Dirilis

22 November 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Facebook Page (dalam istilah Indonesia disebut Halaman Facebook) bisa menjadi representasi bisnis Anda di media sosial, serta bermanfaat untuk menjangkau dan berinteraksi dengan lebih banyak orang. Berbeda dengan akun Facebook personal, Facebook Page bisa dikelola secara tim, dan bisa menjalankan iklan.

(Catatan: untuk membantu Anda mengetahui istilah populer dalam Facebook, tulisan ini menggunakan istilah dalam pengaturan bahasa Inggris).

Facebook adalah media sosial terpopuler di Indonesia, di mana kita tercatat sebagai negara dengan pengguna terbesar keempat di dunia. Maka itu, menjadikan Facebook sebagai bagian dari strategi pemasaran digital merupakan pilihan yang menjanjikan.

Di sisi lain, Facebook pun menyediakan berbagai fasilitas menarik bagi para pebisnis yang ingin memasarkan produk dan jasa, salah satunya adalah Facebook Page. Kenapa Menarik?

Facebook Page bisa menjadi langkah awal sebelum Anda menjalankan iklan di media sosial ini. Dengan iklan, Anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Facebook Page juga bisa menjadi media untuk menjelaskan apa sih yang sebenarnya Anda tawarkan, baik lewat teks, foto, video, dan lainnya. Anda juga bisa berinteraksi langsung lewat percakapan dengan pengguna Facebook, termasuk ketika mereka ingin membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan.

 

Membuat Facebook Page

Membuat Facebook Page untuk bisnis tidak terlampau sulit. Syarat utama tentu saja Anda harus lebih dulu membuat akun Facebook personal. Anda bisa melakukannya dari halaman depan Facebook, dan mengisi kolom-kolom data yang diminta.

Setelah memiliki akun Facebook personal, Anda bisa membuat Facebook Page dengan langkah-langkah berikut ini.

 
1. Mulai Membuat Pages
Klik Pages yang ada di sebelah kiri Home (Beranda), tepatnya di bagian Explore. Kemudian, pilih Create Page dan isilah data di dalam kolom yang tersedia, di antaranya nama usaha atau merek, alamat, dan nomor telepon.

Pilih pula kategori Facebook Page Anda, mengacu kepada tipe usaha (umumnya kategori Brand or Product atau Company yang dipilih oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah). Akhiri dengan klik Get started untuk menayangkan Facebook Page Anda.



2. Tambahkan Foto
Untuk melengkapi tampilan visual Facebook Page, unggahlah foto, baik untuk profil maupun cover (sampul di bagian atas Facebook Page). Biasanya, foto profil menggunakan logo merek atau usaha Anda, dengan ukuran 170x170 piksel untuk komputer, 128x128 piksel untuk smartphone, dan 36x36 piksel untuk feature phone.

Untuk foto sampul bisa menampilkan slogan atau produk unggulan, dengan ukuran 820x312 piksel untuk komputer, dan 640x360 piksel untuk smartphone.



3. Lengkapi Deskripsi Produk atau Jasa
Guna memberi keterangan lebih spesifik kepada pelanggan dan pengunjung Facebook Page, cantumkan deskripsi tentang produk dan jasa Anda. Ada dua pilihan, yaitu deskripsi singkat dan deskripsi panjang. Sebaiknya lengkapi keduanya sebagai informasi dan pengetahuan produk atau jasa Anda.



4. Ciptakan Nama Pengguna (Username)
Nama pengguna adalah identitas unik dan penting di dunia media sosial. Seperti halnya merek dagang, nama pengguna menjadi hal yang akan dicari dan diingat lebih dulu oleh pelanggan. Di Facebook Page, Anda dapat menciptakan nama pengguna hingga sepanjang 50 karakter dan akan muncul sebagai bagian dari tautan Facebook Page Anda. Sebaiknya, gunakan nama pengguna yang serupa untuk setiap akun media sosial Anda, sehingga mudah diingat dan menjadi semacam trademark.





5. Lengkapi Bagian Tentang Kami
Selain deskripsi produk, pelanggan dan pengunjung Facebook Page juga perlu mengetahui lebih jauh tentang usaha Anda. Isilah data pada bagian About (Tentang Kami), seperti tanggal dimulainya usaha, rincian usaha, alamat email dan situs, serta akun media sosial lain (misalnya Instagram dan Twitter). Tambahkan juga lokasi usaha secara spesifik dengan peta dan jam operasional usaha.





6. Membuat Post perdana
Setelah “modal” Anda terjabarkan lengkap, saatnya memulai langkah pertama di Facebook Page dengan meluncurkan post perdana. Banyak jenis konten yang bisa Anda pilih, tergantung kebutuhan dan karakter merek atau usaha Anda dalam menarik perhatian konsumen. Beberapa jenis konten yang menarik dan disarankan oleh Facebook Page di antaranya ajakan melihat produk, mengajukan penawaran produk, membuat Poll (Jajak Pendapat), membuat acara, dan sebagainya.



Dalam mengelola Facebook Page, Anda dapat dibantu oleh rekan-rekan (dengan syarat, mereka memiliki akun Facebook). Berikan penugasan sesuai peran (Page Roles) yang ada di bagian Pengaturan (Settings). Caranya dengan memasukkan akun Facebook rekan yang Anda inginkan menempati peran tertentu. Dengan demikian, Anda tidak jadi kewalahan mengelola Facebook Page ini seorang diri karena sudah ada anggota tim yang siap mendukung dan membantu Anda.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS