Dirilis

01 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu istilah terkait dengan promosi atau pemasaran sebuah produk adalah brand awareness. Pada dasarnya, brand awareness adalah suatu kemampuan dari pelanggan maupun konsumen untuk mengenali dan mengingat brand atau merek produk yang Anda jual. Brand awareness ini sangat penting di dalam dunia usaha, karena menurut suatu survei, konsumen akan cenderung membeli sebuah produk dari merek atau brand yang telah mereka kenal sebelumnya. 

Semakin tinggi brand awareness, maka peluang konsumen untuk membeli produk Anda juga akan menjadi semakin tinggi. Meski berperan sangat penting untuk pemasaran produk, meningkatkan brand awareness bukanlah suatu hal yang mudah. Diperlukan beberapa cara dan strategi yang tepat agar brand awareness bisa meningkat 

 

Cara Meningkatkan Brand Awareness agar Bisnis Terus Berkembang


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa brand awareness adalah kesadaran akan suatu merek produk tertentu. Itulah yang harus Anda lakukan dalam strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Berikut ini beberapa cara dalam meningkatkan brand awareness yang tepat dalam menjalankan usaha:

 

1. Membuat Logo dan Tagline yang Menarik

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam meningkatkan brand awareness ini adalah dengan membuat logo atau tagline yang menarik perhatian konsumen. Sebuah logo & tagline bisa dikatakan menarik apabila mengandung kriteria berikut: 
  1. memiliki makna / filosofi yang jelas 
  2. spesifik (terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan / dijual)
  3. mudah diingat 
  4. tidak mengandung konotasi negatif.

Maka dari itu, ketika membuat logo & tagline usahakan untuk memenuhi 4 kriteria ini. Logo ini akan muncul di setiap hal yang masih berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya dengan menggunakan poster, media sosial, produk, kartu nama, website dan sebagainya untuk memunculkan logo dan tagline tersebut.

 

2. Selalu Aktif di Media Sosial

meningkatkan Brand awareness dengan aktif di media sosial
Cara terbaik lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan selalu aktif di media sosial. Tujuannya adalah supaya Anda lebih dekat dengan konsumen. Tidak dapat dipungkiri memasarkan produk melalui media sosial seperti instagram memang sangat efektif untuk meningkatkan pemasaran suatu produk. Sebab, ada lebih dari 150 juta orang yang menggunakan media sosial di Indonesia. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk membuat mereka selalu ingat dengan produk Anda.

 

3. Membuat Website yang Menarik dan Juga Informatif

Manfaatkan juga website yang Anda miliki saat ini, dengan memberikan tampilan yang menarik. Berikan juga informasi di dalamnya, yang akan sangat berguna bagi para konsumen. Buat website yang user friendly agar mudah digunakan oleh para konsumen. Berikan juga informasi yang lengkap dan mudah dipahami oleh konsumen di dalam website tersebut. 

 

4. Mengikuti Event Tertentu

meningkatkan Brand awareness dengan mengikuti event
Cara yang juga efektif dalam meningkatkan brand awareness adalah dengan mengikuti sebuah event. Pilih jenis acara yang dihadiri banyak orang. Pilih juga jenis acara yang pesertanya memang sesuai dengan target pasar dari brand produk yang Anda miliki. Keuntungan lainnya dari mengikuti event ini adalah bisa memberi kesempatan pada calon konsumen untuk mengenal merek produk yang Anda jual.

 

5. Melakukan Co-Branding

Jika brand Anda belum terlalu dikenal maka Anda bisa melakukan co-branding. Co-branding ini adalah sebuah kerjasama diantara beberapa merek. Tujuannya adalah untuk meningkatkan citra usaha tersebut, baik dalam bidang barang/jasa. Tidak hanya kerjasama antar merek, co-branding juga bisa digunakan ketika perusahaan Anda berkolaborasi dengan public figure atau influencer yang memiliki kekuatan besar dalam pemasaran produk. 

Contohnya adalah co-branding yang dilakukan oleh merk produk kosmetik Focallure. Pada awalnya merk Focallure belum terlalu terkenal di kalangan pengguna kosmetik di Indonesia seperti sekarang ini. Namun, setelah melakukan co-branding dengan salah satu beauty influencer Tasya Farasya dan meluncurkan produk pallete bertajuk “The Needs”, maka popularitas Focallure meningkat dengan sangat pesat. Bahkan menjelma jadi salah satu produk kosmetik yang begitu diminati di Indonesia.

Itulah beberapa cara meningkatkan brand awareness agar usaha yang Anda miliki semakin berkembang. Mengingat brand awareness adalah hal penting untuk penjualan suatu produk, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara diatas agar produk Anda bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari Daya.id seputar cara meningkatkan brand awareness melalui media digital. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

putra astaman

17 November 2021

Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS