Dirilis

17 Maret 2021

Supaya konsumen mengetahui seluk beluk tentang produk atau layanan yang diberikan, Anda sebagai pengusaha penting untuk membuat yang namanya deskripsi produk. Apa itu deskripsi produk dalam dunia usaha? Yaitu rangkaian kalimat yang digunakan untuk menerangkan atau menjelaskan tentang kualitas, kelebihan, cara penggunaan dan lain sebagainya. Supaya pelanggan lebih paham akan suatu produk. Bagaimana cara membuat deskripsi produk yang menarik itu? Mari kita pelajari bersama-sama.

 

Cara Membuat Deskripsi Produk yang Baik


Agar penyampaiannya mudah dipahami dan menarik minat masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk kita, berikut cara membuat deskripsi produk yang baik, diantaranya:

 

1. Kenali Target Market Terlebih Dahulu

kenali target konsumen produk
Setiap usaha akan memiliki target marketnya masing-masing. Katakanlah usaha makanan, baju gamis, baju anak, peralatan olahraga, obat herbal, dan lain sebagainya. setiap usaha tersebut pasti ada target konsumennya, kan? Berupa siapa yang akan membelinya, jenis kelaminya, usianya, perkiraan pendapatannya dan lain sebagainya.

Setiap target konsumen tersebut akan memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk penggunaan gaya bahasa dan kalimat. Nah, hal tersebut lah yang bisa digunakan sebagai inspirasi dalam membuat deskripsi produk. Tujuannya, agar apa yang kita sampaikan mudah dipahami target dan menjadi lebih efektif.

 

2. Fokus Pada Value atau Nilai Produk

Sebetulnya, orang itu tidak membeli produk, namun mereka membeli manfaat, value dan banyak hal yang dibutuhkan. Banyak konsumen yang tidak begitu memperhatikan fitur, namun lebih kepada manfaat. Jika fitur adalah apa yang ada pada produk, tapi manfaat adalah apa yang mereka dapatkan. Lebih baik lagi jika produk kita memiliki value penting yang bisa konsumen rasakan dan tidak mereka dapatkan di produk lain yang sejenis.

 

3. Tambah Sentuhan Emosional

Hal-hal yang menyangkut emosional biasanya lebih menarik perhatian. Jadi, tak ada salahnya jika membuat deskripsi produk dengan sentuhan emosional. Disinilah teknik copywriting digunakan. Buat mereka yakin dan membayangkan langsung ketika menggunakan atau merasakan langsung produk yang kita tawarkan.

 

4. Pemilihan Bahasa

pemilihan bahasa deskripsi produk
Dalam membuat deskripsi produk ini usahakan menggunakan bahasa yang natural, mudah dipahami dan juga tidak membosankan. Hal ini akan bergantung pada pemilihan kosakata atau diksi yang kita gunakan. Jangan terlalu kaku dan dibuat menyesuaikan dengan keadaan.

Selain itu, kata yang variatif cenderung akan lebih menarik untuk dibaca, ketimbang kata yang biasa-biasa saja. Misalkan penggunaan kalimat atau kata yang lebih hits saat ini, yang lebih menjanjikan dan juga yang terlihat lebih keren. Contohnya, mengubah kata “cerah” dengan “glowing”, mengubah “keuntungan” jadi “cuan” dan lain sebagainya.

 

5. Pastikan Tulisan “Enak dan Mudah Dibaca”

Selain penggunaan kalimat dan gaya bahasa, pastikan deskripsi produk kita juga nggak skip-able. Karena banyak juga konsumen yang enggan atau malas membaca bagian ini. berikut beberapa tipsnya:
  1. Gunakan ukuran font berbeda antara judul dan isi
  2. Satu paragraf jangan dibuat terlalu panjang
  3. Gunakan poin-poin, atau bullets supaya memudahkan
 

6. Gunakan Kata Kunci

Memanfaatkan kata kunci pada deskripsi produk juga bisa membuatnya lebih efektif. Baik kita berjualan di marketplace maupun website pribadi, karena orang akan cenderung menuliskan atau mengetik kata kunci tersebut dan memudahkan mereka untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Contohnya adalah ketika Anda akan membuat deskripsi produk berupa masker wajah. Maka, Anda bisa memasukkan beberapa kata kunci yang berkaitan dengan masker wajah. Seperti “masker wajah organik”, “masker wajah murah”, “masker wajah ampuh”, dan lain sebagainya. Dengan begitu, peluang konsumen untuk menemukan produk yang Anda jual bisa menjadi semakin tinggi.

Itulah beberapa cara membuat deskripsi produk yang menarik untuk usaha. Adanya deskripsi untuk sebuah produk memang sangat penting untuk memberikan informasi kepada konsumen. Untuk itu, jangan pernah lupa membuat deskripsi untuk produk yang Anda jual. Anda juga bisa berkonsultasi dengan Ahli & Praktisi UKM dari Daya.id seputar dunia usaha khususnya bagaimana cara membuat deskripsi untuk produk yang menarik.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.6

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS