang saat ini terus tumbuh. Untuk memulai usaha snack, ada baiknya untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan target konsumen dan melakukan pendekatan promosi yang tepat.

Lantas, bagaimana melakukan riset sebelum membuat strategi promosi bagi usaha snack? Yuk, simak penjelasan berikut.

 

Langkah Riset Pasar Mudah dengan Metode STP


Riset pasar merupakan sebuah cara yang dapat menuntun usaha untuk menemukan peluang ditengah tantangan yang ada. Dengan riset pasar yang tepat, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan keinginan konsumen yang sebenarnya, mengidentifikasi target pasar yang potensial, dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu metode yang dapat Anda terapkan adalah metode STP yang memiliki kpeanjangan segmenting, targeting, dan positioning. Simak langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Segmentasi: Membagi pasar menjadi kelompok-kelompok kecil dengan karakteristik yang sama. Segmentasi dapat dilakukan berdasarkan demografi, psikografis, geografis, dan perilaku. Seperti halnya memetakan wilayah, perusahaan perlu membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen secara lebih spesifik.
  2. Targeting: Memilih segmen pasar yang paling potensial dan sesuai dengan produk dan sumber daya perusahaan. Ibarat memilih target, perusahaan perlu memilih segmen pasar yang tepat untuk memfokuskan sumber daya.
  3. Positioning: Memposisikan produk di benak konsumen dengan cara yang unik dan berbeda dari para pesaing. Ibarat membangun brand, perusahaan perlu menciptakan citra yang unik dan menarik bagi target konsumen.


Baca juga: Mau Mulai Bisnis tapi Tak Punya Modal Coba Cari Investor

Sebagai contoh, Anda dapat menyasar generasi Z sebagai segmen target konsumen Anda dan umumnya kalangan ini peka terhadap tren pasar. Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997 dan 2012, merupakan segmen pasar yang penting dan akan terus berkembang di Indonesia. Generasi ini dikenal menyukai hal-hal baru, kreatif, serta autentik. Dalam memasarkan produk snack  kepada generasi Z, perusahaan perlu mengembangkan strategi promosi yang inovatif dan anti-mainstream untuk menarik perhatian mereka sesuai apa yang membuat mereka tertarik. Dengan metode STP ini, diharapkan promosi yang dilakukan akan berjalan efektif dan tepat sasaran.

 

Komunikasi Efektif untuk Promosi dengan AIDA Model 

AIDA Model (Attention, Interest, Desire, Action) dapat menjadi landasan dalam membangun strategi komunikasi promosi yang efektif. Model ini menjelaskan empat tahap yang dilalui konsumen dalam proses pembelian, Anda dapat mengikuti Langkah berikut untuk menarik minat konsumen usaha snack Anda:

  1. Attention (Perhatian): Menarik perhatian target konsumen yang memiliki rentang perhatian pendek, contohnya Anda dapat membuat video pendek yang menghibur terkait produk snack Anda, berkolaborasi dengan influencer, atau mengadakan challenge bagi pengikut di media sosial.
  2. Interest (Ketertarikan): Membangkitkan rasa ingin tahu dan minat mereka terhadap produk, contohnya Anda dapat memberikan hadiah special bagi pelanggan setia guna mendorong pembelian ulang.
  3. Desire (Keinginan): Menciptakan keinginan untuk mencoba dan merasakan produk, contohnya Anda dapat menjalin hubungan dan mendukung suatu komunitas yang diminati oleh target konsumen guna membangun hubungan dan meningkatkan brand awareness
  4. Action (Tindakan): Mendorong mereka untuk membeli produk, contohnya adalah Anda dapat menyampaikan nilai-nilai positif dan tanggung jawab sosial usaha Anda melalui konten dan komunikasi yang menarik bagi target konsumen.


Baca juga: Mengetahui Pentingnya Tujuan Riset Pasar Dalam Bisnis Anda   

Usaha snack menawarkan peluang usaha yang menarik, terutama dengan tren pasar FnB yang berkembang. Riset pasar adalah langkah awal untuk memahami target konsumen dan strategi promosi yang tepat. Metode STP (Segmenting, Targeting, Positioning) membantu dalam memahami pasar dan menciptakan promosi yang efektif. Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) membimbing strategi komunikasi promosi yang efektif, mulai dari menarik perhatian hingga mendorong tindakan pembelian secara tepat sasaran.

Jika Anda memiliki hal lain yang ingin diketahui lebih dalam mengenai promosi untuk usaha, Anda dapat menggunakan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi langsung pada Business Coach di daya.id. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk dapat membagikan artikel ini ya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

13 Mei 2024

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Anaf setyo radite

24 April 2024

Mantap bermanfaat

Balas

. 0

Fando hari susetyo

19 April 2024

๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas

. 0

Anaf setyo radite

11 April 2024

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS