Dirilis

20 Mei 2022

Penulis

Majalah Pranchise Indonesia

Menciptakan bisnis baru tentunya bukan hal yang mudah, terutama bagi pengusaha pemula yang tidak memiliki pengalaman sama sekali. Namun jika dilakukan dengan perhitungan dan perencanaan yang matang, bukan hal mustahil bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat, bahkan Anda bisa membuatnya menjadi bisnis franchise atau kemitraan. 

Ketika Anda berhasil menjadikan usaha Anda terkenal, maka Anda bisa mulai menjadikannya sebagai bisnis franchise. Dimana Anda menjual atau menyewakan merek atau nama brand bisnis yang Anda miliki kepada calon konsumen agar mereka bisa menjualkan produk atau jasa dari bisnis yang Anda miliki. 

Di tengah persaingain bisnis yang semakin ketat, mungkin Anda akan berpikir ulang apakah bisa membuat bisnis dari nol dan menjadikannya bisnis franchise yang terkenal? Tentu saja jawabannya bisa! Anda tidak boleh patah semangat terlebih dahulu sebelum mencobanya. Untuk memudahkan Anda dalam membuat brand bisnis franchise, yuk simak apa saja yang perlu Anda ketahui dan persiapkan!

 

3 Hal yang Harus Dimiliki Brand

Ketika Anda terpikirkan untuk membuat suatu brand bisnis franchise, ada 3 hal yang harus bisa Anda pastikan ada di dalam merek atau brand yang akan Anda buat, yaitu:

 

1.    Harus mudah diingat

Saat konsumen mendengar brand Anda, mereka harus dapat dengan mudah mengingat brand dan produk Anda. Sebagai contoh, saat Anda mendengar brand AQUA, maka yang akan terpikirkan oleh Anda pasti air mineral dari pegunungan.
 
 

2.    Memiliki arti/makna yang baik

Arti dari brand Anda tidak boleh diremehkan lho. Pastikan untuk memilih nama brand yang bagus dan memilki arti atau makna yang baik ya!

 

3.    Tidak memplagiat nama lain


Saat ini hampir seluruh hal yang berhubungan untuk mencari keuntungan atau komersil bisa menjadi copyright atau hak cipta lho! Jangan main-main dalam memilih baik itu nama ataupun logo untuk brand Anda. Pastikan nama yang akan Anda pilih tidak memplagiat orang lain dan juga mudah untuk Anda ‘paten’ kan sebagai hak milik Anda.

 

Keuntungan Membuat Bisnis Franchise

Setelah bisnis yang Anda ciptakan sendiri sudah berkembang dengan pesat dan dikenal oleh banyak masyarakat, tidak ada salahnya Anda mulai memikirkan untuk menjadikannya bisnis franchise. Ada banyak lho keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini, salah satunya adalah Anda bisa membuka banyak cabang dengan cepat. Sehingga dengan waktu sebentar, Anda bisa saja sudah memiliki beberapa cabang di beberapa kota. 

Selain itu, semakin banyak franchisee atau orang yang membeli brand Anda, maka Anda bisa meningkatkan rasa kepercayaan dari calon konsumen karena Anda memiliki banyak cabang brand yang tersebar di banyak tempat. Baik itu Anda sebagai franchisor dan franchisee sama-sama mendapatkan keuntungan.

Tapi perlu Anda ingat, Anda harus bisa menetapkan standar operasional dan aturan yang jelas agar franchisee atau orang yang membeli brand Anda bisa tetap menjaga kualitas dan nama baik dari brand Anda.

 

Gunakan Formula Analisis PDB Untuk Membangun Brand Anda

Untuk membangun suatu bisnis atau brand, Anda tidak harus seorang lulusan ekonomi atau bisnis lho! Asalkan Anda memiliki keinginan untuk terus belajar, maka siapa saja bisa membuat brand sendiri! Namun tentu saja, ada banyak yang harus Anda persiapkan sebelum membuat brand Anda sendiri. Salah satu formula yang bisa Anda gunakan untuk membangun brand adalah PDB atau Positioning-Differentiation-Branding. 

Meskipun jenis analisis ini masih jarang di dengar, namun langkah ini bisa Anda dapat memudahkan Anda untuk membangun brand lho! Selain bisa digunakan untuk membangun brand Anda, analisis ini juga bisa digunakan sebagai marketing. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak terus penjelasan di bawah ini ya!

 

1.    Positioning

Langkah pertama dari membangun brand bisnis franchise adalah membuat calon konsumen mengingat terus produk Anda atau positioning. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar positioning Anda berhasil, yaitu mengetahui siapa target market Anda? dan kenapa calon konsumen harus membeli produk Anda? 

Salah satu contoh dari positioning yang baik adalah sabun Lifebuoy. Apa yang ada di benak Anda sebagai calon konsumen ketika mendengar sabun Lifebuoy? pasti sabun kesehatan keluarga bukan? Lain halnya jika Anda mendengar tentang sabun Lux. Yang ada di dalam pikiran Anda kemungkinan adalah sabun kecantikan wanita, bukan sabun kesehatan keluarga kan? Nah itu dia contoh mudah dari positioning. 

 

2.    Differentiation

Setelah Anda berhasil membuat positioning yang kuat, selanjutnya adalah differentiation. Secara singkat diferensiasi adalah pembeda antara Anda dengan kompetitor lainnya dan juga pengaplikasian dari positioning sebelumnya. Jika positioning lebih kepada ‘janji’ yang Anda tawarkan kepada calon konsumen, maka diferensiasi adalah ‘bagaimana cara Anda menepati janji tersebut’. 

Sebagai contoh adalah sabun Lux. Sebagai sabun yang terkenal sebagai sabun kecantikan wanita dan sabun rahasia milik artis ternama, maka yang mereka lakukan sebagai bentuk dari diferensiasi adalah dengan memberikan bahan baku yang memberikan kesan mewah, wangi, dan mahal. Dengan begitu calon konsumen pun pasti merasa bahwa dengan membeli sabun Lux maka secara tidak langsung mereka bisa merasakan sabun yang ‘mahal’ dengan harga yang ‘terjangkau’, berbeda dengan sabun lainnya dipasaran.

 

3.    Branding

Setelah kedua hal tersebut sudah berhasil Anda lakukan untuk brand Anda, maka selanjutnya adalah memanfaatkannya dengan melakukan branding. Dengan terkenalnya brand dan juga produk Anda di kalangan konsumen, Anda sudah berhasil membangun brand Anda di pasaran dan juga mendapatkan konsumen yang loyal kepada Anda. Pastikan untuk terus mempertahankan ‘citra’ atau ‘image’ dari brand Anda agar calon konsumen terus tertarik dengan produk Anda ya. 

Setelah ketiga dari formula analisis PDB berhasil Anda lakukan, maka Anda sudah siap menciptakan bisnis franchise dengan nama brand Anda sendiri! Manfaatkan ketenaran dari brand Anda dan cobalah membuka cabang sebanyak mungkin agar bisnis Anda terus berkembang. Jangan lupa untuk selalu menjaga standar kualitas dari setiap produk brand Anda yaa agar konsumen Anda tidak kecewa dan berpindah ke tempat lain. Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Riska Suryani

29 Juni 2023

Bermanfaat

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS